VALIDASI KURIKULUM
SATUAN PENDIDIKAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025
Nama Sekolah :
..................................................................................................
Nama Kepala
Sekolah :
………………………………………………………………..
Alamat Sekolah :
………………………………………………………………..
Kabupaten/ Kota/ Provinsi : Ciamis
NO. |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
SARAN PERBAIKAN |
|
ADA |
TDK |
|||
PROSES PENYUSUNAN |
|
|
|
|
1. |
Sekolah menyusun KSP melalui proses: |
|
|
|
|
a. Pembentukan Tim Penyusun KSP |
|
|
|
|
b. Penyusunan Draf KSP |
|
|
|
|
c. Workshop KSP |
|
|
|
|
d. Finalisasi KSP |
|
|
|
2. |
Penyusunan
KSP melibatkan stakeholder (Kepala Sekolah, Guru, Pegawai Sekolah, Komite/Perwakilan wali murid, Dinas Dikbudpora/Pengawas) |
|
|
|
SAMPUL/ HALAMAN JUDUL |
|
|
|
|
1. |
Memuat Judul
yang tepat |
|
|
|
2. |
Terdapat Logo
Sekolah dan atau
Daerah |
|
|
|
3. |
Memuat Tahun Ajaran |
|
|
|
4. |
Terdapat Nama dan Alamat Sekolah |
|
|
|
LEMBAR PENETAPAN DAN VALIDASI |
|
|
|
|
1. |
Terdapat Rumusan/ Lembar Penetapan Kurikulum ditandatangani Kepala Sekolah
dan disertai stempel |
|
|
|
2. |
Terdapat Rumusan/ Lembar Validasi Kurikulum ditandatangani Pengawas Sekolah |
|
|
|
KATA PENGANTAR |
|
|
|
|
|
Pengantar Penyusunan dan atau Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan yang memuat ucapan
terima kasih kepada
pihak yang berkontribusi dalam penyelesaian
dokumen KSP. |
|
|
|
DAFTAR ISI |
|
|
|
|
|
Memuat daftar
isi seluruh komponen yang dalam dokumen dan kesesuaian halaman. |
|
|
|
I. ANALISIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN |
|
|
|
|
A |
Analisis karakteristik peserta didik |
|
|
|
B |
Analisis Guru dan Tenaga Kependidikan |
|
|
|
NO. |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
SARAN PERBAIKAN |
|
ADA |
TDK |
|||
C |
Analisis
lingkungan satuan pendidikan |
|
|
|
D |
Analisis potensi dan kekhasan daerah setempat yang penting untuk diketahui, diberdayakan atau dilestarikan |
|
|
|
E |
Analisis
keterlibatan orang tua untuk mendukung perkembangan peserta didik |
|
|
|
F |
Analisis
prestasi/keterlibatan peserta didik dalam bidang
akademik dan non akademik |
|
|
|
II |
VISI, MISI
DAN TUJUAN |
|
|
|
A. |
VISI SEKOLAH |
|
|
|
1. |
Merupakan
gambaran masa depan
yang ingin dicapai oleh
satuan pendidikan. |
|
|
|
2. |
Memberikan panduan/arahan dan
motivasi. |
|
|
|
3. |
Realistis, kredibel dan atraktif. Mudah
dipahami, relatif singkat, ideal dan
berfokus pada mutu, serta memotivasi setiap pemangku kepentingan. |
|
|
|
B. |
MISI SEKOLAH |
|
|
|
1. |
Menunjukkan secara
jelas mengenai apa
yang hendak dicapai
oleh satuan pendidikan. |
|
|
|
2. |
Dalam bentuk kalimat
yang menunjukkan tindakan, bukan kalimat yang
menunjukkan keadaan sebagaimana pada rumusan visi. |
|
|
|
3. |
Rumusan misi terdapat keterkaitan dengan indikator visi. |
|
|
|
4. |
Menggambarkan upaya bersama yang berorientasi kepada peserta
didik. |
|
|
|
C. |
TUJUAN SEKOLAH |
|
|
|
1. |
Tujuan serasi
dan mendeskripsikan misi dan nilai-nilai satuan pendidikan. |
|
|
|
2. |
Tujuan fokus pada hasil yang diinginkan pada
peserta didik. |
|
|
|
3. |
Spesifik, terukur, dapat dicapai dalam
jangka waktu tertentu. |
|
|
|
III |
PENGORGANISASIAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
A. |
Intrakurikuler |
|
|
|
1. |
Muatan mata pelajaran dan muatan tambahan lainnya termasuk mulok yang diajarkan setiap jenjang kelas. |
|
|
|
2. |
Alokasi waktu:
jumlah jam pelajaran per minggu untuk setiap mata pelajaran. |
|
|
|
NO. |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
SARAN PERBAIKAN |
|
ADA |
TDK |
|||
3. |
Metode dan Strategi Pembelajaran: a.
Penjelasan mengenai metode pengajaran yang digunakan (misalnya, pembelajaran aktif,
kolaboratif, berbasis
proyek). b.
Penjelasan mengenai strategi pembelajaran untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. |
|
|
|
4. |
Pengembangan Materi
Pembelajaran: a.
Proses pengembangan dan pemilihan materi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum. b.
Sumber belajar yang digunakan (buku
teks, media digital, referensi lainnya). |
|
|
|
5. |
Evaluasi dan
Penilaian: a.
Sistem penilaian yang digunakan untuk mengukur pencapaian siswa (misalnya, penilaian formatif
dan sumatif). b.
Kriteria penilaian dan instrumen yang digunakan (tes,
kuis, proyek, presentasi). |
|
|
|
6. |
Pengembangan Kompetensi Guru a.
Program pelatihan dan pengembangan profesional bagi guru untuk mendukung implementasi kurikulum. b.
Pendampingan dan evaluasi kinerja guru dalam
proses pembelajaran. |
|
|
|
B. |
Kokurikuler: Projek
penguatan profil pelajar pancasila |
|
|
|
|
Pada bagian ini dideskripsikan perencanaan projek,
tim projek, tema projek, dimensi, elemen, sub elemen,
pengaturan waktu, asesmen dan pelaporan yang mengacu
pada hasil analisis karakteristik satuan
pendidikan |
|
|
|
1. |
Terdapat 6 Demensi Profil Pelajar Pancasila dan penjelasannya. |
|
|
|
2. |
Memuat tema proyek, demensi, elemen, sub elemen,
pengaturan waktu untuk
setiap jenjang kelas. |
|
|
|
3. |
Memuat asesmen dan
pelaporan P5 |
|
|
|
C. |
Ekstrakurikuler (bakat
dan minat ) |
|
|
|
1. |
Jenis kegiatan ekstrakurikuler |
|
|
|
2. |
Tujuan spesifik kegiatan ekstrakurikuler |
|
|
|
NO. |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
SARAN PERBAIKAN |
|
ADA |
TDK |
|||
3. |
Metode pelaksanaan ekstrakurikuler |
|
|
|
4. |
Asesmen dan evaluasi ekstrakurikuler |
|
|
|
D. |
Pembiasaan Sekolah |
|
|
|
1. |
Keteladanan |
|
|
|
2. |
Terprogram |
|
|
|
3. |
Rutin |
|
|
|
4. |
Spontan |
|
|
|
IV |
PERENCANAAN PEMBELAJARAN |
|
|
|
A. |
Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup
satuan pendidikan |
|
|
|
|
Pada bagian ini dijelaskan sumber
CP, karakteristik setiap
mapel, elemen dan diskripsi CP dari setiap
mapel, dan peran
atau hubungan antar elemen untuk menuju CP yang diharapkan di setiap mapel. |
|
|
|
B. |
Rencana pembelajaran untuk ruang lingkup
kelas (ATP dan modul
ajar/RPP). |
|
|
|
|
Pada bagian ini dijelaskan: · Bagaimana TP (Tujuan Pembelajaran) dirumuskan berdasarkan deskripsi CP dengan melihat hubungan antar elemen. · Bagaimana ATP (Alur Tujuan
Pembelajaran) disusun. · Bagaimana Modul
Ajar/RPP disusun. |
|
|
|
C. |
Rencana Asesmen |
|
|
|
|
Pada bagian ini dijelaskan teknik dan pelaksanaan asesmen formatif dan sumatif, analisis hasil asesmen, pemberian
umpan balik. |
|
|
|
V |
PENDAMPINGAN, EVALUASI DAN
PENGEMBANGAN PROFESIONAL |
|
|
|
A. |
Pendampingan implementasi kurikulum |
|
|
|
|
Menguraikan peran,
strategi dan waktu
pelaksanaan dalam
pendampingan |
|
|
|
B. |
Evaluasi implementasi kurikulum |
|
|
|
|
·
Menjelaskan waktu evaluasi KSP |
|
|
|
|
·
Menjelaskan strategi cara
melakukan evaluasi KSP. |
|
|
|
|
·
Menjelaskan siapa saja
yang terlibat dalam
evaluasi KSP |
|
|
|
C. |
Program pengembangan Profesional |
|
|
|
|
Program peningkatan profesional guru direncanakan
oleh pimpinan satuan pendidikan berdasarkan rencana |
|
|
|
NO. |
KOMPONEN DAN INDIKATOR |
HASIL VALIDASI |
SARAN PERBAIKAN |
|
ADA |
TDK |
|||
|
pengembangan satuan
pendidikan dan masukan pemangku kepentingan. |
|
|
|
DAFTAR PUSTAKA |
|
|
|
|
|
Berisi
regulasi dan seluruh panduan kurikulum
merdeka yang ditulis sesuai kaidah penulisan. |
|
|
|
LAMPIRAN |
|
|
|
|
|
Lampiran ini dapat berupa file atau link dalam google drive atau website atau dapat berupa contoh untuk mapel tertentu. |
|
|
|
1. |
Kalender Akademik |
|
|
|
2. |
Capaian Pembelajaran |
|
|
|
3. |
Alur Tujuan Pembelajaran |
|
|
|
4. |
Modul Ajar/RPP |
|
|
|
5. |
Modul P5 |
|
|
|
6. |
Jadwal Pelajaran |
|
|
|
7. |
Dokumen foto dan daftar hadir
workshop penyusunan KSP |
|
|
|
Rekomendasi:
Ciamis,.................................... 2024
Pengawas Sekolah
No comments:
Post a Comment