Profil Pelajar Pancasila
Profil Pelajar
Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yaitu Pelajar dengan
profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia?.
Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter,
dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pernyataan ini berkaitan dengan dua hal, yaitu kompetensi
untuk menjadi warga negara Indonesia yang demokratis dan untuk menjadi manusia
unggul dan produktif di Abad ke-21. Dalam hal ini, peserta didik Indonesia diharapkan
dapat berpartisipasi dalam pembangunan global yang berkelanjutan serta tangguh
dalam menghadapi berbagai tantangan.
Profil pelajar
pancasila menyampaikan hasil rumusan yang menjawab pertanyaan besar dengan
memperhatikan faktor internal yang berkaitan dengan jati diri, ideologi, dan
cita-cita bangsa Indonesia. Dan juga faktor eksternal yang merupakan konteks
kehidupan serta tantangan bangsa Indonesia di Abad ke-21 yang menghadapi masa
revolusi industri 4.0. Profil Pelajar Pancasila memiliki enam kompetensi yang
dirumuskan sebagai dimensi kunci. Keenamnya saling berkaitan dan menguatkan
sehingga upaya mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang utuh membutuhkan
berkembangnya keenam dimensi tersebut secara bersamaan, tidak parsial. Keenam
dimensi tersebut adalah:
- Beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia.
- Berkebinekaan
global.
- Bergotong-royong.
- Mandiri.
- Bernalar
kritis.
- Kreatif.
Dimensi-dimensi tersebut
menunjukkan bahwa Profil Pelajar Pancasila tidak hanya fokus pada kemampuan kognitif,
tetapi juga sikap dan perilaku sesuai jati diri sebagai bangsa Indonesia
sekaligus warga dunia. Sesuai dengan Visi Pendidikan Indonesia yaitu mewujudkan
Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar
Pancasila. Pelajar Indonesia merupakan pelajar sepanjang hayat yang kompeten,
berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila.
=======================================
No comments:
Post a Comment