torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 14 August 2024

KEKHAWATIRAN TENTANG GEMPA MEGATHRUST

KEKHAWATIRAN TENTANG GEMPA MEGATHRUST

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) baru-baru ini mengimbau masyarakat waspada adanya potensi gempa megathrust di Indonesia.

Hal ini usai adanya gempa besar yang melanda Jepang 8 Agustus 2024, yang bersumber dari Megathrust Nankai.




Jepang dilanda gempa megathrust berskala 7,1 Magnitudo di sebelah timur lepas pantai Pulau Kyushu, Shikoku dan Kinki di Jepang Selatan.

Megathrust Selat Sunda diperkirakan memiliki potensi gempa dengan magnitudo 8,7, sementara Megathrust Mentawai, Siberut dapat mencapai magnitudo 8,9.

Jika kedua segmen ini aktif secara bersamaan, dampaknya bisa sangat besar, bahkan dapat berpotensi tsunami yang serupa dengan bencana yang melanda Aceh pada tahun 2004.

Perekayasa di Balai Teknologi Infrastruktur Pelabuhan dan Dinamika Pantai Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Widjo Kongko, juga mengingatkan bahwa gempa besar di dua segmen megathrust tersebut bisa mencapai magnitudo 9 atau lebih, mengingat panjangnya waktu ketidakaktifan seismik di wilayah tersebut.

BMKG terus memantau perkembangannya dan siap memberikan informasi terbaru terkait potensi gempa besar yang bisa terjadi kapan saja.

Selalu berdoa dan dekatkan diri pada Alloh mudah-mudahan kita senantiasa dalam lindungan-Nya ... Aamiin ...


dari https://radarmojokerto.jawapos.com/


Salam sehat dan tetap semangat !

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan