Teori-Teori Pendidikan (Catatan Kecil)
1.
Behaviorisme
Kerangka kerjanya empirisme
Nature of human being (manusia tumbuh secara alami) Pengetahuan pada
dasarnya diperoleh dari pengalaman. Tingkah laku dalam belajar akan berubah kalau ada stimulus dan respon.
Tokohnya
– pavlov, watson, skinner, hull, guthrie dan thorndike
2.
Kognitivisme
Dasarnya rasional –the way in whichwe learn- pengetahuan seseorang
diperoleh berdasarkan pemikiran) lebih
mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar (karena belajar melibatkan
proses berpikir yang kompleks. Pendidikan dihasilkan dari proses berpikir
Tokohnya
– piaget, bruner dan ausebel
3.
Konstruktivisme
Siswa memperoleh pengetahuan adalah karena keaktifan siswa itu sendiri.
Pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga mampu mendorong siswa
mengorganisasi pengalamanya sendiri menjadi pengetahuan yang bermakna.
Pembelajar mandiri dan menemukan sendiri
Tokohnya
– Von Glasersfeld dan Vico
4.
Humanistik
Tujuannya untuk memanusiakan manusia- oleh karena itu dianggap berhasil
apabila sipembelajar telah memahami
lingkungannya dan dirinya sendiri. Mampu mengaktualisasi diri
Pengertian Pendidikan
1.
MJ Langeveld
Merupakan upaya manusia
dewasa membimbing manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan (bersusila dan
bertanggungjawab)
2.
Driyarkara
Upaya memanusiakan manusia
muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani
3.
Stella Van Petten Henderson
Merupakan kombinasi dari
pertumbuhan dan perkembangan insani dengan warisan sosial . Pendidikan adalah
pembentukan hati nurani.
4.
John Dewey (1978)
Education is all one with
growing; it has no end beyond it self
(pendidikan adalaha segala sesuatu bersamaan dengan pertumbuhan,
pendidikan sendiri tidak punya tujuan akhir di balik dirinya)
5.
HH Horne
No comments:
Post a Comment