Laporan Hasil Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah (sambungan)
BAB IV
HASIL PELAKSANAAN PEMBINAAN
GURU DAN KEPALA SEKOLAH
A. Hasil Pelaksanaan Pembinaan Guru
No |
Materi
Pembinaan |
Tujuan
dan Sasaran |
Indikator
Keberhasilan |
Strategi/ Metode/ Teknik |
Skenario
Pembinaan |
Sumber Daya |
Penilaian
dan Instrumen |
RTL |
1 |
Program
Perencanaan
Pembelajaran
|
Tujuan:
Guru memiliki
kemampuan menyusun Perencanaan
Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013 Sasaran:
85
guru |
100 %
peserta mampu menyusun Perencanaan
Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013 |
FGD Metode studi dokumenter |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Membedah dan mervisi RPP sesuai
dengan kebutuhan tahun 2019/2020 Penutup: Menyusun RPP |
ATK, Laptop, LCD, |
Instrumen
Penilaian RPP |
Menyusun
jadwal kegiatan Penyusunan RPP bersama sama pada KKG |
2 |
Pelaksanaan
Pembelajaran |
Tujuan:
Guru memiliki kemampuan melaksanakan Pembelalajaran
seuai Kurikulum 2013 Sasaran:
85
guru |
100 %
peserta mampu melaksanakan
Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013 |
FGD Metode
studi dokumenter dan observasi |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Membahas tentang Pelaksanaan
Pembelajaran Kurikulum 2013 sesuai kebutuhan tahun pelajaran 2019/2020 Penutup:
Kesimpulan dan Refleksi |
ATK, Laptop, LCD, Permendikbud Standar Proses |
Instrumen
Penilaian Pelaksanaan pembelajaran |
Menyusun
jadwal kegiatan Penyusunan RPP bersama sama pada KKG |
3 |
Pelaksanaan
Penilaian
Hasil Pembelajaran
|
Tujuan:
Guru mampu menyusun instrumen dan melaksanakan
penilaian Kurikulum 2013 Sasaran:
85
guru |
100 %
peserta mampu menyusun instrumen dan
melaksanakan penilaian Kurikulum 2013 |
FGD Metode
studi dokumenter |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Membahas tentang penilaian
Kurikulum 2013 sesuai kebutuhan tahun 2019/2020 Penutup:
Kesimpulan dan Refleksi |
ATK, Laptop, LCD, Permendikbud Standar Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Menyusun
jadwal kegiatan Penyusunan RPP bersama sama pada KKG |
4 |
Pelaksanaan
Pembinaan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran
Siswa dan Tugas lainnya |
Tujuan:
Guru memiliki kemampuan menyusun program dan
melaksanakan pelatihan siswa dan tugas Sasaran:
85
guru |
100 %
peserta mampu menyusun instrumen dan
melaksanakan penilaian Kurikulum 2013 |
FGD Metode
studi dokumenter |
Kegiatan Awal: Menjelaskan tujuan pembinaan Kegiatan Inti: Membahas tentang tindak lanjut
hasil penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 sesuai kebutuhan tahun 2019/2020 Penutup:
Kesimpulan dan Refleksi |
ATK, Laptop, LCD, Permendikbud Standar Penilaian |
Instrumen
Penilaian |
Menyusun
jadwal kegiatan Pembinaan Lanjutan |
5 |
Kompetensi Keprbadian |
Guru memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai dengan
ketentuan |
100 % memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai
dengan ketentuan |
Observasi Tanya Jawab |
Kegiatan Awal: Menjelaskan tujuan pembinaan Kegiatan Inti: Membahas tentang kompetensi
Kepribadian yang harus dimiliki guru Penutup:
Kesimpulan dan Refleksi |
ATK, Laptop, LCD, PermenPAN Tentang Standar Kompetensi Guru |
Instrumen |
Menyusun
jadwal kegiatan Pembinaan Lanjutan |
6 |
Kompetensi Sosial |
Guru memiliki Kompetensi Sosial sesuai dengan
ketentuan |
100 % peserta Memiliki kompetensi Sosial
sesuai dengan ketentuan |
Observasi Tanya Jawab |
Kegiatan Awal: Menjelaskan tujuan pembinaan Kegiatan Inti: Membahas tentang kompetensi
Sosial bagi guru Penutup: Kesimpulan dan Refleksi |
ATK, Laptop, LCD, PermenPAN Tentang Standar Kompetensi Guru |
Instrumen |
Menyusun
jadwal kegiatan Pembinaan Lanjutan |
B.
