INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
1. STANDAR KOMPETENSI
LULUSAN
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
:
................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN |
|||||||
1 |
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap beriman dan
bertakwa kepada Tuhan YME, sesuai dengan perkembangan siswa yang diperoleh
dari pengalaman pembelajaran melalui pembiasaan: (1) integrasi pengembangan
sikap beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME dalam kegiatan pembelajaran, (2)
berdoa setiap memulai dan mengakhiri kegiatan, (3) santun dalam berbicara dan
berperilaku, (4) Berpakaian sopan sesuai aturan sekolah/madrasah, (5)
mengucapkan salam saat masuk kelas, (6) melaksanakan kegiatan ibadah, (7)
mensyukuri setiap nikmat yang diperoleh, (8) menumbuhkan sikap saling
menolong/ berempati, (9) menghormati perbedaan, (10) antre saat bergantian
memakai fasilitas sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
2 |
Siswa memiliki
perilaku yang mencerminkan sikap sosial dengan karakter (1) jujur dan
bertanggung jawab, (2) peduli, (3) gotong-royong dan demokratis, (4) percaya
diri, (5) nasionalisme yang diperoleh melalui kegiatan pembelajaran dan
pembiasaan |
|
|
|
|
|
|
3 |
Siswa memiliki perilaku yang mencerminkan sikap pembelajar sejati
sepanjang hayat sesuai dengan perkembangan anak, yang diperoleh dari
pengalaman pembelajaran dan pembiasaan melalui gerakan literasi
sekolah/madrasah, meliputi: (1) perencanaan dan penilaian program literasi,
(2) waktu yang cukup untuk kegiatan literasi, (3) membaca buku,(4) lomba
terkait literasi,(5) memajang karya tulis, (6) penghargaan berkala untuk
siswa, (7) pelatihan literasi. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Siswa
memiliki perilaku yang mencerminkan sikap sehat jasmani dan rohani melalui
keterlibatan dalam kegiatan kesiswaan, berupa: (1) olahraga, (2) seni, (3)
kepramukaan, (4) UKS, (5) keagamaan, (6) lomba yang terkait dengan kesehatan
jasmani dan rohani. |
|
|
|
|
|
|
5 |
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang ditunjukkan oleh
kemampuan untuk melakukan kegiatan seni dan budaya lokal, meliputi: (1)
kegiatan yang menunjukkan keberagaman budaya, (2) peringatan hari-hari besar
nasional, (3) peringatan hari-hari besar agama, (4) pentas seni budaya, (5)
bulan bahasa |
|
|
|
|
|
|
6 |
Siswa memperoleh pengalaman pembelajaran menggunakan informasi
tentang lingkungan sekitar secara logis, kritis, dan kreatif melalui
pemanfaatan sumber belajar berupa: (1) bahan ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) alat peraga, (5)
internet |
|
|
|
|
|
|
7 |
Siswa memperoleh pengalaman
pembelajaran menggunakan informasi tentang lingkungan sekitar secara logis,
kritis, dan kreatif melalui pemanfaatan sumber belajar berupa: (1) bahan
ajar, (2) buku teks, (3) perpustakaan, (4) alat peraga, (5) internet |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
2. STANDAR ISI
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
:
................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR ISI |
|||||||
1 |
Penyusunan perangkat
pembelajaran pada kompetensi sikap spiritual |
|
|
|
|
|
|
2 |
Penyusunan perangkat pembelajaran pada kompetensi sikap sosial
|
|
|
|
|
|
|
3 |
Penyusunan perangkat
pembelajaran pada kompetensi pengetahuan |
|
|
|
|
|
|
4 |
Penyusunan perangkat
pembelajaran pada kompetensi keterampilan |
|
|
|
|
|
|
5 |
Penyusunan perangkat
Pendidikan Agama dan Budi Pekerti sesuai ruang lingkup materi pembelajaran
pada setiap tingkat kelas |
|
|
|
|
|
|
6 |
Penyusunan perangkat
pembelajaran tematik terpadu sesuai tingkat kompetensi dan ruang lingkup
materi pembelajaran pada setiap tingkat kelas |
|
|
|
|
|
|
7 |
Penyusunan kurikulum
sesuai dengan pedoman pengembangan KTSP dengan melibatkan beberapa unsur: (1)
pengawas sekolah, (2) narasumber, (3) komite sekolah, (4) penyelenggara
lembaga pendidikan. |
|
|
|
|
|
|
8 |
Menyusun KTSP/K 13 yang
meliputi: (1) visi, misi dan tujuan, (2) pengorganisasian muatan kurikuler,
(3) pengaturan beban belajar siswa dan beban kerja guru (4) penyusunan
kalender pendidikan, (5) penyusunan silabus muatan pelajaran, (6) penyusunan
RPP |
|
|
|
|
|
|
9 |
Menyusun kurikulum sesuai
dengan prosedur operasional pengembangan KTSP yang meliputi tahapan berikut:
(1) analisis, (2) penyusunan, (3) penetapan, (4) pengesahan |
|
|
|
|
|
|
10 |
Melaksanakan
kurikulum sesuai ketentuan: (1) mengikuti struktur kurikulum, (2) penugasan
terstruktur dan kegiatan mandiri, maksimal 40%, (3) beban kerja guru dan
beban belajar siswa sesuai ketentuan, (4) mata pelajaran seni budaya dan
prakarya diselenggarakan minimal dua aspek, (5) menyelenggarakan kegiatan
pengembangan diri dan cara penilaiannya |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
3. STANDAR PROSES
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
: ................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR PROSES |
|||||||
1 |
Mengembangkan
silabus yang memuat komponen: (1) identitas mata pelajaran/tema, (2) identitas
sekolah/madrasah, (3) kompetensi inti, (4) kompetensi dasar, (5) materi
pokok, (6) kegiatan pembelajaran, (7) penilaian, (8) alokasi waktu, (9)
sumber belajar. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Mengembangkan RPP dari silabus, secara lengkap dan sistematis. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Mengalokasikan waktu dan beban belajar sesuai ketentuan: (1)
durasi 1 jam pembelajaran, (2) beban belajar per minggu, (3) beban belajar
per semester, (4) beban belajar pertahun pelajaran |
|
|
|
|
|
|
4 |
Melaksanakan proses pembelajaran dengan jumlah siswa per rombongan
belajar maksimum 28 orang |
|
|
|
|
|
|
5 |
Menggunakan buku teks pelajaran dalam proses pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
6 |
Melakukan pengelolaan kelas yang baik dengan: (1) keteladanan
dalam sikap spiritual, (2) keteladanan dalam sikap sosial, (3) pengaturan
tempat, (4) pengaturan suara, (5) penggunaan kata-kata santun, lugas, dan
mudah dimengerti, (6) kemampuan belajar siswa, ketertiban kelas, (8)
penguatan dan umpan balik, (9) keaktifan siswa, (10) berpakaian sopan,
bersih, dan rapi, (11) menjelaskan silabus mata pelajaran pada tiap awal
semester, (12) ketepatan penggunaan waktu |
|
|
|
|
|
|
7 |
Memulai pembelajaran dengan 5 langkah pendahuluan berikut: (1)
menyiapkan siswa secara psikis dan fisik untuk mengikuti pembelajaran, (2)
memberi motivasi belajar siswa, (3) mengajukan pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari, (4) menjelaskan
tujuan pembelajaran,(5) menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus. |
|
|
|
|
|
|
8 |
Menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema |
|
|
|
|
|
|
9 |
Menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan
karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema |
|
|
|
|
|
|
10 |
Menggunakan media pembelajaran yang sesuai karakteristik
siswa dan mata pelajaran/tema |
|
|
|
|
|
|
11 |
Menggunakan sumber belajar yang sesuai karakteristik
siswa dan mata pelajaran/tema |
|
|
|
|
|
|
12 |
Menggunakan pendekatan pembelajaran yang sesuai
karakteristik siswa dan mata pelajaran/tema |
|
|
|
|
|
|
13 |
Mengakhiri pembelajaran dengan langkah penutup, meliputi: (1)
mengevaluasi seluruh rangkaian aktivitas pembelajaran, (2) memberikan umpan
balik terhadap proses dan hasil pembelajaran, (3) melakukan kegiatan tindak
lanjut, dan (4) menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran berikutnya. |
|
|
|
|
|
|
14 |
Menggunakan pendekatan penilaian otentik dalam penilaian proses
pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
15 |
Guru memanfaatkan hasil penilaian
otentik untuk merencanakan program: (1) remedial, (2) pengayaan, (3)
pelayanan konseling, (4) perbaikan proses pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
16 |
Melakukan pengawasan proses pembelajaran dengan objektif dan
transparan guna peningkatan mutu secara berkelanjutan |
|
|
|
|
|
|
17 |
Melakukan supervisi proses pembelajaran terhadap seluruh guru setiap
tahun |
|
|
|
|
|
|
18 |
Memantau proses pembelajaran melalui: (1) diskusi kelompok
terfokus, (2) pengamatan, (3) pencatatan, (4) perekaman, (5) wawancara, (6)
pendokumentasian |
|
|
|
|
|
|
19 |
Menindaklanjuti hasil supervisi proses pembelajaran dengan cara:
(1) pemberian contoh, (2) diskusi, (3) konsultasi, (4) pelatihan |
|
|
|
|
|
|
20 |
Menyusun: (1) laporan pemantauan, (2) laporan supervisi, (3)
laporan evaluasi proses pembelajaran, (4) program tindak lanjut |
|
|
|
|
|
|
21 |
Melakukan tindak lanjut terhadap hasil pengawasan proses
pembelajaran, minimal 1 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
4. STANDAR PENILAIAN
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
: ................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR PENILAIAN |
|||||||
1 |
Guru
melaksanakan penilaian hasil belajar siswa berdasarkan 6 prinsip penilaian:
(1) sahih, (2) objektif, (3) adil, (4) terbuka, (5) holistik, (6) akuntabel. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Sekolah/madrasah
menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) seluruh mata pelajaran dengan
mempertimbangkan: (1) karakteristik peserta didik, (2) karakteristik mata pelajaran,
(3) kondisi satuan pendidikan, (4) analisis hasil penilaian. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Guru
melaksanakan penilaian hasil belajar dalam bentuk: (1) ulangan,(2) pengamatan, (3) penugasan, dan/atau (4)
bentuk lain yang diperlukan. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Guru
menggunakan hasil penilaian kompetensi pengetahuan yang dilakukan untuk: (1)
memperbaiki proses pembelajaran, (2) mengukur dan mengetahui pencapaian
kompetensi siswa, (3) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah
semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas. |
|
|
|
|
|
|
5 |
Guru
melaksanakan penilaian kompetensi sikap sesuai karakteristik Kompetensi Dasar
(KD). |
|
|
|
|
|
|
6 |
Guru
melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan sesuai karakteristik KD. |
|
|
|
|
|
|
7 |
Guru
melaksanakan penilaian kompetensi keterampilan sesuai karakteristik KD. |
|
|
|
|
|
|
8 |
Guru
melaksanakan penilaian kompetensi sikap melalui observasi/ pengamatan dan
teknik penilaian lain yang relevan |
|
|
|
|
|
|
9 |
Guru
melaksanakan penilaian kompetensi pengetahuan dengan menggunakan 3 jenis tes:
(1) tes tulis, (2) tes lisan, (3) penugasan. |
|
|
|
|
|
|
10 |
Guru melaksanakan penilaian kompetensi
keterampilan menggunakan(1) tes praktik, (2) penilaian produk, (3)
penilaian proyek, (4) penilaian portofolio, (5) teknik lain sesuai dengan
kompetensi yang dinilai. |
|
|
|
|
|
|
11 |
Sekolah/madrasah melaksanakan penilaian
hasil belajar dalam bentuk: (1) penilaian harian, (2) penilaian akhir semester,
(3) penilaian akhir tahun, (4) ujian sekolah/madrasah. |
|
|
|
|
|
|
12 |
Sekolah/madrasah
menentukan kelulusan siswa dengan mempertimbangkan hasil: (1) ujian
sekolah/madrasah, (2) penilaian sikap, (3) penilaian pengetahuan, (4)
penilaian keterampilan |
|
|
|
|
|
|
13 |
Guru melakukan
penilaian proses dan hasil belajar dengan 8 langkah: menetapkan tujuan penilaian, (2)
menyusun kisi-kisi ujian, (3) mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian,
(4) melakukan analisis kualitas instrumen, (5) melaksanakan penilaian, (6)
mengolah dan menentukan kelulusan siswa, (7) melaporkan, (8) memanfaatkan
hasil penilaian. |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
5. STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
: ................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
|||||||
1 |
Guru memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S1) atau diploma
empat (D4) dari program studi terakreditasi |
|
|
|
|
|
|
2 |
Guru memiliki sertifikat pendidik |
|
|
|
|
|
|
3 |
Guru mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikan dan/atau
uji kelayakan dan kesetaraan |
|
|
|
|
|
|
4 |
Guru mata pelajaran (Pendidikan Agama, Pendidikan Jasmani,
Olahraga Kesehatan, Muatan Lokal, dan lain-lain) mengajar sesuai dengan latar
belakang pendidikan |
|
|
|
|
|
|
5 |
Guru memiliki kompetensi pedagogik, meliputi: (1) mengintegrasikan karakteristik siswa, (2) pembelajaran yang
sesuai dengan karakteristik siswa, (3) merancang kegiatan pembelajaran siswa
berdasarkan kurikulum, (4) menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik, (5)
menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, (6) mengembangkan potensi
siswa, (7) berkomunikasi secara efektif, empati, dan santun, (8) melaksanakan
penilaian proses dan hasil belajar, (9) menggunakan hasil penilaian proses
dan hasil belajar, (10) melakukan tindakan reflektif |
|
|
|
|
|
|
6 |
Guru memiliki kompetensi profesional, meliputi: (1) menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang mendukung mata pelajaran yang diampu, (2) menguasai kompetensi inti dan
kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu, (3) mengembangkan materi
pembelajaran yang diampu secara kreatif,(4) mengembangkan keprofesian secara
berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif, (5) memanfaatkan teknologi
informasi dan komunikasi |
|
|
|
|
|
|
7 |
Guru memiliki kompetensi kepribadian, meliputi: (1) bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan
kebudayaan, (2) menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia,
dan teladan, (3) menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil,
dewasa, arif, dan berwibawa, (4) menunjukkan etos kerja, tanggung jawab, rasa
bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri, (5) menjunjung tinggi kode etik profesi |
|
|
|
|
|
|
8 |
Guru memiliki kompetensi sosial yang ditunjukkan melalui
komunikasi yang efektif dan santun dengan: (1) sesama guru,(2) tenaga
kependidikan, (3) siswa, (4) orangtua siswa, (5) masyarakat |
|
|
|
|
|
|
9 |
Guru melaksanakan tugas
layanan konseling yang memiliki kompetensi profesional meliputi: (1)
penguasaan konsep dan praksis asesmen, (2) penguasaan kerangka teoretis dan
praksis, (3) perencanaan program, (4) pelaksanaan program, (5) penilaian
proses dan hasil kegiatan, (6) komitmen terhadap etika profesional, (7)
penguasaan konsep dan praksis penelitian |
|
|
|
|
|
|
10 |
Kepala sekolah memenuhi persyaratan, meliputi: (1) memiliki
kualifikasi akademik paling rendah sarjana S1 atau D4, (2) berusia maksimal
56 tahun, (3) sehat jasmani dan rohani, (4) tidak pernah dikenakan hukuman
disiplin, (5) memiliki sertifikat pendidik, (6) memiliki sertifikat kepala
sekolah/madrasah, (7) berpengalaman mengajar minimal 5 tahun, (8) golongan
minimal III/C bagi PNS dan bagi non-PNS disetarakan, (9) nilai baik untuk
penilaian kinerja dalam 2 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
11 |
Kepala
sekolah memiliki kompetensi manajerial yang meliputi ; (1)menyusun
perencanaan,(2) mengembangkan organisasi,(3) memimpin penyelenggaraan
sekolah/madrasah, (4) mengelola perubahan dan pengembangan, (5) menciptakan
budaya kondusif dan inovatif, (6) mengelola guru dan tenaga administrasi, (7)
mengelola sarana dan prasarana, (8) mengelola hubungan dengan masyarakat, (9)
mengelola seleksi siswa, (10) mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran, (11) mengelola keuangan, (12) mengelola ketatausahaan, (13
mengelola unit layanan khusus, (14) mengelola sistem informasi,(15)
memanfaatkan TIK, (16) melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan. |
|
|
|
|
|
|
12 |
Kepala sekolah memiliki kemampuan kewirausahaan yang meliputi:
(1) melakukan inovasi, (2) bekerja keras, (3) memiliki motivasi, (4) pantang
menyerah dan selalu mencari solusi terbaik, (5) memiliki naluri kewirausahaan |
|
|
|
|
|
|
13 |
Kepala sekolah memiliki kemampuan supervisi proses pembelajaran
yang meliputi: (1) merencanakan program supervisi , (2) melaksanakan
supervisi, (3) mengevaluasi hasil supervisi, (4) menindaklanjuti hasil
supervisi |
|
|
|
|
|
|
14 |
Sekolah memiliki tenaga administrasi yang berkualifikasi akademik
minimal pendidikan menengah sesuai dengan bidang tugasnya |
|
|
|
|
|
|
15 |
Tenaga perpustakaan
memiliki kualifikasi minimal pendidikan menengah dan memiliki sertifikat
kompetensi pengelolaan perpustakaan sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
16 |
Sekolah memiliki petugas
yang melaksanakan layanan khusus yang bertanggung jawab sebagai: (1) penjaga
keamanan, (2) tukang kebun, (3) tenaga kebersihan, (4) pesuruh |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
6. STANDAR SARANA DAN PRASARANA
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
:
................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR SARANA
PRASARANA |
|||||||
1 |
Sekolah
memiliki luas lahan sesuai ketentuan luas minimum. |
|
|
|
|
|
|
2 |
Sekolah
memiliki luas lahan sesuai ketentuan luas minimum.Lahan sekolahmemenuhi
ketentuan: (1) terhindar dari potensi bahaya yang mengancam kesehatan dan
keselamatan jiwa, (2) memiliki akses untuk penyelamatan dalam keadaan
darurat, (3) terhindar dari pencemaran
air, (4) terhindar dari kebisingan, (5) terhindar dari pencemaran udara |
|
|
|
|
|
|
3 |
Sekolah
memiliki luas lantai bangunan sesuai ketentuan. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Bangunan
sekolahmemenuhi persyaratan keselamatan, meliputi: (1) konstruksi yang
stabil, (2) konstruksi yang kukuh, (3) sistem pencegahan bahaya kebakaran, (4) fasilitas
ramah anak, (5) penangkal petir |
|
|
|
|
|
|
5 |
Bangunan sekolah memenuhi persyaratan kesehatan yang meliputi:
(1) ventilasi udara, (2) pencahayaan, (3) sanitasi, (4) tempat sampah, (5)
bahan bangunan yang aman |
|
|
|
|
|
|
6 |
Bangunan sekolah memiliki instalasi listrik dengan daya yang
mencukupi kebutuhan |
|
|
|
|
|
|
7 |
Sekolah melakukan pemeliharaan berkala 5 tahun sekali, meliputi:
pengecatan ulang, perbaikan jendela dan pintu, lantai, penutup atap, plafon,
instalasi air, dan listrik |
|
|
|
|
|
|
8 |
Sekolah memiliki prasarana yang lengkap sesuai ketentuan dengan
kondisi baik |
|
|
|
|
|
|
9 |
Sekolahmemiliki ruang kelas dengan jumlah, ukuran, dan sarana
sesuai ketentuan |
|
|
|
|
|
|
10 |
Sekolah/madrasah memiliki
perpustakaan dengan: (1) luas sesua ketentuan, (2)
sarana sesuai ketentuan, (3) pendayagunaan maksimal, (4)
kondisi terawat dengan baik, bersih serta nyaman |
|
|
|
|
|
|
11 |
Sekolah memiliki alat peraga pembelajaran,
meliputi: (1) model kerangka manusia, (2)
model tubuh manusia, (3) globe, (4) model tata surya, (5) bermacam kaca, (6) cermin, (7) lensa, (8) magnet batang,
(9) berbagai macam poster dan replika |
|
|
|
|
|
|
12 |
Sekolah memiliki ruang pimpinan dengan luas minimum 12 m2
dengan sarana meliputi: (1) kursi pimpinan, (2) meja pimpinan, (3) kursi dan
meja tamu, (4) lemari, (5) papan statistik, (6) simbol kenegaraan, (7) tempat
sampah, (8) jam dinding |
|
|
|
|
|
|
13 |
Sekolah memiliki ruang guru dengan rasio minimum 4 m2/
guru dan luas minimum 32 m2, dengan sarana: (1) kursi kerja, (2) meja kerja, (3)
lemari, (4) kursi tamu, (5) papan statistik, (6) papan pengumuman, (7) tempat
sampah, (8) tempat cuci tangan, (9) jam dinding |
|
|
|
|
|
|
14 |
Sekolah memiliki tempat beribadah bagi warga sekolah/ madrasah
dengan luas minimum 12 m2 dan sarana berupa: (1) perleng-kapan
ibadah, (2) lemari, (3) jam dinding, (4) air dan tempat berwudu. |
|
|
|
|
|
|
15 |
Sekolah memiliki ruang UKS dengan luas minimum 12 m2,
dengan sarana: (1) tempat tidur, (2) lemari, (3) meja, (4) kursi, (5) catatan
kesehatan siswa, (6) perlengkapan P3K, (7) tandu, (8) selimut, (9)
tensimeter, (10) termometer badan,
(11) timbangan badan, (12) pengukur timbangan badan, (13) tempat sampah, (14)
tempat cuci tangan, (15) jam dinding |
|
|
|
|
|
|
16 |
Sekolah memiliki jamban dengan ketentuan: (1) jumlah minimum,
(2) luas minimum per jamban, (3) tersedia air, (4) bersih, (5) sarana lengkap |
|
|
|
|
|
|
17 |
Sekolah memiliki gudang dengan ketentuan: (1) luas minimum 18 m2,
(2) memiliki perabot, (3) dapat dikunci, (4) tertata dengan baik |
|
|
|
|
|
|
18 |
Sekolah/madrasah memiliki tempat
bermain, berolahraga, berkesenian, keterampilan, dan upacara dengan
ketentuan: (1) luas minimum, (2) memiliki bendera dan tiang bendera, (3)
memiliki peralatan olahraga (4), memiliki peralatan seni budaya, (5) memiliki
peralatan keterampilan. |
|
|
|
|
|
|
19 |
Sekolah
memiliki ruang sirkulasi yang memenuhi ketentuan: (1) luas minimum, (2)
kualitas, (3) terawat dengan baik, (4) bersih, (5) nyaman |
|
|
|
|
|
|
20 |
Sekolahmemiliki kantin yang memenuhi ketentuan: (1) area
tersendiri, (2) luas minimum 12 m2, (3) ruangan bersih, (4)
sanitasi yang baik, (5) menyediakan makanan yang sehat dan bergizi |
|
|
|
|
|
|
21 |
Sekolahmemiliki tempat parkir kendaraan yang memenuhi ketentuan:
(1) area khusus parkir, (2) luas memadai, (3) memiliki sistem pengamanan, (4) memiliki rambu-rambu parkir |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
7. STANDAR PENGELOLAAN
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
:
................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR PENGELOLAAN |
|||||||
1 |
Sekolah memiliki visi, misi, dan tujuan yang jelas sesuai
ketentuan, meliputi: (1) perumusan, (2) keputusan, (3) penetapan, (4)
peninjauan |
|
|
|
|
|
|
2 |
Sekolah telah merumuskan dan menetapkan, Rencana Kerja Jangka
Menengah (RKJM) dan Rencana Kerja Tahunan (RKT) sesuai ketentuan, meliputi:
(1) disusun sesuai rekomendasi hasil Evaluasi Diri, (2) diputuskan dalam
rapat dewan pendidik, (3) disahkan oleh Dinas Pendidikan/Kantor Kemenag, (4)
dituangkan dalam dokumen tertulis |
|
|
|
|
|
|
3 |
Sekolah memiliki pedoman pengelolaan yang meliputi: (1) KTSP,
(2) kalender pendidikan/akademik, (3) struktur organisasi, (4) pembagian
tugas guru, (5) pembagian tugas tenaga kependidikan, (6) peraturan akademik,
(7) tata tertib, (8) kode etik, (9) biaya operasional |
|
|
|
|
|
|
4 |
Sekolahmemiliki struktur organisasi yang lengkap dan efektif,
sesuai ketentuan, melalui langkah berikut: (1) diputuskan, (2) ditetapkan,(3)
disosialisasikan, (4) disahkan |
|
|
|
|
|
|
5 |
Sekolah
melaksanakan kegiatan sesuai rencana kerja tahunan. |
|
|
|
|
|
|
6 |
Sekolah
melaksanakan kegiatan kesiswaan yang meliputi: (1) Penerimaan Peserta Didik
Baru (PPDB), (2) layanan konseling, (3) ekstrakurikuler, (4) pembinaan
prestasi, (5) penelusuran alumni |
|
|
|
|
|
|
7 |
Sekolah melaksanakan pengelolaan bidang kurikulum dan kegiatan
pembelajaran meliputi: (1) KTSP, (2) kalender pendidikan, (3) program
pembelajaran, (4) penilaian hasil belajar siswa, (5) peraturan akademik |
|
|
|
|
|
|
8 |
Sekolah mendayagunakan pendidik dan tenaga kependidikan,
meliputi: (1) pemenuhan kebutuhan, (2) pemberdayaan, (3) pengembangan dan
promosi,(4) penghargaan. |
|
|
|
|
|
|
9 |
Sekolah melaksanakan penilaian kinerja pendidik dan tenaga
kependidikan, meliputi: (1) kesesuaian penugasan dengan latar belakang
pendidikan, (2) keseimbangan beban kerja, (3) keaktifan, (4) pencapaian
prestasi, (5) keikutsertaan dalam berbagai lomba |
|
|
|
|
|
|
10 |
Sekolah menyusun pedoman pengelolaan pembiayaan investasi dan
operasional sesuai ketentuan: (1) disusun mengacu pada standar pembiayaan,
(2) mengatur tentang sumber pemasukan, pengeluaran, dan jumlah dana, (3)
mengatur tentang penyusunan dan pencairan anggaran, (4) mengatur tentang
kewenangan dan tanggung jawab kepala sekolahdalam membelanjakan anggaran, (5)
mengatur tentang pembukuan |
|
|
|
|
|
|
11 |
Sekolah melibatkan peran serta masyarakat dan membangun
kemitraan dengan lembaga lain yang relevan dalam melakukan berbagai kegiatan
pengelolaan pendidikan, antara lain lembaga: (1) pendidikan, kesehatan, (3)
kepolisian, (4) keagamaan dan kemasyarakatan, (5) dunia usaha, (6)
pengembangan minat dan bakat |
|
|
|
|
|
|
12 |
Sekolah melaksanakan kegiatan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolahdalam rangka pemenuhan Standar Nasional Pendidikan (SNP). |
|
|
|
|
|
|
13 |
Kepala sekolahmelaksanakan tugas kepemimpinan yang meliputi: (1)
menjabarkan visi ke dalam misi, (2) merumuskan tujuan dan target mutu, (3)
menganalisis tantangan, peluang, kekuatan, dan kelemahan, (4) membuat rencana
kerja strategis dan rencana kerja tahunan, (5) melibatkan guru dan komite,
(6) meningkatkan motivasi kerja, (7) menciptakan lingkungan pembelajaran yang
efektif, (8) meningkatkan mutu, (9) memberi teladan |
|
|
|
|
|
|
14 |
Kepala sekolah dalam pengelolaan sekolah menerapkan
prinsip-prinsip kepemimpinan pembelajaran, meliputi: (1) membangun tujuan bersama, (2) meningkatkan kreasi dan
inovasi dalam pengembangan kurikulum,(3) mengembangkan motivasi guru, (4)
menjamin pelaksanaan mutu proses pembelajaran, (5) mengembangkan sistem penilaian, (6) mengambil keputusan
berbasis data |
|
|
|
|
|
|
15 |
Sekolah memiliki Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang meliputi:
(1) pengelolaan SIM, (2) penyediaan fasilitas SIM, (3) penugasan pengelola
SIM/operator, (4) pelaporan data dan informasi |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
INSTRUMEN
PEMANTAUAN SNP
8. STANDAR PEMBIAYAAN
Satuan
Pendidikan |
:
................................................................. |
Nama Kepala
Sekolah |
:
................................................................. |
N I P |
:
................................................................. |
Pelaksanaan |
:
................................................................. |
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
STANDAR PENGELOLAAN |
|||||||
1 |
Sekolah memiliki Rencana Kerja dan
Anggaran (RKA) 3 tahun terakhir yang memuat alokasi anggaran untuk investasi yang meliputi (1)pengembangan
sarana dan prasarana, (2) pengembangan pendidik, pengembangan tenaga
kependidikan, (4) modal kerja |
|
|
|
|
|
|
2 |
Sekolah memiliki Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) 3 tahun
terakhir yang memuat alokasi anggaran untuk biaya operasi nonpersonalia yang
mencakup 9 komponen, meliputi: (1) alat tulis sekolah (ATS), (2) bahan dan
alat habis pakai (BAHP), (3) pemeliharaan dan perbaikan ringan, (4) daya dan
jasa, (5) transportasi/perjalanan dinas, (6) konsumsi, (7) asuransi, (8) pembinaan siswa/ekstrakurikuler, pelaporan |
|
|
|
|
|
|
3 |
Sekolah memiliki dokumen investasi sarana dan prasarana secara
lengkap |
|
|
|
|
|
|
4 |
Sekolah membelanjakan biaya untuk pengembangan pendidik dan
tenaga kependidikan berdasarkan RKA selama 3 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
5 |
Sekolah merealisasikan modal kerja sebesar yang tertuang dalam
RKA selama 3 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
6 |
Sekolah
menyampaikan biaya operasional untuk guru dan tenaga kependidikan berupa: (1)
gaji, (2) honor kegiatan, (3) insentif, (4) tunjangan lain |
|
|
|
|
|
|
7 |
Sekolah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan alat
tulis sesuai RKA dalam 3 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
8 |
Sekolah merealisasikan rencana belanja anggaran pengadaan bahan
dan alat habis pakai untuk kegiatan pembelajaran sesuai RKA dalam 3 tahun
terakhir. |
|
|
|
|
|
|
9 |
Sekolah merealisasikan rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan
berkala sarana dan prasarana sesuai RKA |
|
|
|
|
|
|
10 |
Sekolah merealisasikan rencana biaya pemeliharaan dan perbaikan
berkala sarana dan prasarana sesuai RKA |
|
|
|
|
|
|
11 |
Sekolah membelanjakan biaya pengadaan daya dan jasa sesuai RKA
selama 3 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
12 |
Sekolah membelanjakan biaya transportasi dan perjalanan dinas
serta konsumsi selama 3 tahun terakhir. |
|
|
|
|
|
|
13 |
Sekolah membelanjakan dana untuk kegiatan pembinaan siswa selama
3 tahun terakhir |
|
|
|
|
|
|
14 |
Sekolah membelanjakan anggaran untuk pelaporan dalam 3 tahun
terakhir |
|
|
|
|
|
|
15 |
Sumbangan pendidikan atau dana dari masyarakat/ pemerintah
selama 3 tahun terakhir, dikelola secara: (1) sistematis, (2) transparan, (3)
efisien, (4) akuntabel |
|
|
|
|
|
|
16 |
Sekolahmemiliki pembukuan keuangan 3 tahun terakhir yang
meliputi: (1) buku kas umum, (2) buku pembantu kas, (3) buku pembantu bank,
(4) buku pembantu pajak |
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
RATA-RATA |
|
Keterangan:
5= A : Unggul (91 -100)
4= B : Baik (81
- 90)
3= C : Cukup (71
- 80)
2= D : Kurang (61
- 70)
1= E : Sangat Kurang (0 - 60)
Kepala
Sekolah, _________________________________ NIP. |
.............................................. Pemantau, ______________________________ NIP:
|
No comments:
Post a Comment