Laporan Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah (Sambungan Bag.3 Tamat)
A.
PEMBAHASAN HASIL
Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah dilaksanakan
di
Kecamatan Cijeungjing, dengan hasil sebagai berikut :
a.
Kegiatan
Pembinaan
No |
Nama Sekolah |
Jmlah Guru |
Prosentase Ketercapaian |
Ket |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
||||
1 |
SDN 1 Pamalayan |
8 |
90 |
80 |
80 |
90 |
60 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
2 |
SDN 2 Pamalayan |
8 |
90 |
90 |
80 |
90 |
75 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
3 |
SDN 3
Pamalayan |
8 |
90 |
85 |
90 |
90 |
80 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
4 |
SDN 4
Pamalayan |
8 |
90 |
80 |
80 |
90 |
75 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
5 |
SDN 1
Dewasari |
8 |
90 |
90 |
80 |
90 |
80 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
6 |
SDN 2
Dewasari |
8 |
90 |
80 |
95 |
90 |
70 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
7 |
SDN 3
Dewasari |
8 |
90 |
80 |
80 |
90 |
85 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
8 |
SDN 2
Karangkamulyan |
8 |
90 |
90 |
85 |
90 |
75 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
9 |
SDN 3
Karangkamulyan |
8 |
90 |
80 |
95 |
90 |
70 |
Dilanjutkan sesuai jadwal |
Jumlah |
72 |
90 |
84 |
85 |
90 |
76 |
|
Keterangan :
1.
Program Perencanaan Pembelajaran
2.
Pelaksanaan Pembelajaran
3.
Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran
4.
Pelaksanaan Pembinaa tindak lanjut Penilaian
Siswa dan Tugas lainnya
5. Komperensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial
b.
Kegiatan
Pembinaan Kepala Sekolah
No |
Nama Sekolah |
Jumlah KS |
Prosentase Ketercapaian |
Ket |
|||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||||
1 |
SDN 1 Pamalayan |
1 orang |
80% |
80% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
2 |
SDN 2 Pamalayan |
1 orang |
80% |
70% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
3 |
SDN 3
Pamalayan |
1 orang |
80% |
80% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
4 |
SDN 4
Pamalayan |
1 orang |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
5 |
SDN 1 Dewasari |
1 orang |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
6 |
SDN 2 Dewasari |
1 orang |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
7 |
SDN 3
Dewasari |
1 orang |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
8 |
SDN 2
Karangkamulyan |
1 orang |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
9 |
SDN 3
Karangkamulyan |
1 orang |
80% |
70% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
Rata-rata |
80% |
75% |
80% |
70% |
75% |
60% |
95% |
75% |
|
Keterangan :
1. Menyusun
Program Kerja Sekolah
2.
Pelaksanaan Program Kerja Sekolah
3.
Menyusun Program Pengawasan dan Evaluasi
4.
Kepemimpinan Sekolah
5.
Sistem Informasi Manajemen dan PTK/PTS
6.
Penyusunan RKAS dan SNP
7.
Akreditasi Sekolah
8. Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial
BAB V
PENUTUP
A.
Simpulan
Berdasarkan uraian pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan
terhadap guru dan kepala sekolah harus dilakukan secara berkesinambungan agar guru
dan kepala sekolah benar –benar mampu bekerja sesuai dengan tupoksinya
Peningkatan
kemampuan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengelola
sekolah sudah semakin baik, meski masih ada sekolah yang sangat sulit untuk
ditingkatkan statusnya karena keterbatasan dalam segala aspek/komponen. Di
sinilah peran pengawas selaku supervisor dan konsultan sangat diperlukan untuk
membuat pengelolaan pendidikan menjadi semakin baik.
B.
Rekomendasi
Berdasarkan pada hasil dan kesimpulan di atas penulis menyampaikan
rekomendasi kepada kepala dinas dan para pengambil kebijakan di bidang
pendidikan :
Bagi Pemangku kepentingan di
tingkat kabupaten:
1. Untuk Peningkatan kinerja guru
:
a. Untuk meningkatkan kinerja guru,
pemangku kepentingan tingkat Kabupaten perlu membuat kebijakan tentang pemenuhan
standar sarana dan prasarana. Seperti
yang segera dipenuhi RKB, ruang
multi media, Laptop, LCD.
b. Sosialisasi Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses
terus dilakukan selama penyusunan RPP belum mengacu ke sana.
c. Adanya pelatihan pemanfaatan computer
mikro sebagai alat bantu/media pembelajaran. Misal dengan aplikasi software:
power point, MS word dan Exel atau yang lain
selama membantu guru dalam PBM.
2. Untuk Pemenuhan delapan standar
nasional pendidikan
a. Dinas Pendidikan dalam upaya pemberian
grant/bentuk bantuan apapun ke sekolah agar melibatkan pengawas sekolah. Karena
Pengawas sekolah yang lebih mengetahui kondisi sebenarnya di sekolah.
b.
Agar peran pengawas lebih dioptimalkan, karena pengawaslah ujung tombak dalam melakukan
pembinaan di sekolah-sekolah dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkualitas, baik di bidang
akademik maupun manajerial.
3. Bagi Kepala sekolah
a. Meningkatkan intensitas
pemeriksaan perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru
b. Meningkatkan intensitas
supervise akademik /kunjungan kelas untuk mengetahui penampilan pelaksanaan
pembelajaran yang dilakukan guru sebagai bentuk implementasi penyusunan RPP.
No comments:
Post a Comment