Hasil
Pelaksanaan Pembinaan Kepala Sekolah
No |
Materi
Pembinaan |
Tujuan
dan Sasaran |
Indikator
Keberhasilan |
Strategi/ Metode/ Teknik |
Skenario
Pembinaan |
Sumber Daya |
Penilaian
dan Instrumen |
RTL |
1 |
Menyusun
Program
Kerja Sekolah |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan menyusun Program Kerja Sekolah Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu menyusun Program Kerja Sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Koordinasi dengan kepala sekolah dan
Ketua KKKS Kegiatan Inti: Diklat merancang menyusun Program Kerja
Sekolah Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah |
Instrumen
penyusunan program kerja
sekolah |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
2 |
Pelaksanaan
Program
Kerja Sekolah |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan melaksanakan Program Kerja
Sekolah Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu menyusun Program Kerja Sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat tentang pelaksanaan Program Kerja Sekolah Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah |
Instrumen
pelaksanaan program kerja
sekolah |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
3 |
Menyusun
Program
Pengawasan dan Evaluasi |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan menyusun Program pengawasan dan Evaluasi Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu menyusun Program pengwasan dan evaluasi |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat merancang /menyusun Program pengawasan dan Evaluasi Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah |
Instrumen
pengawasan dan evaluasi |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
4 |
Kepemimpinan
Sekolah |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan melaksanakan kepemimpinan
Sekolah Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu melaksanakan kepemimpinan Sekolah Sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat membahas tentang kepemimpinan
kepala sekolah Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah |
Instrumen
penilaian kepemimpinan kepala
sekolah |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
5 |
Sistem
Informasi
Manajemen |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan mengelola informasi Manajemen Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu menyusun Program mengelola informasi Manajemen sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat merancang /menyusun Program pengelolaan informasi manajemen Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah |
Instrumen
pengawasan dan evaluasi |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
6 |
Pembinaan
PTK/PTS |
Tujuan:
Guru
memiliki kemampuan menyu -sun
KTI dalam bentuk PTS Sasaran:
39
guru |
75%
peserta pelatihan dapat
menyusun KTI dalam bentuk PTK |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat merancang /menyusun KTI dalam bentuk PTS Penutup: Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, |
Instrumen
proposal dan laporan
PTS |
Menyusun
jadwal kegiatan pelaksanaan
PTS |
7 |
Penyusunan
RKAS
dengan SNP |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan Menyusun RKAS dan pemenuhan 8
SNP Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % peserta pelatihan Mampu menyusun Menyusun RKAS dan pemenuhan 8
SNP sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat merancang /menyusun Menyusun RKAS dan pemenuhan 8
SNP Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah Buku Juknis BOS |
Instrumen
Menyusun RKAS dan pemenuhan 8
SNP |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
8 |
Akreditasi
Sekolah |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki kemampuan menyiapkan perangkat yang harus
dipenuhi dalam pelaksanaa Akreditasi Sekolah Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
80 % peserta pelatihan Mampu menyiapkan perangkat yang harus dipenuhi dalam
pelaksanaa Akreditasi Sekolah |
FGD Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Diklat merancang /menyusun menyiapkan perangkat yang
harus dipenuhi dalam pelaksanaa Akreditasi Sekolah Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah Juknis Akreditasi |
Instrumen
penilaian perangkat akreditasi
sekolah |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
9 |
Kompetensi Kepribadian |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai
dengan ketentuan Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % Kepala sekolah faham dan memilili
kompetensi kepribadian dalam melaksanakan tuas sehari-hari |
Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan Inti: Membahas kompetensi kepribadian yang harus dimiliki
Kepala Sekolah Penutup:
Membuat
simpulan |
ATK, Laptop, LCD, Buku Kerja Kepala Sekolah Permen PAN RB |
Instrumen
pengukuran Kompetensi Kepala
sekolah |
Menyusun
jadwal kegiatan berikutnya |
10 |
Kompetensi Sosial |
Tujuan:
Kepala
Sekolah memiliki Kompetensi Sosial sesuai dengan
ketentuan Sasaran:
9
Kepala Sekolah |
100 % Kepala sekolah faham dan memilili
kompetensi Sosial dalam melaksanakan tuas sehari-hari |
Metode
Delphi Pembinaan berkelanjutan |
Pendahuluan: Salam Menjelaskan tujuan pembinaan Tanya Jawab Kegiatan
Inti: Membahas kompetensi sosial yang harus dimiliki
Kepala Sekolah Penutup: Membuat
simpulan |
Kepala Sekolah Permen PAN RB |
Instrumen
pengukuran Kompetensi Kepala
sekolah |
|
No comments:
Post a Comment