ISTRUMEN
PENILAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
:
................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN INDIKATOR |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
Mengintegrasikan
karakteristik siswa dari aspek fisik, agama dan moral, sosial, kultural,
emosional, dan intelektual dalam pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
2 |
Memilih teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik
siswa. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Merancang kegiatan pembelajaran siswa berdasarkan kurikulum |
|
|
|
|
|
|
4 |
Menyelenggarakan
pembelajaran yang mendidik |
|
|
|
|
|
|
5 |
Menggunakan TIK
serta bahan ajar untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang
mendidik |
|
|
|
|
|
|
6 |
Mengembangkan potensi siswa untuk mengaktualisasikan berbagai potensi
yang dimiliki |
|
|
|
|
|
|
7 |
Berkomunikasi penilaian proses dan hasil belajar |
|
|
|
|
|
|
8 |
Menggunakan
hasil penilaian proses dan secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa |
|
|
|
|
|
|
9 |
Melaksanakan hasil belajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
10 |
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
ISTRUMEN
PENILAIAN
KOMPETENSI PROFESIONAL GURU
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
:
................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
Menguasai materi,
struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang
diampu |
|
|
|
|
|
|
2 |
Menguasai
kompetensi inti dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Mengembangkan materi pembelajaran yang
diampu secara kreatif |
|
|
|
|
|
|
4 |
Mengembangkan
keprofesian berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif |
|
|
|
|
|
|
5 |
memanfaatkan
teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
LEMBAR
PENILAIAN
KOMPETENSI
KEPRIBADIAN GURU
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
: ................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Bertindak
sesuai dengan norma agama, hukum, sosial, dan kebudayaan nasional Indonesia |
|
|
|
|
|
|
2. |
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia, dan teladan bagi siswa dan
masyarakat |
|
|
|
|
|
|
3. |
Menampilkan
diri sebagai pribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, dan berwibawa. |
|
|
|
|
|
|
4. |
Menunjukkan
etos kerja, tanggung jawab yang tinggi, rasa bangga menjadi guru, dan rasa
percaya diri. |
|
|
|
|
|
|
5. |
Menjunjung
tinggi kode etik profesi guru. |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
LEMBAR PEGAMATAN
KOMPETENSI
SOSIAL GURU
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
: ................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
Komunikasi sesama guru
dibuktikan melalui pengamatan asesor selama visitasi |
|
|
|
|
|
|
2 |
Komunikasi guru dengan
tenaga kependidikan dibuktikan melalui pengamatan asesor selama visitasi |
|
|
|
|
|
|
3 |
Komunikasi guru dengan siswa dibuktikan melalui
wawancara, observasi kelas, dan melihat hasil supervisi kepala
sekolah/madrasah. |
|
|
|
|
|
|
4 |
Komunikasi guru dengan
orang tua dibuktikan melalui dokumen, pertemuan berkala guru dengan orang tua
dan catatan guru BK |
|
|
|
|
|
|
5 |
Komunikasi guru dengan
masyarakat dibuktikan melalui dokumen pertemuan guru dengan masyarakat |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
LEMBAR PENGAMATAN
KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL KEPALA SEKOLAH
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
:
................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1 |
Ketaatan dalam menjalankan ajaran agama (rajin
menjalankan yang dianut missal orang muslim rajin menjalankan sholat,orang
Kristen rajin ke gereja.dll). |
|
|
|
|
|
|
2 |
Tanggung jawab (sanggup menyelesaikan tugas sesuai
dengan ketentuan, misalmelakukan pembelajaran dengan baik sesuai jadwal. |
|
|
|
|
|
|
3 |
Kejujuran (menyampaikan sesuai apa adanya, misal izin
tidak masuk atau tidak mengajar dengan alasan yang sebenarnya) |
|
|
|
|
|
|
4 |
Kedisiplinan (kepatuhan terhadap ketentuan yang berlaku
misal: mulai dan mengahiri kegiatan pembelajaran sesuai dengan jadwa). |
|
|
|
|
|
|
5 |
Keteladan (menjadi contoh atau rujukan dalam sikan dan
prilaku bagi orang lain, misal: menjadi teladan bagi sejawat dan peserta
didik dalam tutur kata, berpakaian, dll) |
|
|
|
|
|
|
6 |
Etos kerja (komitmen dan semangat dalam melaksanakan
tugas, misal: yang memiliki etos kerja tinggi, bersemangat melaksanakan dan mentaati kaidah-kaidah dalam tugas. |
|
|
|
|
|
|
7 |
Inovasi dan kreativitas (kemampuan dan kemauan untuk
mengadakan pembaharuan melalui olah pikirnya, misal selalu berusaha
menggunakan alam sekitar,dari bahan-bahan yang ada, disekitarnya dalam proses
pembelajaran di kelas). |
|
|
|
|
|
|
8 |
Kemampuan menerima kritik dan saran (prilaku dalam
merespon kritik dan saran dari orang lain, misal mendapat kritik tidak marah,
dan akomodatif terhadap saran orang lain). |
|
|
|
|
|
|
9 |
Kemampuan berkomunikasi (dalam menyampaikan ide-idenya
dengan bahasa yang baik dan dapat dipahami oleh sasaan, misal dalam
keseharian dapat berkomunikasi secara baik dengan sejawat). |
|
|
|
|
|
|
10 |
Kemampuan
bekerja sama. |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
LEMBAR PENGAMATAN
KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
:
................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Menyusun perencanaan sekolah/madrasah untuk berbagai tingkatan
perencanaan |
|
|
|
|
|
|
2. 22. |
Mengembangkan organisasi sekolah/madrasah sesuai dengan kebutuhan |
|
|
|
|
|
|
3. |
Memimpin penyelenggaraan sekolah/madrasah
dalam pendayagunaan sumber daya sekolah/madrasah secara optimal. |
|
|
|
|
|
|
4. |
Mengelola perubahan dan pengembangan sekolah/madrasah menuju organisasi
pembelajaran yang efektif |
|
|
|
|
|
|
5. |
Menciptakan budaya dan iklim
sekolah/madrasah yang kondusif dan inovatif bagi pembelajaran siswa |
|
|
|
|
|
|
6. |
Mengelola guru dan tenaga administrasi
sekolah/madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia secara
optimal |
|
|
|
|
|
|
7. |
Mengelola sarana dan prasarana sekolah/madrasah
dalam rangka pendayagunaan secara optimal |
|
|
|
|
|
|
8. |
Mengelola hubungan sekolah/madrasah dan
masyarakat dalam rangka pencarian dukungan ide, sumber belajar, dan
pembiayaan sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
9. |
Mengelola seleksi dalam rangka penerimaan peserta didik baru (PPDB) dalam
proses penerimaan, penempatan, dan pengembangan kapasitas siswa |
|
|
|
|
|
|
10. |
Mengelola pengembangan kurikulum dan kegiatan
pembelajaran sesuai dengan arah dan tujuan pendidikan nasional |
|
|
|
|
|
|
11. |
Mengelola keuangan sekolah/madrasah sesuai dengan prinsip
pengelolaan yang akuntabel, transparan, dan efisien |
|
|
|
|
|
|
12. |
Mengelola ketatausahaan sekolah/madrasah dalam mendukung pencapaian
tujuan sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
13. |
Mengelola unit layanan khusus
sekolah/madrasah dalam mendukung kegiatan pembelajaran dan kegiatan siswa di sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
14. |
Mengelola sistem informasi
sekolah/madrasah dalam mendukung penyusunan program dan pengambilan keputusan |
|
|
|
|
|
|
15. |
Memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) bagi
peningkatan pembelajaran dan manajemen sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
16. |
Melakukan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan program
kegiatan sekolah/madrasah dengan prosedur yang tepat, serta merencanakan
tindak lanjutnya tindak lanjutnya. |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
LEMBAR PENGAMATAN
KOMPETENSI
KEWIRAUSAHAAN KEPALA SEKOLAH
NAMA |
:
................................................................. |
N I P |
: ................................................................. |
PANGKAT, GOL./RUANG |
: ................................................................. |
GURU KELAS/BIDANG |
: ................................................................. |
MATA PELAJARAN |
:
................................................................. |
UNIT KERJA |
:
................................................................. |
Petunjuk
Berilah
skor pada butir-butir supervisi
perangkat pembelajaran dengan cara memberikan centang
pada salah satu kolom angka
( 1, 2, 3, 4, 5 ) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
5 = Sangat Baik; 4
= Baik; 3 = Cukup; 2 = Kurang; 1
= Sangat Kurang
NO |
INDIKATOR ASPEK YANG DINILAI |
KONDISI NYATA |
KET. |
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1.
|
Kemampuan
menggalang dana dan sumber daya lainnya yang ada di masyarakat di luar orang
tua wali murid seperti koperasi sekolah, kantin sekolah, penggalangan dana
dari dunia industri dan lain-lain |
|
|
|
|
|
|
2.
|
Kemampuan
menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah/madrsah |
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bekerja
keras untuk mencapai keberhasilan sekolah/madrasah sebagai organisasi
pembelajar yang efektif |
|
|
|
|
|
|
4.
|
Memiliki
motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya
sebagai pemimpin sekolah/madrasah |
|
|
|
|
|
|
5.
|
Pantang
menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang
dihadapi sekolah/madarasah |
|
|
|
|
|
|
6.
|
Memiliki
naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan produksi/jasa sekolah/madrasah
sebagai sumber belajar siswa.. |
|
|
|
|
|
|
SKOR
TOTAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pengawas Sekolah, _______________________ NIP: |
Yang Diamati, _______________________ NIP: |
……………………............... Pengamat, _______________________ NIP: |
No comments:
Post a Comment