PANDUAN WAWANCARA, OBSERVASI PENGGALIAN TINGKAT
KESADARAN DAN KAPASITAS KEPALA SEKOLAH
Tabel
1. Panduan Contoh Pertanyaan Pemantik Utama dan Pertanyaan Lanjutan Untuk
Menggali Kesadaran Kepala Sekolah Melakukan Refleksi
Pertanyaan Pemantik Utama Untuk
Menggali Kesadaran Kepala Sekolah Melakukan Refleksi |
Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan
Tertutup) |
TINGKAT KESADARAN MELAKUKAN REFLEKSI |
|
o Apa kelemahan dan kekuatan satuan pendidikan Anda? |
o Apa sebenarnya kendala yang
Anda hadapi? o Menurut Anda
faktor apa yang menyebabkan kelemahan tersebut terjadi? o Bagaimana Anda merasa
tentang kelemahan yang telah diidentifikasi dalam satuan pendidikan Anda?
Apakah ada langkah-langkah konkret yang
telah diambil untuk
mengatasi kelemahan tersebut? o Bisakah Anda berbagi lebih
rinci tentang dampak dari kelemahan yang telah
diakui terhadap kualitas pembelajaran di satuan pendidikan Anda? o Apa langkah konkret yang
telah diambil oleh
sekolah untuk mengatasi
kelemahan yang telah diidentifikasi? Bisakah Anda memberikan contoh tindakan
nyata yang telah diimplementasikan? o Bagaimana komunikasi dan koordinasi antara
berbagai pihak di sekolah
dalam menghadapi kelemahan dan mengoptimalkan kekuatan? Adakah upaya
kolaboratif yang dilakukan? o Bagaimana kelemahan dan
kekuatan yang telah
diidentifikasi memengaruhi rencana dan program pembelajaran di sekolah? Apakah ada penyesuaian atau
inovasi dalam kurikulum atau metode pengajaran? |
o Bagaimana Anda mengantisipasi kelemahan dan kekuatan tersebut? |
o Apakah Anda pernah berinisiatif mencari cara lain
yang sejenis? o Bisakah Anda memberikan contoh konkret dari
strategi atau rencana yang
telah diimplementasikan untuk
mengantisipasi kelemahan yang diidentifikasi? o Apakah ada langkah-langkah
khusus yang telah diambil untuk memaksimalkan pemanfaatan kekuatan yang telah
diidentifikasi? Bagaimana perubahan tersebut memengaruhi
kegiatan dan kebijakan di sekolah? o Bagaimana partisipasi dan keterlibatan anggota staf sekolah dalam merencanakan tindakan untuk
mengantisipasi kelemahan dan memanfaatkan kekuatan? Apakah ada proses
konsultasi atau kolaborasi yang melibatkan mereka? o Apakah Anda merencanakan
pemantauan atau evaluasi berkala untuk melacak efektivitas strategi
antisipasi kelemahan dan optimalisasi kekuatan? Bagaimana Anda akan
mengevaluasi ketercapaian tindakan-tindakan ini? |
Tabel
2. Panduan Contoh Pertanyaan Pemantik Utama dan Pertanyaan Lanjutan Untuk Menggali Kapasits
Kepala Sekolah Memimpin Perubahan
Pertanyaan Pemantik Utama Untuk
Menggali Kapasitas Kepala Sekolah Memimpin Perubahan |
Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan
Tertutup) |
TINGKAT KAPASITAS MEMIMIN PERUBAHAN |
|
o Bagaimana Anda menyusun program kerja dan
anggaran satuan pendidikan? |
o
Bagaimana
Anda dan tim menyusun program selama 3 (tiga) tahun terakhir? Apakah ada kegiatan yang berbeda dari tahun
ke tahunnya? o Apakah selama ini ada kendala? Apa
yang bisa saya bantu? o Apakah ada rencana atau
keinginan untuk mengubah program/kegiatan? o Apakah Anda bisa membagikan ke saya dokumen-dokumen program tahun lalu untuk
membantu menganalisisnya? o
Bagaimana
dengan aspek kekuatan? Apakah Anda dan tim pernah menyadari kekuatan tertentu yang bisa dimaksimalkan menjadi program? o
Apakah Anda
bisa menceritakan ke saya apa kendala yang dihadapi dalam menyusun program?
Mungkin saya bisa membantu mencarikan solusi. o
Apa proses
yang biasanya Anda ikuti dalam
menyusun program kerja dan
anggaran satuan pendidikan? Bisakah Anda menjelaskan langkah-langkah utama
yang dilakukan? o
Bagaimana
Anda mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan utama dalam menyusun program kerja dan anggaran? Apakah ada proses penentuan prioritas yang melibatkan seluruh
staf sekolah? o
Bagaimana perencanaan program kerja dan anggaran dikaitkan dengan tujuan dan visi satuan
pendidikan? Apakah ada penekanan khusus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran? o
Apakah Anda melibatkan berbagai pihak, seperti
guru, staf sekolah, atau komite sekolah, dalam proses penyusunan program kerja
dan anggaran? Bagaimana kontribusi mereka
diintegrasikan dalam perencanaan? o
Bagaimana Anda memastikan alokasi anggaran yang tepat
untuk mendukung program-program yang telah direncanakan? Bagaimana
Anda mengelola anggaran sekolah agar efisien dan efektif? |
o
Apa perbedaan program/kegiatan
satuan pendidikan tahun lalu dengan tahun sebelumnya? |
o
Apa proses
yang biasanya Anda ikuti dalam
menyusun program kerja dan
anggaran satuan pendidikan? Bisakah Anda menjelaskan langkah-langkah utama
yang dilakukan? |
Pertanyaan Pemantik Utama Untuk
Menggali Kapasitas Kepala Sekolah
Memimpin Perubahan |
Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan Tertutup) |
TINGKAT KAPASITAS MEMIMIN PERUBAHAN |
|
|
o
Bagaimana
Anda mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan utama dalam menyusun program kerja dan anggaran? Apakah ada proses penentuan prioritas yang melibatkan seluruh
staf sekolah? o
Bagaimana perencanaan program kerja dan anggaran dikaitkan dengan tujuan dan visi satuan
pendidikan? Apakah ada penekanan khusus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran? o
Apakah Anda melibatkan berbagai pihak, seperti
guru, staf sekolah, atau komite sekolah, dalam proses penyusunan program kerja
dan anggaran? Bagaimana kontribusi mereka
diintegrasikan dalam perencanaan? o Bagaimana Anda memastikan alokasi anggaran yang tepat
untuk mendukung program-program yang telah direncanakan? Bagaimana
Anda mengelola anggaran sekolah agar efisien dan efektif? |
Kita diberi telinga DUA untuk membantu menentukan sikap setelah mendengar dari arah KIRI dan KANAN
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]
Namun demikian tetap jangan lupa (saling mengingatkan) “Apabila hidupmu terasa hampa dan tidak teratur, maka mulailah dengan memperbaiki cara shalatmu dan waktu shalatmu”
Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI
Toko Online : tokopedia cemerlang 125
informasi pendidikan dan hiburan https://ujugunawan.blogspot.com/
Konsultasi Laporan PTK, PTS, Adm Pembelajaran Konsultasi dan pemesanan Administrasi Pembelajaran Klik chat WA
Begitu Indah KLIK DI SINI
Tokopedia Uju Gunawan KLIK DI SINI
Lazada Uju Gunawan KLIK DI SINI
No comments:
Post a Comment