torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 14 August 2024

PENGELOLAAN KINERJA

PENGELOLAAN KINERJA

Siklus Pengelolaan Praktik Kinerja Guru dan KS


Pengelolaan praktik kinerja adalah upaya mendukung pegawai melakukan peningkatan kinerja pada 1 indikator kinerja pilihan melalui Siklus Peningkatan Kinerja yang terdiri dari

  1. Diskusi Persiapan: Upaya merumuskan fokus perilaku, upaya mempelajari dan jadwal observasi kinerja. 

  2. Observasi Kinerja: Observasi yang bertujuan menentukan batas dasar kinerja (baseline) sebelum melakukan upaya peningkatan kinerja. Observasi kinerja bukan untuk melakukan penilaian.

  3. Diskusi Tindak Lanjut: Upaya merefleksikan hasil observasi kinerja, upaya tindak lanjut yang akan dilakukan dan kebutuhan dukungan untuk peningkatan kinerja.

  4. Upaya Tindak Lanjut: Upaya melakukan pengembangan kompetensi yang dibutuhkan untuk peningkatan kinerja. 

  5. Refleksi Tindak Lanjut: Upaya merefleksikan tindak lanjut termasuk identifikasi capaian, tantangan dan rencana perbaikan.




8 Pilihan Indikator Praktik Kinerja 

Guru

1. Keteraturan Suasana Kelas
2. Penerapan Disiplin Positif
3. Umpan Balik Konstruktif
4. Perhatian dan Kepedulian
5. Ekspektasi pada Peserta Didik
6. Aktivitas Interaktif
7. Instruksi yang Adaptif
8. Instruksi Pembelajaran

8 Pilihan Indikator Praktik Kinerja 

Kepala Sekolah


1. Komunikasi visi-misi satuan pendidikan

2. Presentasi program sekolah 
3. Menceritakan praktik baik kepemimpinan
4. Memandu perencanaan pembelajaran
5. Refleksi pengelolaan kurikulum satuan pendidikan
6. ktivasi kegiatan komunitas belajar
7. Siklus peningkatan kualitas praktik pembelajaran
8. Refleksi program pengembangan kompetensi guru


Aspek Perilaku Kerja 

Guru dan Kepala Sekolah


  1. Berorientasi pada Pelayanan: Bagaimana pegawai memahami dan memenuhi kebutuhan peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat? Apakah pegawai ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan untuk memberikan pelayanan? Apakah pegawai terus melakukan perbaikan untuk meningkatkan pelayanannya?

  2. Akuntabel: Apakah pegawai melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, disiplin, dan berintegritas tinggi? Apakah pegawai menggunakan sumber daya yang ada secara bertanggung jawab, efektif, dan efisien? Apakah pegawai melaksanakan tugasnya sesuai kewenangan?

  3. Kompeten: Apakah pegawai berupaya meningkatkan kompetensinya? Apakah pegawai membantu peserta didik dan rekan sejawat untuk belajar? Apakah pegawai melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik?

  4. Harmonis: Apakah pegawai menghargai setiap orang? Apakah pegawai suka menolong orang lain? Apakah pegawai membangun lingkungan kerja yang kondusif?

  5. Loyal: Apakah pegawai mematuhi ketentuan peraturan yang berlaku? Apakah pegawai memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan kinerja satuan pendidikan? Apakah pegawai menjaga nama baik satuan pendidikan?

  6. Adaptif: Apakah pegawai cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan? Apakah pegawai terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas? Apakah pegawai bertindak secara proaktif?

  7. Kolaboratif: Apakah pegawai memberi kesempatan kepada peserta didik, rekan sejawat, dan masyarakat untuk berkontribusi? Apakah pegawai  terbuka dalam bekerja sama untuk meningkatkan kualitas pembelajaran? Apakah pegawai mampu dan mau memanfaatkan sumberdaya untuk tujuan satuan pendidikan?



Panduan Pengelolaan Kinerja di PMM Klik Di Sini


Salam sehat dan tetap semangat !

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan