torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Saturday 21 September 2019

Serangkaian Supervisi Akademik

Serangkaian Supervisi Akademik

Supervisi Akademik adalah suatu proses untuk menentukan kegiatan melalui urutan langkah dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dalam membantu guru dalam mengembangkan kemampuannya mengelola proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran.


Pada kesempatan ini penulis akan mencoba mengurutkan kegiatan berikut instrumen/format yang harus disediakan oleh Pengawas atau Kepala Sekolah dalam melaksanakan Supervisi Akademik.

Selanjutnya hasil supervisi akademik perlu ditindak lanjuti agar memberikan damfak yang nyata bagi profesionalisme guru. Tindak lanjut tersebut berupa: penguatan dan penghargaan diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar, teguran yang bersifat mendidik diberikan kepada guru yang belum memenuhi standar dan guru diberi kesempatan untuk mengikuti pelatihan /penataran lebih lanjut.

Dalam kesempatan ini penulis mencoba menyodorkan rangkaian format dan istrument dengan harapan lebih mudah untuk dipahami urutan kegiatannya serta lebih mudah (copy editnya) tentu saja disana sini masih banyak kekurangan, ini sekedar model sederhana untuk dikembangkan lebih lanjut disesuaikan dengan peraturan-peraturan yang terbaru.


Silahkan jika berkenan download sekedar contoh (untuk sekedar perbandingan) format-format dan instrumen yang dipergunakan dalam rangkaian Supervisi Akademik. Untuk Kepala Sekolah cukup dimulai dari Jadwal Supervisi Akademik--lampiran dua.


Untuk download silahkan ---KLIK DI SINI--




Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]
Untuk Cek NISN, NPSN, NUPTK dan NUKS -klik pada gambar di bawah ...


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel 

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan