torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Monday, 18 March 2024

Deskripsi Strategi Pendampingan

Deskripsi Strategi Pendampingan


Kriteria    : Penyemai Perubahan

Deskripsi : Meninggalkan praktik lama dan berubah ke praktik baru 

Tujuan     : Menunjukkan kepemimpinan perubahan dengan mengerjakan secara langsung hingga mendapatkan bukti dan praktik baik perubahan. 

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas rendah dan kesadaran berkembang.

Proses    : Direktif memimpin perubahan. Pengawas terlibat mengerjakan aktivitas perubahan atau memberikan contoh nyata.

Lingkup    : Fokus pada pembelajaran.

Luaran    : Perubahan praktik pembelajaran





Kriteria    : Perubahan Segera


Deskripsi : Melakukan lompatan perubahan secara mendasar.

Tujuan     : Mendukung kepala Satuan Pendidikan dan/atau tim perubahan merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan secara mendasar.

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas rendah dan kesadaran berdaya.

Proses    : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang relevan dengan prioritas Satuan Pendidikan.

Lingkup    : Pembelajaran dan pengelolaan Satuan Pendidikan.

Luaran      : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan Satuan Pendidikan.


Kriteria    : Penguatan Perubahan


Deskripsi : Menemukan dan menguatkan praktik baru

Tujuan     : Mengenali dan menguatkan penggerak perubahan hingga mendapatkan bukti dan praktik baik perubahan.

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas sedang dan kesadaran rendah.

Proses    : Direktif memimpin perubahan. Pengawas terlibat mengerjakan aktivitas perubahan atau memberikan contoh nyata.

Lingkup    : Fokus pada pembelajaran.

Luaran      : Perubahan praktik pembelajaran


Kriteria    : Perubahan Berangsur


Deskripsi : Melakukan perbaikan bertahap atau per komponen.

Tujuan     : Mendukung kepala Satuan Pendidikan dan/atau tim terkait merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan secara bertahap atau pada komponen tertentu.

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas sedang dan kesadaran berdaya.

Proses    : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang relevan dengan prioritas Satuan Pendidikan.

Lingkup    : Pembelajaran dan pengelolaan Satuan Pendidikan.

Luaran      : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan Satuan Pendidikan.


Kriteria    : Pemicu Perubahan


Deskripsi : Membangun kesadaran tentang perubahan berkelanjutan

Tujuan     : Membangun percakapan menggerakkan bersama kepala sekolah dan/atau manajemen Satuan Pendidikan untuk menggugah kesadaran perubahan.

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas tinggi dan kesadaran berkembang.

Proses    : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang menggugah kesadaran untuk terus melakukan perubahan.

Lingkup    : Pembelajaran, pengelolaan dan pengembangan Satuan Pendidikan

Luaran      : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan atau pengembangan Satuan Pendidikan.


Kriteria    : Perubahan Berkelanjutan

Deskripsi : Melakukan inovasi atau memperluas dampak.

Tujuan     : Mendukung kepala Satuan Pendidikan merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan dengan mencoba program baru sesuai karakteristik Satuan Pendidikan dan konteks daerah.

Sasaran    : Satuan pendidikan dengan kapasitas tinggi dan kesadaran berdaya.

Proses    : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang menggugah kesadaran untuk terus melakukan perubahan.

Lingkup    : Pembelajaran, pengelolaan dan pengembangan Satuan Pendidikan.

Luaran      : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan atau pengembangan Satuan Pendidikan


Untuk membaca lebih detail silahkan lihat di materi pelatihan KLIK DI SINI

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan