torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Friday, 12 July 2024

VALIDASI KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

VALIDASI KURIKULUM SATUAN PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

 

Nama Sekolah                        : ..................................................................................................

Nama Kepala Sekolah            : ………………………………………………………………..

Alamat Sekolah                      : ………………………………………………………………..

Kabupaten/ Kota/ Provinsi     : Ciamis


 

NO.

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL VALIDASI

SARAN PERBAIKAN

ADA

TDK

PROSES PENYUSUNAN

 

 

 

1.

Sekolah menyusun KSP melalui proses:

 

 

 

 

a. Pembentukan Tim Penyusun KSP

 

 

 

 

b. Penyusunan Draf KSP

 

 

 

 

c. Workshop KSP

 

 

 

 

d. Finalisasi KSP

 

 

 

2.

Penyusunan KSP melibatkan stakeholder (Kepala Sekolah, Guru, Pegawai Sekolah, Komite/Perwakilan wali murid, Dinas Dikbudpora/Pengawas)

 

 

 

SAMPUL/ HALAMAN JUDUL

 

 

 

1.

Memuat Judul yang tepat

 

 

 

2.

Terdapat Logo Sekolah dan atau Daerah

 

 

 

3.

Memuat Tahun Ajaran

 

 

 

4.

Terdapat Nama dan Alamat Sekolah

 

 

 

LEMBAR PENETAPAN DAN VALIDASI

 

 

 

1.

Terdapat Rumusan/ Lembar Penetapan Kurikulum ditandatangani Kepala Sekolah dan disertai stempel

 

 

 

2.

Terdapat Rumusan/ Lembar Validasi Kurikulum ditandatangani Pengawas Sekolah

 

 

 

KATA PENGANTAR

 

 

 

 

Pengantar Penyusunan dan atau Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan yang memuat ucapan terima kasih kepada pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian dokumen KSP.

 

 

 

DAFTAR ISI

 

 

 

 

Memuat daftar isi seluruh komponen yang dalam dokumen dan kesesuaian halaman.

 

 

 

I.       ANALISIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN

 

 

 

A

Analisis karakteristik peserta didik

 

 

 

B

Analisis Guru dan Tenaga Kependidikan

 

 

 


 

 

NO.

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL VALIDASI

SARAN PERBAIKAN

ADA

TDK

C

Analisis lingkungan satuan pendidikan

 

 

 

 

D

Analisis potensi dan kekhasan daerah setempat yang penting untuk diketahui, diberdayakan atau dilestarikan

 

 

 

E

Analisis keterlibatan orang tua untuk mendukung perkembangan peserta didik

 

 

 

F

Analisis prestasi/keterlibatan peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik

 

 

 

II

VISI, MISI DAN TUJUAN

 

 

 

A.

VISI SEKOLAH

 

 

 

1.

Merupakan gambaran masa depan yang

ingin dicapai oleh satuan pendidikan.

 

 

 

2.

Memberikan panduan/arahan dan motivasi.

 

 

 

3.

Realistis, kredibel dan atraktif. Mudah dipahami, relatif singkat, ideal dan berfokus pada mutu, serta memotivasi

setiap pemangku kepentingan.

 

 

 

B.

MISI SEKOLAH

 

 

 

1.

Menunjukkan secara jelas mengenai apa yang hendak dicapai oleh satuan pendidikan.

 

 

 

2.

Dalam bentuk kalimat yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi.

 

 

 

3.

Rumusan misi terdapat keterkaitan dengan indikator visi.

 

 

 

4.

Menggambarkan     upaya     bersama     yang berorientasi kepada peserta didik.

 

 

 

C.

TUJUAN SEKOLAH

 

 

 

1.

Tujuan serasi dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan.

 

 

 

2.

Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada peserta didik.

 

 

 

3.

Spesifik,    terukur,    dapat    dicapai    dalam jangka waktu tertentu.

 

 

 

III

PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN

 

 

 

A.

Intrakurikuler

 

 

 

1.

Muatan mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya termasuk mulok yang diajarkan setiap jenjang kelas.

 

 

 

2.

Alokasi waktu: jumlah jam pelajaran per minggu untuk setiap mata pelajaran.

 

 

 


 

 

NO.

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL VALIDASI

SARAN PERBAIKAN

ADA

TDK

3.

Metode dan Strategi Pembelajaran:

a.       Penjelasan mengenai metode pengajaran yang digunakan (misalnya, pembelajaran aktif, kolaboratif, berbasis proyek).

b.      Penjelasan mengenai strategi pembelajaran untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa.

 

 

 

4.

Pengembangan Materi Pembelajaran:

a.       Proses pengembangan dan pemilihan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum.

b.      Sumber belajar yang digunakan (buku teks, media digital, referensi lainnya).

 

 

 

5.

Evaluasi dan Penilaian:

a.       Sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa (misalnya, penilaian formatif dan sumatif).

b.      Kriteria penilaian dan instrumen yang digunakan (tes, kuis, proyek, presentasi).

 

 

 

6.

Pengembangan Kompetensi Guru

a.    Program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru untuk mendukung implementasi kurikulum.

b.    Pendampingan dan evaluasi kinerja guru dalam proses pembelajaran.

 

 

 

B.

Kokurikuler: Projek penguatan profil pelajar pancasila

 

 

 

 

Pada bagian ini dideskripsikan perencanaan projek, tim projek, tema projek, dimensi, elemen, sub elemen, pengaturan waktu, asesmen dan pelaporan yang mengacu pada hasil analisis karakteristik satuan pendidikan

 

 

 

1.

Terdapat 6 Demensi Profil Pelajar Pancasila dan penjelasannya.

 

 

 

2.

Memuat tema proyek, demensi, elemen, sub elemen, pengaturan waktu untuk setiap jenjang kelas.

 

 

 

3.

Memuat asesmen dan pelaporan P5

 

 

 

C.

Ekstrakurikuler (bakat dan minat )

 

 

 

1.

Jenis kegiatan ekstrakurikuler

 

 

 

2.

Tujuan spesifik kegiatan ekstrakurikuler

 

 

 


 

 

NO.

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL VALIDASI

SARAN PERBAIKAN

ADA

TDK

3.

Metode pelaksanaan ekstrakurikuler

 

 

 

4.

Asesmen dan evaluasi ekstrakurikuler

 

 

 

D.

Pembiasaan Sekolah

 

 

 

1.

Keteladanan

 

 

 

2.

Terprogram

 

 

 

3.

Rutin

 

 

 

4.

Spontan

 

 

 

IV

PERENCANAAN PEMBELAJARAN

 

 

 

A.

Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup satuan pendidikan

 

 

 

 

Pada bagian ini dijelaskan sumber CP, karakteristik setiap mapel, elemen dan diskripsi CP dari setiap mapel, dan peran atau hubungan antar elemen untuk menuju CP yang diharapkan di setiap mapel.

 

 

 

B.

Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup kelas (ATP dan modul ajar/RPP).

 

 

 

 

Pada bagian ini dijelaskan:

·      Bagaimana TP (Tujuan Pembelajaran) dirumuskan berdasarkan deskripsi CP dengan melihat hubungan antar elemen.

·      Bagaimana ATP (Alur Tujuan Pembelajaran) disusun.

·      Bagaimana Modul Ajar/RPP disusun.

 

 

 

C.

Rencana Asesmen

 

 

 

 

Pada bagian ini dijelaskan teknik dan pelaksanaan asesmen formatif dan sumatif, analisis hasil asesmen, pemberian umpan balik.

 

 

 

V

PENDAMPINGAN, EVALUASI DAN PENGEMBANGAN PROFESIONAL

 

 

 

A.

Pendampingan implementasi kurikulum

 

 

 

 

Menguraikan peran, strategi dan waktu pelaksanaan dalam pendampingan

 

 

 

B.

Evaluasi implementasi kurikulum

 

 

 

 

·         Menjelaskan waktu evaluasi KSP

 

 

 

 

·         Menjelaskan strategi cara melakukan evaluasi KSP.

 

 

 

 

·         Menjelaskan siapa saja yang terlibat dalam evaluasi KSP

 

 

 

C.

Program pengembangan Profesional

 

 

 

 

Program peningkatan profesional guru direncanakan oleh pimpinan satuan pendidikan berdasarkan rencana

 

 

 


 

 

NO.

 

KOMPONEN DAN INDIKATOR

HASIL VALIDASI

SARAN PERBAIKAN

ADA

TDK

 

pengembangan satuan pendidikan dan masukan pemangku kepentingan.

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

Berisi regulasi dan seluruh panduan kurikulum merdeka yang ditulis sesuai kaidah penulisan.

 

 

 

LAMPIRAN

 

 

 

 

Lampiran ini dapat berupa file atau link dalam google drive atau website atau dapat berupa contoh untuk mapel tertentu.

 

 

 

1.

Kalender Akademik

 

 

 

2.

Capaian Pembelajaran

 

 

 

3.

Alur Tujuan Pembelajaran

 

 

 

4.

Modul Ajar/RPP

 

 

 

5.

Modul P5

 

 

 

6.

Jadwal Pelajaran

 

 

 

7.

Dokumen foto dan daftar hadir workshop     penyusunan KSP

 

 

 

 



Rekomendasi:

 

Ciamis,.................................... 2024

Pengawas Sekolah

 

 

 

 


No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan