torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Thursday, 18 February 2021

Laporan Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah (Sambungan Bag.3 Tamat)

 Laporan Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah (Sambungan Bag.3 Tamat)




A.   PEMBAHASAN HASIL

Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah dilaksanakan  di Kecamatan Cijeungjing, dengan hasil sebagai berikut :

 

a.    Kegiatan Pembinaan

No

Nama Sekolah

Jmlah

Guru

Prosentase Ketercapaian

Ket

1

2

3

4

5

1

SDN 1 Pamalayan

8

90

80

80

90

60

Dilanjutkan sesuai jadwal

2

SDN 2 Pamalayan

8

90

90

80

90

75

Dilanjutkan sesuai jadwal

3

SDN 3 Pamalayan

8

90

85

90

90

80

Dilanjutkan sesuai jadwal

4

SDN 4 Pamalayan

8

90

80

80

90

75

Dilanjutkan sesuai jadwal

5

SDN 1 Dewasari

8

90

90

80

90

80

Dilanjutkan sesuai jadwal

6

SDN 2 Dewasari

8

90

80

95

90

70

Dilanjutkan sesuai jadwal

7

SDN 3 Dewasari

8

90

80

80

90

85

Dilanjutkan sesuai jadwal

8

SDN 2 Karangkamulyan

8

90

90

85

90

75

Dilanjutkan sesuai jadwal

9

SDN 3 Karangkamulyan

8

90

80

95

90

70

Dilanjutkan sesuai jadwal

Jumlah

72

90

84

85

90

76

 

 

Keterangan :

1.    Program Perencanaan Pembelajaran

2.    Pelaksanaan Pembelajaran

3.    Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran

4.    Pelaksanaan Pembinaa tindak lanjut Penilaian Siswa dan Tugas lainnya

5.    Komperensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial

 

 

 


b.    Kegiatan Pembinaan Kepala Sekolah

No

Nama Sekolah

Jumlah

KS

Prosentase Ketercapaian

Ket

1

2

3

4

5

6

7

8

1

SDN 1 Pamalayan

1 orang

80%

80%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

2

SDN 2 Pamalayan

1 orang

80%

70%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

3

SDN 3 Pamalayan

1 orang

80%

80%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

4

SDN 4 Pamalayan

1 orang

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

5

SDN 1 Dewasari

1 orang

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

6

SDN 2 Dewasari

1 orang

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

7

SDN 3 Dewasari

1 orang

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

8

SDN 2 Karangkamulyan

1 orang

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

9

SDN 3 Karangkamulyan

1 orang

80%

70%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

Rata-rata

80%

75%

80%

70%

75%

60%

95%

75%

 

 

Keterangan :

1.    Menyusun Program Kerja Sekolah                                            

2.    Pelaksanaan Program Kerja Sekolah

3.    Menyusun Program Pengawasan dan Evaluasi

4.    Kepemimpinan Sekolah

5.    Sistem Informasi Manajemen dan PTK/PTS

6.    Penyusunan RKAS dan SNP

7.    Akreditasi Sekolah

8.    Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial


BAB V

PENUTUP

A.   Simpulan

 

Berdasarkan uraian pada bab sebelumnya dapat ditarik kesimpulan bahwa pembinaan terhadap guru dan kepala sekolah harus dilakukan secara berkesinambungan agar guru dan kepala sekolah benar –benar mampu bekerja sesuai dengan tupoksinya

Peningkatan kemampuan kepala sekolah dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengelola sekolah sudah semakin baik, meski masih ada sekolah yang sangat sulit untuk ditingkatkan statusnya karena keterbatasan dalam segala aspek/komponen. Di sinilah peran pengawas selaku supervisor dan konsultan sangat diperlukan untuk membuat pengelolaan pendidikan menjadi semakin baik.

B.   Rekomendasi

Berdasarkan pada hasil dan kesimpulan di atas penulis menyampaikan rekomendasi kepada kepala dinas dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan :

Bagi Pemangku kepentingan di tingkat kabupaten:

1.    Untuk Peningkatan kinerja guru :

a.    Untuk meningkatkan kinerja guru, pemangku kepentingan tingkat Kabupaten perlu membuat kebijakan tentang pemenuhan standar sarana dan prasarana. Seperti yang segera dipenuhi RKB, ruang multi media, Laptop, LCD.

b.    Sosialisasi Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang standar proses terus dilakukan selama penyusunan RPP belum mengacu ke sana.

c.    Adanya pelatihan pemanfaatan computer mikro sebagai alat bantu/media pembelajaran. Misal dengan aplikasi software: power point, MS word dan Exel atau yang lain selama membantu guru dalam PBM.

2.   Untuk Pemenuhan delapan standar nasional pendidikan

a.    Dinas Pendidikan dalam upaya pemberian grant/bentuk bantuan apapun ke sekolah agar melibatkan pengawas sekolah. Karena Pengawas sekolah yang lebih mengetahui kondisi sebenarnya di sekolah.

b.    Agar peran pengawas lebih dioptimalkan, karena  pengawaslah ujung tombak dalam melakukan pembinaan di sekolah-sekolah dalam rangka mewujudkan  pendidikan yang berkualitas, baik di bidang akademik maupun manajerial.

 

3.    Bagi Kepala sekolah

a.    Meningkatkan intensitas pemeriksaan perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru

b.    Meningkatkan intensitas supervise akademik /kunjungan kelas untuk mengetahui penampilan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru sebagai bentuk implementasi penyusunan RPP.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan