LAPORAN
PELAKSANAAN
PESERTA
COACHING / MENTORING
PENGEMBANGAN
KOMPETENSI GURU
Nama
Guru : …
NIP
/ NRG/ NIY : …
Satuan
Pendidikan : SD …
Pelaksanaan
Hari
/ Tanggal / Pukul : Pertemuan 1. Jum’at / 19 Januari 2024
/ 08.00 s.d 14.00 WIB
Pertemuan 2. Selasa / 23 Januari 2024 / 13.00 – 15.00
Materi
Coaching / Mentoring : Kriteria
Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum
Merdeka
Rencana
Hasil Kerja (RHK) : Meningkatnya
kompetensi melalui peran sebagai Peserta coaching atau mentoring pengembangan
kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah
Coach
/ Mentor : …
Jabatan : …
Instansi
: …
PERTEMUAN 1
Hari
/ Tanggal : Jum’at / 19 Januari 2024
Pukul : 08.00 s.d 14.00 WIB
Tempat : SD …
No |
Kegiatan |
Uraian |
Catatan
/ Hasil Kegiatan |
1 |
Menetapkan
Tujuan |
Pada tahap ini coach/mentor
bersama peserta menyepakati tujuan coaching / mentoring yang akan dilaksanakan. Hal-hal yang dapat
ditanyakan adalah rencana pertemuan, tujuan dari pertemuan, dan ukuran
keberhasilan dari pertemuan yang akan dilaksanakan terkait kegiatan coaching/mentoring. |
Tujuan : Peserta coach/mentor memahami dan dapat menyusun Kriteria
Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada
Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu Rencana
Pertemuan Pertemuen
1.
Jum’at / 19 Januari 2024 Pukul :
08.00 s.d 14.00 WIB 2.
Selasa / 23 Januari 2024 Pukul :
13.00 – 15.00 Indikator
Keberhasilan: Peserta dapat menyusun
Kriteria
Ketuntasan Capaian Tujuan Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran
di ampu, minimal 1 mapel 1 tingkat. |
2 |
Identifikasi |
Pada tahap ini coach/mentor
melakukan penggalian dan pemetaan terhadap situasi yang sedang dibicarakan
dan dihubungkan pada hal-hal yang nyata atau fakta yang ada pada saat coaching / mentoring berlangsung. Peserta
coaching / mentoring mengemukakan kekuatan
dan kelemahannya dan mampu mengambil solusi jalan pemecahannya. |
Situasi
/ fakta , Kekuatan/ Kelemahan dan solusi : Dalam
melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka, tidak lagi
ada KKM / KBM. Namun ada yang disebut dengan Kriteria Ketuntasan Capaian
Pembelajaran. Telah
membaca materi pedoman pelaksanaan pembelajaran dan assessment IKM, namun
belum faham dalam pelaksanaan penyusunan nya untuk mata pelajaran yang diampu |
3 |
Rencana Aksi |
Rencana aksi yang dimaksud adalah kegiatan atau rencana yang
akan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Hal-hal
yang mungkin dapat disampaikan kepada coach adalah pernyataan yang
menyangkut rencana dan strategi. |
Rencana aksi: 1.
Jum’at / 19 Januari 2024 Pukul :
08.00 s.d 14.00 WIB -
Menyusun rencana -
Menyusun tujuan -
Mengidentifikasi materi -
Menyusun rencana aksi -
Diskusi materi dan pembimbingan penyusunan
Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran. 2.
Kerja Mandiri 20 – 22 Januari
2024 Peserta menyusun Peserta menyusun Kriteria
Ketuntasan Belajar pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu,
minimal 1 mapel 1 tingkat 3.
Selasa / 23 Januari 2024 Pukul :
13.00 – 15.00 -
Peserta memaparkan/presentasi Kriteria Ketuntasan
Capaian Pembelajaran yang telah disusun -
Peserta dan coach/mentor berdiskusi dan melakukan perbaikan jika ada -
Coach/mentor memastikan
peserta telah mencapai indicator kinerja yang diharapkan dan diberikan rekomendasi
untuk memperoleh sertifikat/ surat keterangan telah mengikuti
coaching/mentoring dengan baik. |
4 |
Diskusi
materi dan pembimbingan |
Dilakukan
diskusi dan pembimbingan dalam penyusunan Kriteria Ketuntasan Capaian
Pembelajaran pada peserta |
Sumber materi
: 1.
Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak
Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah ; 2022; Badan Standar, Kurikulum,
Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan
Teknologi Republik Indonesia 2.
Materi dari coach/mentor |
5 |
Tanggung Jawab |
Pada tahap akhir, coach/mentor dan peserta membuat komitmen atas hasil yang
dicapai untuk mengambil dan menentukan langkah selanjutnya.
Pertanggungjawaban coachee dilakukan terhadap rencana aksi atau
komitmennya. |
Disepakati: 1.
Dilaksanakan Kerja Mandiri 20 – 22
Janusri 2024 Peserta menyusun Peserta menyusun Kriteria Ketuntasan Belajar pada
Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu, minimal 1 mapel 1 tingkat 2.
Selasa / 23 Januari 2024 Pukul :
13.00 – 15.00 -
Peserta memaparkan/presentasi Kriteria Ketuntasan
Capaian Pembelajaran yang telah disusun -
Peserta dan coach/mentor berdiskusi |
Hari
/ Tanggal : Selasa / 23 Januari 2024
Pukul : 13.00 – 15.00 WIB
Tempat : SMK …
No |
Kegiatan |
Uraian |
Catatan
/ Hasil Kegiatan |
1 |
Presentasi |
Peserta memaparkan hasil kerja mandiri |
Hasil
kerja peserta terlampir |
2 |
Diskusi |
Coach/mentor dan peserta
mendiskusikan paparan peserta dan memberi masukan untuk perbaikan |
Hasil
diskusi terlampir dalam notulen diskusi |
3 |
Tindak Lanjut |
Coach/mentor dan peserta membuat rencana tindaklanjut |
Rencana tindaklanjut
terlampir |
……………………..,
………………..2024
Coach/
Mentor Peserta
………………………. …………………….
NIP. NIP.
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………………………
NIP.
…
Lampiran:
1.
Surat
tugas pelaksanaan couching/mentorting
2.
Foto
kegiatan
3.
Hasil
kerja peserta
4.
Notulen
diskusi
5.
Rencana tindaklanjut
6.
Daftar hadir
7.
Sertifikat (diterbitkan
ditandatangani kepala sekolah)
RENCANA TINDAK LANJUT
COACHING
/ MENTORING
PENGEMBANGAN
KOMPETENSI GURU
Nama
Guru : …
NIP
/ NRG/ NIY : …
Satuan
Pendidikan : SMK …
Pelaksanaan
Hari
/ Tanggal / Pukul : Pertemuen
1. Jum’at / 19 Januari 2024 / 08.00 s.d 14.00 WIB
Pertemuen 2. Selasa / 23 Januari 2024 / 13.00 – 15.00
Materi
Coaching / Mentoring : Kriteria
Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum
Merdeka
Rencana
Hasil Kerja (RHK) : Meningkatnya
kompetensi melalui peran sebagai Peserta coaching atau mentoring pengembangan
kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah
NO |
KEGIATAN |
TUJUAN |
SASARAN |
WAKTU |
HASIL/KELUARAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
……………………..,
………………..2024
Coach/
Mentor Peserta
………………………. …………………….
NIP. NIP.
Mengetahui
Kepala Sekolah
………………………………
NIP.
…
Kita diberi telinga DUA untuk membantu menentukan sikap setelah mendengar dari arah KIRI dan KANAN
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]
Namun demikian tetap jangan lupa (saling mengingatkan) “Apabila hidupmu terasa hampa dan tidak teratur, maka mulailah dengan memperbaiki cara shalatmu dan waktu shalatmu”
Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI
Toko Online : tokopedia cemerlang 125
informasi pendidikan dan hiburan https://ujugunawan.blogspot.com/
Konsultasi Laporan PTK, PTS, Adm Pembelajaran Konsultasi dan pemesanan Administrasi Pembelajaran Klik chat WA
Begitu Indah KLIK DI SINI
Tokopedia Uju Gunawan KLIK DI SINI
Lazada Uju Gunawan KLIK DI SINI
No comments:
Post a Comment