torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Thursday, 18 February 2021

Laporan Hasil Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah (sambungan)

 Laporan Hasil Pembinaan Guru dan Kepala Sekolah  (sambungan)





BAB IV

HASIL PELAKSANAAN PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

A.   Hasil Pelaksanaan Pembinaan Guru

 

No

Materi Pembinaan

Tujuan dan

Sasaran

Indikator Keberhasilan

Strategi/

Metode/

Teknik

Skenario Pembinaan

Sumber

Daya

Penilaian dan

Instrumen

RTL

1

Program

Perencanaan

Pembelajaran

Tujuan:

Guru  memiliki kemampuan  menyusun Perencanaan Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013

Sasaran:

85 guru

 

100 % peserta mampu menyusun Perencanaan Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013

 

 

FGD

Metode studi dokumenter

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Membedah dan mervisi RPP sesuai dengan kebutuhan tahun 2019/2020  Penutup:

Menyusun RPP

ATK, Laptop,

LCD,

Instrumen Penilaian RPP

 

Menyusun jadwal kegiatan

Penyusunan RPP bersama sama pada KKG

2

Pelaksanaan Pembelajaran

Tujuan:

Guru memiliki kemampuan melaksanakan Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013

Sasaran:

85 guru

 

100 % peserta mampu melaksanakan Pembelalajaran seuai Kurikulum 2013

 

FGD

Metode studi dokumenter dan observasi

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Membahas tentang Pelaksanaan Pembelajaran  Kurikulum 2013  sesuai kebutuhan tahun pelajaran 2019/2020

Penutup:

Kesimpulan dan Refleksi

ATK, Laptop,

LCD,

Permendikbud Standar Proses

Instrumen Penilaian Pelaksanaan pembelajaran

 

Menyusun jadwal kegiatan

Penyusunan RPP bersama sama pada KKG

3

Pelaksanaan

Penilaian Hasil

Pembelajaran

Tujuan:

Guru mampu menyusun instrumen dan melaksanakan penilaian Kurikulum 2013

Sasaran:

85 guru

 

100 % peserta mampu menyusun instrumen dan melaksanakan penilaian Kurikulum 2013

FGD

Metode studi dokumenter

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Membahas tentang penilaian Kurikulum 2013 sesuai kebutuhan tahun 2019/2020

Penutup:

Kesimpulan dan Refleksi

ATK, Laptop,

LCD,

Permendikbud Standar Penilaian

Instrumen Penilaian

 

Menyusun jadwal kegiatan

Penyusunan RPP bersama sama pada KKG

4

Pelaksanaan Pembinaan tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran Siswa dan Tugas lainnya

Tujuan:

Guru memiliki kemampuan menyusun program dan melaksanakan pelatihan siswa dan tugas

Sasaran:

85 guru

 

100 % peserta mampu menyusun instrumen dan melaksanakan penilaian Kurikulum 2013

FGD

Metode studi dokumenter

Kegiatan Awal:

Menjelaskan tujuan pembinaan

Kegiatan Inti:

Membahas tentang tindak lanjut hasil penilaian pembelajaran Kurikulum 2013 sesuai kebutuhan tahun 2019/2020

Penutup:

Kesimpulan dan Refleksi

 

ATK, Laptop,

LCD,

Permendikbud Standar Penilaian

Instrumen Penilaian

 

Menyusun jadwal kegiatan

Pembinaan Lanjutan

5

Kompetensi Keprbadian

Guru memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai dengan ketentuan

100 %  memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai dengan ketentuan

Observasi

Tanya Jawab

Kegiatan Awal:

Menjelaskan tujuan pembinaan

Kegiatan Inti:

Membahas tentang kompetensi Kepribadian yang harus dimiliki guru

Penutup:

Kesimpulan dan Refleksi

 

ATK, Laptop,

LCD,

PermenPAN

Tentang Standar Kompetensi Guru

Instrumen

Menyusun jadwal kegiatan

Pembinaan Lanjutan

6

Kompetensi Sosial

Guru memiliki Kompetensi Sosial sesuai dengan ketentuan

100 % peserta Memiliki kompetensi Sosial sesuai dengan ketentuan

Observasi

Tanya Jawab

Kegiatan Awal:

Menjelaskan tujuan pembinaan Kegiatan Inti:

Membahas tentang kompetensi Sosial bagi guru

Penutup:

Kesimpulan dan Refleksi

 

ATK, Laptop,

LCD,

PermenPAN

Tentang Standar Kompetensi Guru

Instrumen

Menyusun jadwal kegiatan

Pembinaan Lanjutan

B.   Hasil Pelaksanaan Pembinaan Kepala Sekolah

No

Materi Pembinaan

Tujuan dan

Sasaran

Indikator Keberhasilan

Strategi/

Metode/

Teknik

Skenario Pembinaan

Sumber

Daya

Penilaian dan

Instrumen

RTL

1

Menyusun

Program Kerja Sekolah

 

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan menyusun  Program Kerja Sekolah 

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

100 % peserta pelatihan

Mampu menyusun  Program Kerja Sekolah 

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Koordinasi dengan kepala sekolah dan Ketua KKKS 

Kegiatan Inti:

Diklat merancang menyusun  Program Kerja Sekolah 

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Instrumen penyusunan program kerja sekolah

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

2

Pelaksanaan

Program Kerja Sekolah

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan melaksanakan  Program Kerja Sekolah 

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % peserta pelatihan

Mampu menyusun  Program Kerja Sekolah 

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat tentang pelaksanaan  Program Kerja Sekolah 

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Instrumen pelaksanaan program kerja sekolah

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

3

Menyusun

Program Pengawasan dan Evaluasi

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan menyusun  Program pengawasan dan Evaluasi

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % peserta pelatihan

Mampu menyusun  Program pengwasan dan evaluasi 

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat merancang /menyusun  Program pengawasan dan Evaluasi

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Instrumen pengawasan dan evaluasi

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

4

Kepemimpinan Sekolah

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan melaksanakan kepemimpinan Sekolah 

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % peserta pelatihan

Mampu melaksanakan kepemimpinan Sekolah  Sekolah 

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat membahas tentang kepemimpinan kepala sekolah 

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Instrumen penilaian kepemimpinan kepala sekolah

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

5

Sistem

Informasi

Manajemen

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan mengelola informasi Manajemen

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % peserta pelatihan

Mampu menyusun  Program mengelola informasi Manajemen

sekolah

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat merancang /menyusun  Program pengelolaan informasi manajemen

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Instrumen pengawasan dan evaluasi

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

6

Pembinaan PTK/PTS

Tujuan:

Guru memiliki kemampuan menyu

-sun KTI dalam bentuk

PTS 

Sasaran:

39 guru

 

75% peserta pelatihan

dapat

 menyusun KTI dalam bentuk PTK

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat merancang /menyusun KTI dalam bentuk PTS Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Instrumen proposal dan

laporan

PTS

Menyusun jadwal kegiatan

pelaksanaan

PTS

7

Penyusunan

RKAS dengan

SNP

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan Menyusun RKAS dan pemenuhan 8 SNP

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % peserta pelatihan

Mampu menyusun  Menyusun RKAS dan pemenuhan 8 SNP

 

sekolah

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat merancang /menyusun  Menyusun RKAS dan pemenuhan 8 SNP

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Buku Juknis BOS

Instrumen Menyusun RKAS dan pemenuhan 8 SNP

 

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

8

Akreditasi Sekolah

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki kemampuan menyiapkan perangkat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaa Akreditasi Sekolah

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

80 % peserta pelatihan

Mampu menyiapkan perangkat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaa Akreditasi Sekolah

 

FGD

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Diklat merancang /menyusun  menyiapkan perangkat yang harus dipenuhi dalam pelaksanaa Akreditasi Sekolah

Penutup:

Membuat simpulan

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Juknis Akreditasi

Instrumen penilaian perangkat akreditasi sekolah

 

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

9

Kompetensi Kepribadian

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki Kompetensi Kepribadian sesuai dengan ketentuan

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % Kepala sekolah faham dan memilili kompetensi kepribadian dalam melaksanakan tuas sehari-hari

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Membahas kompetensi kepribadian yang harus dimiliki Kepala Sekolah

Penutup:

Membuat simpulan

 

ATK, Laptop,

LCD,

Buku Kerja Kepala Sekolah

Permen

PAN RB

Instrumen pengukuran Kompetensi Kepala sekolah

 

Menyusun jadwal kegiatan

berikutnya

10

Kompetensi Sosial

Tujuan:

Kepala Sekolah memiliki Kompetensi Sosial sesuai dengan ketentuan

 

Sasaran:

9 Kepala Sekolah

 

100 % Kepala sekolah faham dan memilili kompetensi Sosial dalam melaksanakan tuas sehari-hari

Metode Delphi Pembinaan berkelanjutan

Pendahuluan:

Salam

Menjelaskan tujuan pembinaan

Tanya Jawab

Kegiatan Inti:

Membahas kompetensi sosial yang harus dimiliki Kepala Sekolah

Penutup:

Membuat simpulan

 

 

Kepala Sekolah

Permen

PAN RB

Instrumen pengukuran Kompetensi Kepala sekolah

 

 

 

 (bersambung)

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan