PROGRAM KEPENGAWASAN
BAB III
PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN SEKOLAH
TAHUN 2021
A.
PROGRAM PEMBINAAN
GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH
NO |
PROGRAM |
MATERI |
TARGET YANG
DIHARAPKAN |
KETERANGAN |
1.
Supervisi Akademik |
||||
1 |
Pembinaan guru |
Penysunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran sesuai
kurikulum 2013 a. Prota dan
Prosem b. RPP c. KKM d. Agenda
Harian Guru |
Semua
guru (100%) mampu : a.
menyusun prota dan prosem dengan benar b.
menyusun RPP berdasarkan Kurikulum yang berlaku
secara benar. c.
menentukan KKM sesuai analisis. d.
membuat dan mengisi agenda harian KBM secara
tepat,Sesuai Kurikulum Krikulum 2013 |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Pelaksanaan
Pembelajaran Kegiatan awal Kegiatan Inti Kegiatan akhir Evaluasi Tindak lanjut |
Semua guru
(100%) mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan langkah – langkah sesuai
Kurikulum 2013. Kegiatan awal Kegiatan Inti,Kegiatan akhir,evaluasi Dan tindak lanjut |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Penilaian
Hasil Pembelajaran sesuai
Permendikbud No. 53 tahun 2015 |
Semua guru
(100%) mampu menggunakan teknik
penilaian sesuai Permendikbud No. 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil
Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan dengan benar. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Tindaklanjut hasil penilaian |
Semua guru (100%) mampu menindaklanjuti hasil penilaian
berupa perbaikan/pengayaan,remidial dan pembimbingan khusus |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2 |
Penilaian Kinerja Guru |
Pemahaman Instrumen Penilaian Kinerja Guru |
Semua guru ( 100%)
memahami Instrumen penilaian kinerja guru lengkap dengan manfaat dan
kegunaannya |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru |
Semua guru ( 100%)
memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja guru sesuai kompetensi yang
harus dimiliki |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
3 |
Pengembangan Keprofesian |
Tindak lanjut hasil Penilaian Kinerja Guru |
Semua guru ( 100%)
melaksanakan PKB sesuai kebutuhan masing- masing |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2.
Supervisi Manajerial |
||||
1 |
Pembinaan Kepala Sekolah |
Kompetensi kepribadian dan sosial a.
Berakhlak mulia
dan menjadi tauladan dalam ketaatan beribadah b.
Jujur dan
terbuka dalam melaksanakan tupoksi c.
Tidak
membeda-bedakan satatus sosial dalam urusan dinas maupun dalam pergaulan sehari-hari d.
Mengutamakan
kepentingan dan peduli terhadap kepentingan umum |
Semua kepala sekolah (100%) memiliki kompetensi kepribadian dan
Kompetensi sosial sesuai dengan ketentuan. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Kepemimpinan Pembelajaran a.
Menyusun dan
mengembangkan visi misi sekolah b.
Menciptakan
iklim sekolah yang kondusip sebagai organisasi pembelajar c.
Creatif dan
Inovatif dan bekrja keras untuk mencapai tujuan |
Kepala sekolah( 100%) mampu menjadi agen pembelajaran
bagi guru dan menjadi pemimpin dalam pembelajaran |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
NO |
PROGRAM |
MATERI |
TARGET YANG DIHARAPKAN |
KETERANGAN |
|
|
Pengembangan
Sekolah a.
Perencanaan
Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS b.
Sistem Informasi
Manajemen (SIM) c.
Evaluasi Diri
Sekolah (EDS) dan Akreditasi lalu Merefleksikan Hasil-Hasilnya dalam Upaya
Penjaminan |
Kepala sekolah( 100%) mampu Menyusun rencana
pengembangan sekolah |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Manajemen sumber daya a.
pengelolaan
program induksi guru pemula(PIGP) b.
pengelolaan PK
guru c.
pengelolaan PKB d.
pengelolaan kurikulum |
Kepala Sekolah (100%) mengelola Manajemen Sumber daya manusia dalam
program PIGP,PK guru,pelaksanaan PKB dan lainnya |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
Kewirausahaan a.
Inovasi
pengembangan program sekolah b.
Bekerja sama
dengan pihak lain c. Kegiatan melibatkan warga |
Kepala Sekolah (100%) mampu melaksanakan kewirausahaan dalam
mengembangkan dan mencapai tujuan sekolah secara maksimal |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
. |
Supervisi pembelajaran a.
Perencanaan
supervisi b.
Pelaksanaan
supervisi c.
Evaluasi Hasil
supervisi d.
Tindak lanjut hasil
supervisi |
Kepala Sekolah (100%) mampu melaksanakan supervisi
pembelajaran dari mulai perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan tindaklanjut
hasil supervisi. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
B.
PROGRAM PEMANTAUAN PELAKSANAAN 8 SNP
NO |
PROGRAM |
MATERI |
TARGET YANG DIHARAPKAN |
KETERANGAN |
1 |
Pemantauan 8 Standar Nasional
Pendidikan |
1.
Standar Isi a.
Buku 1
Kurikulum 2013 b.
Silabus mata
pelajaran muatan lokal c.
Kalender
Pendidikan d.
RPP e.
KKM/KBM |
Semua sekolah (100%) memiliki Buku 1, Silabus, RPP, kalender pendidikan, KKM
dan perangkat pembelajaran lainnya sesuai kurikulum 2013 melaksanakannya. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2.
Standar Proses a. Pelaksanaan
proses pembelajaran b. Penilaian
hasil belajar c. Supervisi
proses pembelajaran d. Evaluasi proses pembelajaran dan
tidak lanjut. |
Semua sekolah (100%) Melaksanakan proses pembelajaran,melaksanakan hasil
penilaian mengevaluasi dan menindaklanjutinya
sesuai acuan pada kurikulum
2013 |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
3.
Standar
Kompetensi Lulusan |
Semua sekolah (100%) memiliki Buku 1, Silabus, RPP, kalender pendidikandan
KKM kurikulum 2013 dan melaksanakannya |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
4.
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan a.
Mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya. b.
Menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya. c.
Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi
pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran. d.
Kemampuan manajerial kepala sekolah |
Pada setiap sekolah (100%) guru mengajar sesuai latar belakang
pendidikannya,kepala sekolah mampu memanaje sekolah dengan tepat,guru terus
meningkatkam kompetensinya melalui pelatihan dan pengembangan diri |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
5.
Standar Sarana dan Prasarana a. Memiliki
prasarana yang lengkap dan sesuai dengan ketentuan (jumlah, ukuran dan
sarana) b. Media pembelajaran c. Jaringan Internet d. Sarana peribadatan |
Semua sekolah (100%) memiliki sarana prasarana lengkap sesuai dengan ukuran dengan
ukuran,memiliki media pembelajaran baik cetak maupun berbasis IT,memiliki
sarana peribadatan |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
6.
Standar Pengelolaan a. Program
pengawasan b. Evaluasi
program kerja . c. Evaluasi
kinerja tendik. d. Struktur
kepemimpinan sesuai standar tendik e. SIM |
Semua sekolah (100%) melaksanakan pengelolaan dimulai dari perencanaan
Program pelaksanaan, evaluasi agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
7.
Standar Pembiayaan a.
Modal kerja sebesar yang tertuang dalam RKAS b.
Membayar gaji, insentif, transpor, dan tunjangan
lain ditendik untuk menunjang
pembelajaran. c.
Membelanjakan dana untuk kegiatan kesiswaan. d. Biaya
pengaaan alat tulis untuk pembelajaran. e. Biaya
pengadaan bahan dan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran. f. Biaya
kegiatan rapat. g. Biaya
transpor dan perjalanan dinas. |
Semua sekolah (100%) mengelola keungan sesuia yang tercatum pada RKS yang
telah disusun yang mengacu pada juknis BOS tahun 2021 dan membuat laporan
sesuai dengan ketentuan |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
8.
Standar Penilaian a. Mengembangkan
instrumen dan pedoman penilaian. b. Menggunakan
berbagai teknik penilaian. c. Mengolah/menganalisis
hasil penilaian. d. Mengembalikan
hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar. e. Memanfaatkan
hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran. f. Melaporkan
hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester |
Semua sekolah (100%) mengembangan instrumen dan pedoman penilaian dengan
menggunakan berbagai teknik,mengolah,menganalisis hasil penilaiaanyang
dimafaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran dan melaporkannya hasil
penilaian pada setiap semester |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
C.
PROGRAM PENILAIAN
KINERJA GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH
No |
PROGRAM |
MATERI |
TARGET YANG
DIHARAPKAN |
KETERANGAN |
1.
Penilian Kinerja Guru |
||||
1 |
Perencanaan Penilaian Kinerja
Guru |
Standar
Kompetensi Guru |
Semua guru (100%) memahami
secara benar Instrument PKG sesuai
kompetensi guru. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2 |
Pelaksanaan Penilaian
Kinerja Guru |
Menilai Kinerja Guru menggunakan Instrumen yang telah dibuat |
Semua Guru ( 100%) memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
3 |
Tindaklanjut hasil penilaian kinerja guru |
Melaksanakan PKB sesuai kebutuhan
masing-masing |
Semua Guru ( 100%) melaksanakan PKB |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2.
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah |
||||
|
Perencanaan Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah |
Standar
Kompetensi Kepala Sekolah |
Semua guru (100%) memahami
secara baik dan benar instrumen PKKS sesuai kompetensi guru. |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
Pelaksanaan Penilaian Kinerja
Kepala Sekolah |
Menilai Kinerja Kepala sekolah menggunakan instrumen
yang telah dibuat |
Semua Kepala Sekolah ( 100%) memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
Tindak lanjut hasil Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah |
Melaksanakan PKB sesuai kebutuhan
masing-masing |
Semua Kepala Sekolah ( 100%) melaksanakan PKB |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
D. PROGRAM PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN
PROFESIONAL GURU DAN/ATAU
KEPALA SEKOLAH
NO |
PROGRAM |
MATERI |
TARGET YANG DIHARAPKAN |
KETERANGAN |
1.
Pembimbingan Pelatihan Profesi Kepala Sekolah |
||||
1. |
Manajemen Sekolah |
Penyusunan
perencanaan sekolah : a. Buku 1
Kurikulum 2013 (KTSP) b. RKT dan RKAS c. Pedoman
Akademik |
Semua
kepala sekolah (100%) mampu menyusun perencanaan sekolah |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2. |
Keterlaksanan SNP sesuai PP
no. 32 tahun 2013 |
Standar
Pengelolaan, Standar Sarpras, Standar PTK, Standar Pembiayaan. |
Semua
kepala sekolah (100%) mampu melaksanakan Standar Nasional Pendidikan |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
3. |
Pengembangan Keprofesian |
Penyusunan
Karya Tulis Ilmiyah ( PTS) |
Semua
kepala sekolah (100%) mampu menyusun laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) |
SDN 1 Pamalayan (KKG) |
2.
Pembimbingan Pelatihan Profesi Guru |
||||
1 |
Perangkat Perencanaan Pembelajaran |
Penyusunan Silabus dan RPP sesuai Kurikulum 2013 |
Semua
guru (100%) mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan perangkat lainnya. |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
2 |
Pelaksanaan Pembelajaran |
a.
Langkah
–langkah pelaksanaan. Pembelajaran b.
Penilaian hasil
belajar. c.
Analisis hasil
evaluasi d.
Tindak lanjut |
Semua
guru (100%) mampu melaksanakan pembelajaran,melaksanakan
penilaian,menganalisis hasil penilaian dan menindaklanjutunya sesuai
dengan acuan pada kurikulum 2013 |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
3 |
Pengembangan Keprofesian |
Penyusunan Karya Tulis Ilmiyah ( PTK) dan Karya Inovatif dan Best Practise |
Semua guru (100%) mampu menyusun Laporan Penelitian Tindakan
Kelas ( PTK, Best Practice ) dan Karya Inovatif sebagai acuan untuk
perbaiakan proses pembelajaran |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
No comments:
Post a Comment