torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Saturday, 27 January 2024

LAPORAN PELAKSANAAN PESERTA COACHING

 

LAPORAN PELAKSANAAN

PESERTA COACHING / MENTORING

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU

 

 




Nama Guru                      : …

NIP / NRG/ NIY            : …

Satuan Pendidikan          : SD …

 

Pelaksanaan

Hari / Tanggal / Pukul             : Pertemuan 1. Jum’at / 19 Januari 2024 / 08.00 s.d 14.00 WIB

                                                              Pertemuan 2. Selasa /  23 Januari 2024 / 13.00 – 15.00

 

Materi Coaching / Mentoring  : Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum

                                                   Merdeka

Rencana Hasil Kerja (RHK)  : Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta coaching atau mentoring pengembangan kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah

 

Coach / Mentor                      : …

Jabatan                                   : …

Instansi                                   : …

 

 







PERTEMUAN 1

 

Hari / Tanggal      : Jum’at / 19 Januari 2024

Pukul                   : 08.00 s.d 14.00 WIB

Tempat                : SD …

 

No

Kegiatan

Uraian

Catatan / Hasil Kegiatan

1

Menetapkan Tujuan

Pada tahap ini coach/mentor bersama peserta menyepakati tujuan coaching / mentoring        yang akan dilaksanakan.

 

Hal-hal yang dapat ditanyakan adalah rencana pertemuan, tujuan dari pertemuan, dan ukuran keberhasilan dari pertemuan yang akan dilaksanakan terkait kegiatan coaching/mentoring.

 

Tujuan :

Peserta coach/mentor memahami dan dapat menyusun Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran  pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu

 

Rencana Pertemuan

Pertemuen

1. Jum’at / 19 Januari 2024

   Pukul :  08.00 s.d 14.00 WIB

2. Selasa /  23 Januari 2024

    Pukul :  13.00 – 15.00

 

Indikator Keberhasilan:

Peserta dapat menyusun Kriteria Ketuntasan Capaian Tujuan Pembelajaran  pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu, minimal 1 mapel 1 tingkat.

2

Identifikasi

 

Pada tahap ini coach/mentor melakukan penggalian dan pemetaan terhadap situasi yang sedang dibicarakan dan dihubungkan pada hal-hal yang nyata atau fakta yang ada pada saat  coaching / mentoring   berlangsung.

 

Peserta coaching / mentoring mengemukakan kekuatan dan kelemahannya dan mampu mengambil solusi jalan pemecahannya.

 

Situasi / fakta , Kekuatan/ Kelemahan dan solusi :

 

Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan kurikulum merdeka, tidak lagi ada KKM / KBM. Namun ada yang disebut dengan Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran.

 

Telah membaca materi pedoman pelaksanaan pembelajaran dan assessment IKM, namun belum faham dalam pelaksanaan penyusunan nya untuk mata pelajaran yang diampu

3

Rencana Aksi

Rencana aksi yang dimaksud adalah kegiatan atau rencana yang akan dilakukan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Hal-hal yang mungkin dapat disampaikan kepada coach adalah pernyataan yang menyangkut rencana dan strategi.

 

Rencana aksi:

1. Jum’at / 19 Januari 2024

   Pukul :  08.00 s.d 14.00 WIB

-          Menyusun rencana

-          Menyusun tujuan

-          Mengidentifikasi materi

-          Menyusun rencana aksi

-          Diskusi materi dan pembimbingan penyusunan Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran.

2. Kerja Mandiri

20 – 22 Januari 2024 Peserta menyusun Peserta menyusun Kriteria Ketuntasan Belajar pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu, minimal 1 mapel 1 tingkat

 

3. Selasa /  23 Januari 2024

    Pukul :  13.00 – 15.00

-          Peserta memaparkan/presentasi Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran yang telah disusun

-          Peserta dan coach/mentor berdiskusi dan melakukan perbaikan jika ada

-          Coach/mentor  memastikan peserta telah mencapai indicator kinerja yang diharapkan dan diberikan rekomendasi untuk memperoleh sertifikat/ surat keterangan telah mengikuti coaching/mentoring dengan baik.

4

Diskusi materi dan pembimbingan

Dilakukan diskusi dan pembimbingan dalam penyusunan Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada peserta

Sumber materi :

1.      Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah ; 2022; Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia

2.      Materi dari coach/mentor

5

Tanggung Jawab

 

Pada tahap akhir, coach/mentor dan peserta membuat komitmen atas hasil yang dicapai untuk mengambil dan menentukan langkah selanjutnya. Pertanggungjawaban coachee dilakukan terhadap rencana aksi atau komitmennya.

 

Disepakati:

1.      Dilaksanakan Kerja Mandiri

20 – 22 Janusri 2024 Peserta menyusun Peserta menyusun Kriteria Ketuntasan Belajar pada Kurikulum Merdeka sesuai mata pelajaran di ampu, minimal 1 mapel 1 tingkat

 

2. Selasa /  23 Januari 2024

    Pukul :  13.00 – 15.00

-          Peserta memaparkan/presentasi Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran yang telah disusun

-          Peserta dan coach/mentor berdiskusi  

 

 

Hari / Tanggal      : Selasa /  23 Januari 2024

Pukul                   : 13.00 – 15.00 WIB

Tempat                : SMK …

 

No

Kegiatan

Uraian

Catatan / Hasil Kegiatan

1

Presentasi

Peserta memaparkan hasil kerja mandiri

 

Hasil kerja peserta terlampir

2

Diskusi

Coach/mentor dan peserta  mendiskusikan paparan peserta dan memberi masukan untuk perbaikan

 

Hasil diskusi terlampir dalam notulen diskusi

3

Tindak Lanjut

Coach/mentor dan peserta membuat rencana tindaklanjut

 

Rencana tindaklanjut terlampir

 

 

…………………….., ………………..2024

 

Coach/ Mentor                                                                             Peserta

 

 

 

……………………….                                                                …………………….

NIP.                                                                                             NIP.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

………………………………

NIP. …

 

Lampiran:

1.      Surat tugas pelaksanaan couching/mentorting

2.      Foto kegiatan

3.      Hasil kerja peserta

4.      Notulen diskusi

5.      Rencana tindaklanjut  

6.      Daftar hadir

7.      Sertifikat (diterbitkan ditandatangani kepala sekolah)

 

 

 

 

 

RENCANA TINDAK LANJUT

COACHING / MENTORING

PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU

 

Nama Guru                      : …

NIP / NRG/ NIY            : …

Satuan Pendidikan          : SMK …

 

Pelaksanaan

Hari / Tanggal / Pukul             : Pertemuen 1. Jum’at / 19 Januari 2024 / 08.00 s.d 14.00 WIB

                                                              Pertemuen 2. Selasa /  23 Januari 2024 / 13.00 – 15.00

 

Materi Coaching / Mentoring  : Kriteria Ketuntasan Capaian Pembelajaran pada Kurikulum

                                                   Merdeka

Rencana Hasil Kerja (RHK)  : Meningkatnya kompetensi melalui peran sebagai Peserta coaching atau mentoring pengembangan kompetensi oleh Guru, Kepala Sekolah, dan/atau Pengawas Sekolah

 

NO

KEGIATAN

TUJUAN

SASARAN

WAKTU

HASIL/KELUARAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

…………………….., ………………..2024

 

Coach/ Mentor                                                                             Peserta

 

 

 

……………………….                                                                …………………….

NIP.                                                                                             NIP.

 

Mengetahui

Kepala Sekolah

 

 

 

………………………………

NIP. …

 

 

 Tanpa melibatkan RASA, pemahaman kemengertian hidup ini TUMPUL. 

Kita diberi telinga DUA untuk membantu menentukan sikap setelah mendengar dari arah KIRI dan KANAN


Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Namun demikian tetap jangan lupa (saling mengingatkan) Apabila hidupmu terasa hampa dan tidak teratur, maka mulailah dengan memperbaiki cara shalatmu dan waktu shalatmu”




Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI


Toko Online : tokopedia cemerlang 125

informasi pendidikan dan hiburan https://ujugunawan.blogspot.com/

Konsultasi Laporan PTK, PTS, Adm Pembelajaran Konsultasi dan pemesanan Administrasi Pembelajaran Klik chat WA



Begitu Indah KLIK DI SINI



Tokopedia Uju Gunawan KLIK DI SINI

Lazada Uju Gunawan KLIK DI SINI


No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan