torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday, 12 October 2022

ISTRUMEN PENILAIAN KOMPETENSI GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

ISTRUMEN

PENILAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN

DAN INDIKATOR

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1

Mengintegrasikan karakteristik siswa dari aspek fisik, agama dan moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dalam pembelajaran

 

 

 

 

 

 

2

Memilih teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa.

 

 

 

 

 

 

3

Merancang kegiatan pembelajaran siswa berdasarkan kurikulum

 

 

 

 

 

 

4

Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik

 

 

 

 

 

 

5

Menggunakan TIK serta bahan ajar untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik

 

 

 

 

 

 

6

Mengembangkan potensi siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki

 

 

 

 

 

 

7

Berkomunikasi penilaian proses dan hasil belajar

 

 

 

 

 

 

8

Menggunakan hasil penilaian proses dan secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa

 

 

 

 

 

 

9

Melaksanakan hasil belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran

 

 

 

 

 

 

10

Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

ISTRUMEN

PENILAIAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1

Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu

 

 

 

 

 

 

2

Menguasai kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.

 

 

 

 

 

 

3

Mengembangkan materi pembelajaran yang diampu secara kreatif

 

 

 

 

 

 

4

Mengembangkan keprofesian berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif

 

 

 

 

 

 

5

memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 

 

LEMBAR PENILAIAN

KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1.     

Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia

 

 

 

 

 

 

2.     

Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi siswa dan masyarakat

 

 

 

 

 

 

3.     

Menampilkan diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa.

 

 

 

 

 

 

4.     

Menunjukkan etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa percaya diri.

 

 

 

 

 

 

5.     

Menjunjung tinggi kode etik profesi guru.

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 

 

 

 

LEMBAR PEGAMATAN

KOMPETENSI SOSIAL GURU

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1

Komunikasi sesama guru dibuktikan melalui pengamatan asesor selama visitasi

 

 

 

 

 

 

2

Komunikasi guru dengan tenaga kependidikan dibuktikan melalui pengamatan asesor selama visitasi

 

 

 

 

 

 

3

Komunikasi guru dengan siswa dibuktikan melalui wawancara, observasi kelas, dan melihat hasil supervisi kepala sekolah/madrasah.

 

 

 

 

 

 

4

Komunikasi guru dengan orang tua dibuktikan melalui dokumen, pertemuan berkala guru dengan orang tua dan catatan guru BK

 

 

 

 

 

 

5

Komunikasi guru dengan masyarakat dibuktikan melalui dokumen pertemuan guru dengan masyarakat

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN

KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL KEPALA SEKOLAH

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1

Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin menjalankan yang dianut missal orang muslim rajin menjalankan sholat,orang Kristen rajin ke gereja.dll).

 

 

 

 

 

 

2

Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai dengan ketentuan, misalmelakukan pembelajaran dengan baik sesuai jadwal.

 

 

 

 

 

 

3

Kejujuran (menyampaikan sesuai apa adanya, misal izin tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya)

 

 

 

 

 

 

4

Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku misal: mulai dan mengahiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwa).

 

 

 

 

 

 

5

Keteladan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikan dan prilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta didik dalam tutur kata, berpakaian, dll)

 

 

 

 

 

 

6

Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan tugas, misal: yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan  dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas.

 

 

 

 

 

 

7

Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha menggunakan alam sekitar,dari bahan-bahan yang ada, disekitarnya dalam proses pembelajaran di kelas).

 

 

 

 

 

 

8

Kemampuan menerima kritik dan saran (prilaku dalam merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah, dan akomodatif terhadap saran orang lain).

 

 

 

 

 

 

9

Kemampuan berkomunikasi (dalam menyampaikan ide-idenya dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaan, misal dalam keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat).

 

 

 

 

 

 

10

Kemampuan bekerja sama.

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN

KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1.

Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan perencanaan

 

 

 

 

 

 

2.                 22.

Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan

 

 

 

 

 

 

3.

Memimpin penyelenggaraan sekolah/madrasah dalam pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara optimal.

 

 

 

 

 

 

4.

Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi pembelajaran yang efektif

 

 

 

 

 

 

5.

Menciptakan budaya dan iklim sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran siswa

 

 

 

 

 

 

6.

Mengelola guru dan tenaga administrasi sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara optimal

 

 

 

 

 

 

7.

Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan secara optimal

 

 

 

 

 

 

8.

Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan pembiayaan sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

 

9.

Mengelola seleksi dalam rangka penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam proses penerimaan, penempatan, dan pengembangan kapasitas siswa

 

 

 

 

 

 

10.

Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional

 

 

 

 

 

 

11.

Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien

 

 

 

 

 

 

12.

Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian tujuan sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

 

13.

Mengelola unit layanan khusus sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

 

14.

Mengelola sistem informasi sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan

 

 

 

 

 

 

15.

Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

 

16.

Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan tindak lanjutnya tindak lanjutnya.

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEMBAR PENGAMATAN

KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH

 

NAMA

: .................................................................

N I P

: .................................................................

PANGKAT, GOL./RUANG

: .................................................................

GURU KELAS/BIDANG

: .................................................................

MATA PELAJARAN

: .................................................................

UNIT KERJA

: .................................................................

 

Petunjuk

Berilah skor pada butir-butir supervisi perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang pada salah satu kolom angka ( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :

5 = Sangat Baik;    4 = Baik;      3 = Cukup;   2 = Kurang;  1 = Sangat Kurang

 

NO

INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI

KONDISI NYATA

KET.

1

2

3

4

5

1.     

Kemampuan menggalang dana dan sumber daya lainnya yang ada di masyarakat di luar orang tua wali murid seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, penggalangan dana dari dunia industri dan lain-lain

 

 

 

 

 

 

2.     

Kemampuan menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrsah

 

 

 

 

 

 

3.     

Bekerja keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi pembelajar yang efektif

 

 

 

 

 

 

4.     

Memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin sekolah/madrasah

 

 

 

 

 

 

5.     

Pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah/madarasah

 

 

 

 

 

 

6.     

Memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah sebagai sumber belajar siswa..

 

 

 

 

 

 

SKOR TOTAL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengawas Sekolah,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

Yang Diamati,

 

 

 

_______________________

NIP:

……………………...............

Pengamat,

 

 

 

_______________________

NIP:

 

 



No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan