Deskripsi Strategi Pendampingan
Kriteria : Penyemai Perubahan
Deskripsi : Meninggalkan praktik lama dan berubah ke praktik baru
Tujuan : Menunjukkan kepemimpinan perubahan dengan mengerjakan secara langsung hingga mendapatkan bukti dan praktik baik perubahan.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas rendah dan kesadaran berkembang.
Proses : Direktif memimpin perubahan. Pengawas terlibat mengerjakan aktivitas perubahan atau memberikan contoh nyata.
Lingkup : Fokus pada pembelajaran.
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran
Kriteria : Perubahan Segera
Deskripsi : Melakukan lompatan perubahan secara mendasar.
Tujuan : Mendukung kepala Satuan Pendidikan dan/atau tim perubahan merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan secara mendasar.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas rendah dan kesadaran berdaya.
Proses : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang relevan dengan prioritas Satuan Pendidikan.
Lingkup : Pembelajaran dan pengelolaan Satuan Pendidikan.
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan Satuan Pendidikan.
Kriteria : Penguatan Perubahan
Deskripsi : Menemukan dan menguatkan praktik baru
Tujuan : Mengenali dan menguatkan penggerak perubahan hingga mendapatkan bukti dan praktik baik perubahan.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas sedang dan kesadaran rendah.
Proses : Direktif memimpin perubahan. Pengawas terlibat mengerjakan aktivitas perubahan atau memberikan contoh nyata.
Lingkup : Fokus pada pembelajaran.
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran
Kriteria : Perubahan Berangsur
Deskripsi : Melakukan perbaikan bertahap atau per komponen.
Tujuan : Mendukung kepala Satuan Pendidikan dan/atau tim terkait merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan secara bertahap atau pada komponen tertentu.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas sedang dan kesadaran berdaya.
Proses : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang relevan dengan prioritas Satuan Pendidikan.
Lingkup : Pembelajaran dan pengelolaan Satuan Pendidikan.
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan Satuan Pendidikan.
Kriteria : Pemicu Perubahan
Deskripsi : Membangun kesadaran tentang perubahan berkelanjutan
Tujuan : Membangun percakapan menggerakkan bersama kepala sekolah dan/atau manajemen Satuan Pendidikan untuk menggugah kesadaran perubahan.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas tinggi dan kesadaran berkembang.
Proses : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang menggugah kesadaran untuk terus melakukan perubahan.
Lingkup : Pembelajaran, pengelolaan dan pengembangan Satuan Pendidikan
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan atau pengembangan Satuan Pendidikan.
Kriteria : Perubahan Berkelanjutan
Deskripsi : Melakukan inovasi atau memperluas dampak.
Tujuan : Mendukung kepala Satuan Pendidikan merencanakan, melaksanakan dan mendukung perubahan dengan mencoba program baru sesuai karakteristik Satuan Pendidikan dan konteks daerah.
Sasaran : Satuan pendidikan dengan kapasitas tinggi dan kesadaran berdaya.
Proses : Non direktif, memberikan tantangan. Pengawas memberikan tantangan yang menggugah kesadaran untuk terus melakukan perubahan.
Lingkup : Pembelajaran, pengelolaan dan pengembangan Satuan Pendidikan.
Luaran : Perubahan praktik pembelajaran atau pengelolaan atau pengembangan Satuan Pendidikan
Untuk membaca lebih detail silahkan lihat di materi pelatihan KLIK DI SINI
No comments:
Post a Comment