torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Tuesday 3 September 2024

Rangkaian Manasik Haji

Rangkaian Manasik Haji

Simulasi pelaksanaan ibadah haji biasanya dilakukan di tempat yang menyerupai tempat-tempat pelaksanaan ibadah haji di Mekkah dan Madinah. Rangkaian manasik haji biasanya terdiri dari beberapa tahapan, yaitu:






  1. Pembekalan teori
  2. Tahapan pertama dalam rangkaian manasik haji adalah pembekalan teori. Calon jemaah haji akan diberikan materi tentang sejarah haji, hukum haji, rukun haji, syarat-syarat haji, tata cara pelaksanaan haji, dan lain sebagainya.

  3. Simulasi tata cara haji
  4. Pada tahap ini, calon jemaah haji akan praktik tata cara pelaksanaan haji yang biasanya dilakukan di tempat yang menyerupai keadaan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi. Berikut ini beberapa tata cara haji yang akan Anda pelajari:

  • Simulasi pelaksanaan ihram

    Ihram adalah awal dari rangkaian ibadah haji. Ihram dilakukan dengan mengenakan pakaian ihram dan membaca niat ihram. Pembimbing ibadah haji akan menjelaskan tata cara memakai pakaian ihram.

    Pakaian ihram untuk jamaah laki-laki adalah dua helai kain putih yang tidak dijahit, sedangkan jamaah perempuan cukup menggunakan pakaian yang menutup aurat.

    Awali dengan niat haji yang ikhlas dan suci di miqat, yakni batas wilayah tertentu yang disyariatkan untuk berihram. Jamaah haji Indonesia umumnya berniat dan berihram di Jeddah (Bir Ali).

  • Wukuf di Arafah

    Wukuf adalah salah satu rukun haji yang wajib dilaksanakan, di mana para jemaah haji harus berdiam diri di Padang Arafah dalam keadaan ihram pada waktu tertentu, yaitu mulai dari terbenamnya matahari di tanggal 9 Dzulhijjah hingga terbitnya fajar di tanggal 10 Dzulhijjah.

  • Mabit di Muzdalifah dan Mina

    Setelah melaksanakan wukuf di Arafah hingga terbit fajar pada tanggal 10 Dzulhijjah, jemaah haji diwajibkan untuk bermalam di Muzdalifah. Sementara mabit di Mina dilaksanakan pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah.

    Bagi jemaah haji yang meninggalkan mabit di Muzdalifah dan Mina karena uzur, maka tidak ada kewajiban apapun baginya. Namun, bagi jemaah haji yang meninggalkan mabit di Muzdalifah dan Mina tanpa uzur wajib membayar dam (denda).

  • Simulasi lempar jumrah

    Lempar jumrah merupakan simbol melawan godaan dan hawa nafsu yang yang dilaksanakan pada tanggal 10, 11, dan 12 Dzulhijjah. Lempar jumrah dimulai dari jumrah Ula, kemudian jumrah Wusta, dan terakhir jumrah Aqabah.

    Jemaah haji harus melempar jumrah menggunakan tujuh buah batu kecil yang harus dilempar dengan tangan sendiri, tidak boleh menggunakan alat bantu.

  • Simulasi tawaf ifadhah

    Simulasi tawaf haji sangat penting dilakukan calon jemaah. Tawaf adalah mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh putaran berlawanan arah jarum jam yang dimulai dari Hajar Aswad.

  • Simulasi sa'i

    Sa'i merupakan salah satu rukun haji yang dilakukan dengan cara berjalan kaki atau berlari kecil di antara bukit Shafa dan Marwah, masing-masing sebanyak 7 kali. Sa'i hukumnya wajib bagi setiap jamaah haji dan umrah yang telah melakukan tawaf.

  1. Simulasi perjalanan haji
  2. Calon jemaah haji juga akan mendapatkan simulasi perjalanan haji, mulai dari keberangkatan ke tanah suci hingga kepulangan ke tanah air. Simulasi ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada calon jemaah haji tentang situasi dan kondisi yang mungkin dihadapi selama perjalanan haji.


https://www.cimbniaga.co.id/id/inspirasi/gayahidup/manasik-haji

Bacaan talbiyah adalah "Labbaikallahumma labbaik, labbaika la syarika laka labbaik, innal-hamda wan-ni'mata laka wal-mulk, la syarika lak"Artinya, "Aku penuhi panggilan-Mu ya Allah, aku penuhi panggilan-Mu. Aku penuhi panggilan-Mu, tiada sekutu bagi-Mu, aku penuhi panggilan-Mu". 







No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan