torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 7 February 2024

PANDUAN WAWANCARA, OBSERVASI PENGGALIAN TINGKAT KESADARAN DAN KAPASITAS KEPALA SEKOLAH

 

PANDUAN WAWANCARA, OBSERVASI PENGGALIAN TINGKAT KESADARAN DAN KAPASITAS KEPALA SEKOLAH

 







Tabel 1. Panduan Contoh Pertanyaan Pemantik Utama dan Pertanyaan Lanjutan Untuk Menggali Kesadaran Kepala Sekolah Melakukan Refleksi

 

Pertanyaan Pemantik Utama Untuk Menggali Kesadaran Kepala Sekolah Melakukan

Refleksi

Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan Tertutup)

TINGKAT KESADARAN MELAKUKAN REFLEKSI

o Apa kelemahan dan kekuatan satuan pendidikan Anda?

o Apa sebenarnya kendala yang Anda hadapi?

o Menurut Anda faktor apa yang menyebabkan kelemahan tersebut terjadi?

o Bagaimana Anda merasa tentang kelemahan yang telah diidentifikasi dalam satuan pendidikan Anda? Apakah ada langkah-langkah konkret yang telah diambil untuk mengatasi kelemahan tersebut?

o Bisakah Anda berbagi lebih rinci tentang dampak dari kelemahan yang telah diakui terhadap kualitas pembelajaran di satuan pendidikan Anda?

o Apa langkah konkret yang telah diambil oleh sekolah untuk mengatasi kelemahan yang telah diidentifikasi? Bisakah Anda memberikan contoh tindakan nyata yang telah diimplementasikan?

o Bagaimana komunikasi dan koordinasi antara berbagai pihak di sekolah dalam menghadapi kelemahan dan mengoptimalkan kekuatan? Adakah upaya kolaboratif yang dilakukan?

o Bagaimana kelemahan dan kekuatan yang telah diidentifikasi memengaruhi rencana dan program pembelajaran di sekolah?

Apakah ada penyesuaian atau inovasi dalam kurikulum atau metode pengajaran?

o Bagaimana Anda mengantisipasi kelemahan dan kekuatan tersebut?

o Apakah Anda pernah berinisiatif mencari cara lain yang sejenis?

o Bisakah Anda memberikan contoh konkret dari strategi atau rencana yang telah diimplementasikan untuk mengantisipasi kelemahan yang diidentifikasi?

o Apakah ada langkah-langkah khusus yang telah diambil untuk memaksimalkan pemanfaatan kekuatan yang telah diidentifikasi? Bagaimana perubahan tersebut memengaruhi kegiatan dan kebijakan di sekolah?

o Bagaimana partisipasi dan keterlibatan anggota staf sekolah dalam merencanakan tindakan untuk mengantisipasi kelemahan dan memanfaatkan kekuatan? Apakah ada proses konsultasi atau kolaborasi yang melibatkan mereka?

o Apakah Anda merencanakan pemantauan atau evaluasi berkala untuk melacak efektivitas strategi antisipasi kelemahan dan optimalisasi kekuatan? Bagaimana Anda akan mengevaluasi ketercapaian tindakan-tindakan ini?


Tabel 2. Panduan Contoh Pertanyaan Pemantik Utama dan Pertanyaan Lanjutan Untuk Menggali Kapasits Kepala Sekolah Memimpin Perubahan

 

 

Pertanyaan Pemantik Utama Untuk Menggali Kapasitas Kepala Sekolah Memimpin

Perubahan

Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan Tertutup)

TINGKAT KAPASITAS MEMIMIN PERUBAHAN

o Bagaimana Anda menyusun program kerja dan anggaran satuan pendidikan?

o Bagaimana Anda dan tim menyusun program selama 3 (tiga) tahun terakhir? Apakah ada kegiatan yang berbeda dari tahun ke tahunnya?

o Apakah selama ini ada kendala? Apa yang bisa saya bantu?

o Apakah ada rencana atau keinginan untuk mengubah program/kegiatan?

o Apakah Anda bisa membagikan ke saya dokumen-dokumen program tahun lalu untuk membantu menganalisisnya?

o Bagaimana dengan aspek kekuatan? Apakah Anda dan tim pernah menyadari kekuatan tertentu yang bisa dimaksimalkan menjadi program?

o Apakah Anda bisa menceritakan ke saya apa kendala yang dihadapi dalam menyusun program? Mungkin saya bisa membantu mencarikan solusi.

o Apa proses yang biasanya Anda ikuti dalam menyusun program kerja dan anggaran satuan pendidikan? Bisakah Anda menjelaskan langkah-langkah utama yang dilakukan?

o Bagaimana Anda mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan utama dalam menyusun program kerja dan anggaran? Apakah ada proses penentuan prioritas yang melibatkan seluruh staf sekolah?

o Bagaimana perencanaan program kerja dan anggaran dikaitkan dengan tujuan dan visi satuan pendidikan? Apakah ada penekanan khusus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran?

o Apakah Anda melibatkan berbagai pihak, seperti guru, staf sekolah, atau komite sekolah, dalam proses penyusunan program kerja dan anggaran? Bagaimana kontribusi mereka diintegrasikan dalam perencanaan?

o Bagaimana Anda memastikan alokasi anggaran yang tepat untuk mendukung program-program yang telah direncanakan? Bagaimana Anda mengelola anggaran sekolah agar efisien dan efektif?

 

o Apa perbedaan

program/kegiatan satuan pendidikan tahun lalu dengan tahun sebelumnya?

o Apa proses yang biasanya Anda ikuti dalam menyusun program kerja dan anggaran satuan pendidikan? Bisakah Anda menjelaskan langkah-langkah utama yang dilakukan?


 

Pertanyaan Pemantik Utama Untuk Menggali Kapasitas

Kepala Sekolah Memimpin Perubahan

Pertanyaan Pendalaman Untuk Eksplorasi (Kombinasi Pertanyaan Terbuka dan Tertutup)

TINGKAT KAPASITAS MEMIMIN PERUBAHAN

 

o Bagaimana Anda mengidentifikasi prioritas dan kebutuhan utama dalam menyusun program kerja dan anggaran? Apakah ada proses penentuan prioritas yang melibatkan seluruh staf sekolah?

o Bagaimana perencanaan program kerja dan anggaran dikaitkan dengan tujuan dan visi satuan pendidikan? Apakah ada penekanan khusus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran?

o Apakah Anda melibatkan berbagai pihak, seperti guru, staf sekolah, atau komite sekolah, dalam proses penyusunan program kerja dan anggaran? Bagaimana kontribusi mereka diintegrasikan dalam perencanaan?

o Bagaimana Anda memastikan alokasi anggaran yang tepat untuk mendukung program-program yang telah direncanakan? Bagaimana Anda mengelola anggaran sekolah agar efisien dan efektif?

 


 Tanpa melibatkan RASA, pemahaman kemengertian hidup ini TUMPUL. 

Kita diberi telinga DUA untuk membantu menentukan sikap setelah mendengar dari arah KIRI dan KANAN


Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Namun demikian tetap jangan lupa (saling mengingatkan) Apabila hidupmu terasa hampa dan tidak teratur, maka mulailah dengan memperbaiki cara shalatmu dan waktu shalatmu”




Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI


Toko Online : tokopedia cemerlang 125

informasi pendidikan dan hiburan https://ujugunawan.blogspot.com/

Konsultasi Laporan PTK, PTS, Adm Pembelajaran Konsultasi dan pemesanan Administrasi Pembelajaran Klik chat WA



Begitu Indah KLIK DI SINI



Tokopedia Uju Gunawan KLIK DI SINI

Lazada Uju Gunawan KLIK DI SINI



No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan