torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Friday, 18 February 2022

Program Kepengawasan (Bab III)

 

PROGRAM KEPENGAWASAN 

BAB III

PROGRAM TAHUNAN PENGAWASAN SEKOLAH

TAHUN 2021

 



A.   PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH  

NO

PROGRAM

MATERI

TARGET YANG DIHARAPKAN

KETERANGAN

1.   Supervisi Akademik

1

Pembinaan guru

 

Penysunan Perangkat Perencanaan Pembelajaran sesuai kurikulum 2013

a.    Prota dan Prosem

b.    RPP

c.    KKM

d.   Agenda Harian Guru

Semua guru (100%) mampu :

a.   menyusun prota dan prosem dengan benar

b.   menyusun RPP berdasarkan Kurikulum yang berlaku secara benar.

c.   menentukan KKM sesuai analisis.

d.   membuat dan mengisi agenda harian KBM secara tepat,Sesuai Kurikulum Krikulum 2013

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Pelaksanaan Pembelajaran

Kegiatan awal

Kegiatan Inti

Kegiatan akhir

Evaluasi

Tindak lanjut

Semua guru (100%) mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran  dengan langkah – langkah sesuai Kurikulum 2013. Kegiatan awal

Kegiatan Inti,Kegiatan akhir,evaluasi

Dan tindak lanjut

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

Penilaian Hasil Pembelajaran

sesuai Permendikbud No. 53 tahun 2015

 

Semua guru (100%) mampu  menggunakan teknik penilaian sesuai Permendikbud No. 53 tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan dengan benar.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

Tindaklanjut hasil penilaian

Semua guru (100%) mampu menindaklanjuti hasil penilaian berupa perbaikan/pengayaan,remidial dan pembimbingan khusus

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2

Penilaian Kinerja Guru

Pemahaman Instrumen Penilaian Kinerja Guru

Semua guru ( 100%)  memahami Instrumen penilaian kinerja guru lengkap dengan manfaat dan kegunaannya

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru

Semua guru ( 100%)  memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja guru sesuai kompetensi yang harus dimiliki

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

3

Pengembangan Keprofesian

Tindak lanjut hasil Penilaian Kinerja Guru

Semua guru ( 100%)  melaksanakan PKB sesuai kebutuhan masing- masing

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2.   Supervisi Manajerial

1

Pembinaan Kepala Sekolah

Kompetensi kepribadian dan sosial

a.    Berakhlak mulia dan menjadi tauladan dalam ketaatan beribadah

b.    Jujur dan terbuka dalam melaksanakan tupoksi

c.    Tidak membeda-bedakan satatus sosial dalam urusan dinas maupun dalam  pergaulan sehari-hari

d.    Mengutamakan kepentingan dan peduli terhadap kepentingan umum

 

Semua kepala sekolah (100%) memiliki kompetensi kepribadian dan Kompetensi sosial sesuai dengan ketentuan.

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Kepemimpinan Pembelajaran

a.    Menyusun dan mengembangkan visi misi sekolah

b.    Menciptakan iklim sekolah yang kondusip sebagai organisasi pembelajar

c.     Creatif dan Inovatif dan bekrja keras untuk mencapai tujuan

Kepala sekolah( 100%) mampu menjadi agen pembelajaran bagi guru dan menjadi pemimpin dalam pembelajaran

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

NO

PROGRAM

MATERI

TARGET YANG DIHARAPKAN

KETERANGAN

 

 

 

 Pengembangan Sekolah 

a.    Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS

b.    Sistem Informasi Manajemen (SIM)

c.    Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi lalu Merefleksikan Hasil-Hasilnya dalam Upaya Penjaminan

Kepala sekolah( 100%) mampu Menyusun rencana pengembangan sekolah

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

Manajemen sumber daya

a.    pengelolaan program induksi guru pemula(PIGP)

b.    pengelolaan PK guru

c.    pengelolaan PKB

d.    pengelolaan kurikulum

Kepala Sekolah (100%) mengelola Manajemen Sumber daya manusia dalam program PIGP,PK guru,pelaksanaan PKB dan lainnya

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

Kewirausahaan

a.    Inovasi pengembangan program sekolah

b.    Bekerja sama dengan pihak lain

c.    Kegiatan melibatkan warga

Kepala Sekolah (100%) mampu melaksanakan kewirausahaan dalam mengembangkan dan mencapai tujuan sekolah secara maksimal

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

.

Supervisi pembelajaran

a.    Perencanaan supervisi

b.    Pelaksanaan supervisi

c.     Evaluasi Hasil supervisi

d.    Tindak lanjut hasil supervisi

Kepala Sekolah (100%) mampu melaksanakan supervisi pembelajaran dari mulai perencanaan,pelaksanaan,evaluasi dan tindaklanjut hasil supervisi.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

B.   PROGRAM PEMANTAUAN PELAKSANAAN 8 SNP

 

NO

PROGRAM

MATERI

TARGET YANG DIHARAPKAN

KETERANGAN

1

Pemantauan 8 Standar Nasional Pendidikan

1.    Standar Isi

a.    Buku 1 Kurikulum  2013

b.    Silabus mata pelajaran muatan lokal

c.    Kalender Pendidikan

d.    RPP

e.    KKM/KBM

Semua sekolah (100%) memiliki Buku 1, Silabus, RPP, kalender pendidikan, KKM dan perangkat pembelajaran lainnya sesuai kurikulum 2013  melaksanakannya.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

2.    Standar Proses

a.    Pelaksanaan proses pembelajaran

b.    Penilaian hasil belajar

c.    Supervisi proses pembelajaran

d.    Evaluasi  proses pembelajaran  dan  tidak lanjut.

 

Semua sekolah (100%) Melaksanakan proses pembelajaran,melaksanakan hasil penilaian mengevaluasi dan menindaklanjutinya  sesuai  acuan pada kurikulum 2013

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

3.    Standar Kompetensi Lulusan

 

Semua sekolah (100%) memiliki Buku 1, Silabus, RPP, kalender pendidikandan KKM kurikulum 2013 dan melaksanakannya

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

4.    Standar Pendidik dan   Tenaga Kependidikan

a.    Mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

b.    Menjalankan tugas mengajar dan tugas lainnya.

c.    Merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran.

d.    Kemampuan manajerial kepala sekolah

 

Pada setiap sekolah (100%) guru mengajar sesuai latar belakang pendidikannya,kepala sekolah mampu memanaje sekolah dengan tepat,guru terus meningkatkam kompetensinya melalui pelatihan dan pengembangan diri

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

5.    Standar Sarana dan Prasarana

a.    Memiliki prasarana yang lengkap dan sesuai dengan ketentuan (jumlah, ukuran dan sarana)

b.    Media pembelajaran

c.    Jaringan Internet

d.    Sarana peribadatan

 

Semua sekolah (100%) memiliki sarana prasarana  lengkap sesuai dengan ukuran dengan ukuran,memiliki media pembelajaran baik cetak maupun berbasis IT,memiliki sarana peribadatan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

6.    Standar Pengelolaan

a.    Program pengawasan

b.    Evaluasi program kerja .

c.    Evaluasi kinerja tendik.

d.    Struktur kepemimpinan sesuai standar tendik

e.    SIM

Semua sekolah (100%) melaksanakan pengelolaan dimulai dari perencanaan Program pelaksanaan, evaluasi agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

7.    Standar Pembiayaan

a.    Modal kerja sebesar yang tertuang dalam RKAS

b.    Membayar gaji, insentif, transpor, dan tunjangan lain  ditendik untuk menunjang pembelajaran.

c.    Membelanjakan dana untuk kegiatan kesiswaan.

d.    Biaya pengaaan alat tulis untuk pembelajaran.

e.    Biaya pengadaan bahan dan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran.

f.     Biaya kegiatan rapat. 

g.    Biaya transpor dan perjalanan dinas.

 

Semua sekolah (100%) mengelola keungan sesuia yang tercatum pada RKS yang telah disusun yang mengacu pada juknis BOS tahun 2021 dan membuat laporan sesuai dengan ketentuan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

8.    Standar Penilaian

a.    Mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian.

b.    Menggunakan berbagai teknik penilaian.

c.    Mengolah/menganalisis hasil penilaian.

d.    Mengembalikan hasil pemeriksaan pekerjaan siswa disertai balikan/komentar.

e.    Memanfaatkan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran.

f.     Melaporkan hasil penilaian mata pelajaran pada setiap akhir semester

 

 

Semua sekolah (100%) mengembangan instrumen dan pedoman penilaian dengan menggunakan berbagai teknik,mengolah,menganalisis hasil penilaiaanyang dimafaatkan untuk perbaikan proses pembelajaran dan melaporkannya hasil penilaian pada setiap semester

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

                  

C.    PROGRAM PENILAIAN KINERJA GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH

 

No

PROGRAM

MATERI

TARGET YANG DIHARAPKAN

KETERANGAN

1.    Penilian Kinerja Guru

1

Perencanaan Penilaian Kinerja Guru

Standar Kompetensi Guru

Semua guru (100%) memahami secara  benar Instrument PKG sesuai kompetensi guru.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Guru

Menilai Kinerja Guru menggunakan Instrumen yang telah dibuat

 

Semua Guru ( 100%) memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

3

Tindaklanjut hasil penilaian kinerja guru

Melaksanakan PKB  sesuai kebutuhan masing-masing

Semua Guru ( 100%) melaksanakan PKB

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2.   Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

 

Perencanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

 

Standar Kompetensi Kepala Sekolah

Semua guru (100%) memahami secara baik dan benar instrumen PKKS sesuai kompetensi guru.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

Pelaksanaan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

 

Menilai Kinerja Kepala sekolah menggunakan instrumen yang telah dibuat

Semua Kepala Sekolah ( 100%) memiliki dokumen hasil penilaian Kinerja

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

Tindak lanjut hasil Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

 

Melaksanakan PKB  sesuai kebutuhan masing-masing

Semua Kepala Sekolah ( 100%) melaksanakan PKB

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

 

 

D.   PROGRAM PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU DAN/ATAU KEPALA SEKOLAH

 

NO

PROGRAM

MATERI

TARGET YANG DIHARAPKAN

KETERANGAN

1.   Pembimbingan Pelatihan Profesi Kepala Sekolah

1.

Manajemen Sekolah

Penyusunan perencanaan sekolah :

a.    Buku 1 Kurikulum 2013 (KTSP)

b.    RKT dan RKAS

c.    Pedoman Akademik

Semua kepala sekolah (100%) mampu menyusun perencanaan sekolah

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2.

Keterlaksanan SNP sesuai PP no. 32 tahun 2013

Standar Pengelolaan, Standar Sarpras, Standar PTK, Standar Pembiayaan.

Semua kepala sekolah (100%) mampu melaksanakan Standar Nasional Pendidikan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

3.

Pengembangan Keprofesian

Penyusunan Karya Tulis Ilmiyah ( PTS)

Semua kepala sekolah (100%) mampu menyusun  laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)

 

SDN 1 Pamalayan

(KKG)

2.   Pembimbingan Pelatihan Profesi Guru

1

Perangkat Perencanaan Pembelajaran

Penyusunan Silabus dan RPP sesuai Kurikulum 2013

Semua guru (100%) mampu menyusun perencanaan pembelajaran dan perangkat lainnya.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

2

Pelaksanaan Pembelajaran

a.     Langkah –langkah pelaksanaan. Pembelajaran

b.     Penilaian hasil belajar.

c.      Analisis hasil evaluasi

d.     Tindak lanjut

 

 

Semua guru (100%) mampu melaksanakan pembelajaran,melaksanakan penilaian,menganalisis hasil penilaian dan menindaklanjutunya sesuai dengan acuan pada kurikulum 2013

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

3

Pengembangan Keprofesian

Penyusunan Karya Tulis Ilmiyah ( PTK) dan Karya Inovatif dan Best Practise

Semua guru (100%) mampu menyusun Laporan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK, Best Practice ) dan Karya Inovatif sebagai acuan untuk perbaiakan proses pembelajaran

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 =======================================

Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel menarik berikut -----

 

 

 

 

 

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan