torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday, 16 February 2022

PROGRAM KEPENGAWASAN (BAB II)

 PROGRAM KEPENGAWASAN  (BAB II)


BAB II

EVALUASI  HASIL PELAKSANAAN  PROGRAM KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA

 


A.    IDENTIFIKASI HASIL PENGAWASAN TAHUN 2021

 

NO

Program

Kegiatan

Target

Hasil

Kesenjangan

Alternatif Pemecahan Masalah

Keterangan

 

1.       PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

1

Pembinaan Guru

 

Perencanaan Pembelajaran

Model Kurikulum 2013

100%

37,5%

62,5% guru terutama yang belum disertakan dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK, Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam penyusunan RPP

 

Penguatan kemampuan guru dalam

menyusun RPP baik melalui visitasi meupun melalui Bimtek Tingkat Kecamatan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Pelaksanaan Pembelajaran

Model Kurikulum 2013

100%

37,5%

62,5% guru terutama yang belum disertakan dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK, Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam pelaksanaan pembelajaran

 

 

Pembinaan melalui Bimtek di Tingkat Kecamatan dengan fokus materi peer teaching dan pengamatan pembelajaran model Kurikulum 2013

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Penilaian Hasil Pembelajaran mencakup aspek K-1, K-2, K-3, dan K-4

.

 

100%

28,5%

71,5% guru terutama yang belum disertakan dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK, Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam pelaksanaan pembelajaran

 

Pembinaan melalui Bimtek di Tingkat Kecamatan dengan fokus materi :

o   Instrumen penilaian K-1, K-2, K-3, dan K-4

o   Cara penilaian dan pengolahan nilai    K-1, K-2, K-3, dan K-4

o   Model e-Rapor Kurilum 2013

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

2.

Pembinaan Kepala Sekolah

 

Kompetensi Kepribadian dan Sosial

100%

89%

Hanya 11% Kepala Sekolah masih lemah di kompetensi kepribadian dan sosialnya

 

Pembinaan melalui kegiatan supervisi klinis terhadap yang bersangkutan secara langsung

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Kepemimpinan Pembelajaran

100%

72%

28% Kepala Sekolah belum maksimal dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan hasil supervisi akademik terutama dalam menindaklanjutinya

Pembinaan berkelanjutan dan terprogram melalui KKKS.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Pengembangan Sekolah 

 

100%

70%

30% Kepala sekolah belum optimal  dalam mengembangkan sekolah sesuai ketentuan

Pembimbingan melalui KKKS

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS)

100%

80%

20% Kepala Sekolah belum merevisi RKAS sesuai kebutuhan tahun pelajaran berjalan

Pendampingan revisi RKAS sesuai tahun pelajaran berjalan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

 

Sistem Informasi Manajemen  (SIM)

100%

65%

35% sekolah belum menyelenggarakan sistem Informasi majajemae secara lengkap.

Pembimbingan terprogram pada kegiatan KKKS

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi kemudian merefleksikan hasil-hasilnya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan

 

100%

50%

50% sekolah belum optimal dalam melaksanakan EDS yang didukung fakta berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, guru, kepala sekolah, dan komite

Pembibingan penyusunan EDS secara tepat berdasarkan fakta hasil dari pengisian instrumen siswa, guru, kepala sekolah, dan komite

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Manajemen sumber daya

100%

60%

40% sekolah belum mengelola sumber daya secara tepat terutama dalam SDM masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan pendidikan yang diampu dan dalam penyusunan administrasi msih lebih banyak manual dibanding penggunaan IT

Pelatihan khusus pengelolaan manajemen sekolah berbasis IT

 

 

 

 

 

 

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

Pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP),

100%

100%

100% sekolah tidak mengelola program induksi guru pemula karena di setiap sekolah tidak ada pengangkatan guru baru

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

 

Pengelolaan PK guru dan tenaga kependidikan

100%

100%

Tidak ada kesenjangan dalan pelaksanaan PKG, tetapi masih banyak yang harus dibenahi agar nilai PKB lebih baik lagi bagi semua guru

Pembinaan untuk meningkatkan kinerja baik rencana, pelaksanaan maupun peningkatan kompetensi yang harus dimiliki guru

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

2.       PEMANTAUAN PELAKSANAAN  8 SNP

 

pengelolaan PKB

1.

Pemantauan 8 SNP

Standar Isi

Nilai 100  Predikat A

Nilai 72 Predikat C

Sekolah belum melengkapi perangkat  Kurikulum 2013 yang sesuai dengan ketentuan

Pendampingan terhadap sekolah binaan dengan materi :

o  Penyusunan KTSP berbasis Kurikulum 2013

o  Prota dan prosem

o  Silabus dan RPP

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

2

 

Standar Proses

Nilai 100 Predikat A

Nilai 70 Predikat C

o Guru belum optimal dalam mengaplikasikan PPK, Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam proses pembelajaran

o Kepala sekolah belum maksimal dalam melaksanakan supervisi pembelajaran

 

o  Pembinaan terhadap guru tentang skenario/langkah-langkah pembelajaran model Kurikulum 2013

 

 

o  Pembinaan terhadap kepala sekolah tentang program supervisi dan tindak lanjut hasil kegiatan supervisi

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

3

 

Standar Kompetensi Lulusan

Nilai 100  Predikat A

Nilai 70 Predikat C

Siswa belum optimal dalam memperoleh pengalaman pembelajaran yang mencerminkan sikap spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan

Pembinaan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menanamkan sikap spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan terhadap siswa dalam proses pembelajaran

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

4

 

Standar PTK

Nilai 100 Predikat A

Nilai 60 Predikat D

o Sebagian besar sekolah tidak memiliki guru PABP, guru OR, tenaga administrasi, dan tenaga perpustakan yang sesuai latar belakang pendidikannya

o Kepala sekolah dalam kewirausahaan dan supervisi belum maksimal

 

o   Pembinaan dan pemberdayaan guru yang ada untuk menjalankan tugas sebagai guru PABP, OR, tenaga administrasi, dan pustakawan dengan SK Kepala Sekolah

 

 

o   Penguatan terhadap kepala sekolah tentang kewirausahaan dan supervisi pembelajaran

 

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

5

 

Standar Sapras

Nilai 100 Predikat A

Nilai 70 Predikat C

Rata sekolah binaan tidak memiliki sarana ruang kepala/guru khusus, sarana ibadah, sarana bermain, WC yang sesuai ketentuan

Dianjurkan kepada kepala sekolah untuk berusaha melengkapi sarana yang belum ada, baik melalui pemerintah atau masyarakat

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

6

 

Standar Pengelolaan

Nilai 100 Predikat A

Nilai 81 Predikat B

Pada dasarnya bukti fisik program sekolah ada, namun perlu dilengkapi dan diperbaiki  

Pendampingan terhadap kepala sekolah tentang :

o   Penyusunan visi, misi sekolah

o   EDS

o   RKJM, RKT, RKA/RKAS

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

7

 

Standar Pembiayaan

Nilai 100 Predikat A

Nilai 82 Predikat B

Tidak terdapat kesenjangan yang signipikan. Hanya dalam pelaporan masih ada sekolah yang tidak tepat waktu

Menyampaikan intruksi agar pelaporan tepat waktu disampaikan pada sekolah yang bersangkutan

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

8

 

Standar Penilaian

Nilai 100 Predikat A

Nilai 69 Predikat C

o  Guru belum menetapkan KBM/KKM sesuai ketentuan

o  Pemahaman guru tentang penilaian Kurikulum 2013 masih kurang

Pendampingan terhadap guru mengenai :

Pembinaan dan pendampingan terhadap guru dengan materi :

o   cara penyusunan KBM/KKM model Kurikulum 2013

o   cara menilai dan pengolahan nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan

o   cara menggunakan instrumen penilaian

o   mobel e-rapor Kurikulum 2013

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

3.       PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

1

Penilaian Kinerja Guru

 

Standar Kompetensi Guru

100%

60%

40% guru belum memahami secara baik kompetensi guru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya.

Penilaian berkelanjutan dan terprogram.

 

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

2

Penilian Kinerja kepala sekolah

Standar Kompetensi Kepala Sekolah

100%.

 

70%.

30% kepala sekolah belum memahami secara baik kompetensi kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya

Penilaian berkelanjutan dan terprogram.

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

4.        PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

1

Pembim-bingan dan Pelatihan Guru

Pengembangan Keprofesian Guru

100%.

30%

70% guru belum melaksanakan PKB

Pembimbingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara berkala melui KKG

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

2

Pembimbingan dan Pelatihan Kepala Sekolah

 

Pengembangan Keprofesian Kepala Sekolah

100%

40%

60% kepala sekolah belum mampu mengembangkan manajemen sekolah secara baik.

Pembimbingan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan secara berkala melui KKKS

1.  SDN 1 Pamalayan

2.  SDN 2 Pamalayan

3.  SDN 3 Pamalayan

4.  SDN 4 Pamalayan

5.  SDN 1 Dewasari

6.  SDN 2 Dewasari

7.  SDN 3 Dewasari

8.  SDN 1 Margajaya

9.  SDN 2 Margajaya

10.SDN 3 Margajaya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

B.   ANALISIS HASIL PENGAWASAN TAHUN  2021

 

No

Aspek/Materi

Kegiatan

Sasaran

Target

Metode

Hambatan

Ketercapaian

Kesimpulan

Tindak Lanjut

 

1.        PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

PEMBINAAN GURU                                                                                                                                                 

 

1.1

Penyusunan Perencanaan

Pembelajaran

 

 

 

 

Pembinaa Guru dalam Penyusunan Perencanaan

 

 

 

63 Guru Binaan

100%

Tanya jawab, diskusi, kajian reverensi, dan penugasan

Kemampuan guru dalam menyerap informasi beragam

Melalui hasil nilai penugasan 80% guru dapat menyerap informasi dengan baik

 

Pembinaa guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran baru mencapai 80%

 

Pembimbingan pada kegiatan KKG

 

1.2

Pelaksanaan Pembelajaran

Pembinaan guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran

63 Guru Binaan

100%

Pengamatan

diskusi, dan

tanya jawab

Kemampuan guru dalam veer teaching belum maksimal

 

Melalui pengamatan veer teaching kemampuan guru baru tercapai 75%

Pembinaan guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran baru tercapai 75%

Pembimbingan klasikal di 9 sekolah binaan

 

1.3

Penilaian hasil belajar

Pembinaan guru dalam pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampiln

 

63 Guru Binaan

100%

Tanya jawab, diskusi,

penugasan

35% guru belum maksimal dalam memahami penilaian sikap dan mendeskrip-sikan hasil penilaian pada rapor

 

 

Melalui penugasan ketercapaian pembinaan baru mencapai 65%

Pembinaan guru dalam Pelaksanaan

penilaian Pembelajaran mencapai 65%

Pembimbingan klasikal di 9 sekolah binaan

 

PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH

 

1

Kompetensi kepribadian dan sosial

Pembinaan Kepala sekolah tentang kompetensi Kepribadian dan sossial

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

20 Kepala sekolah belum memenuhi Kompetensi kepribadian sebagaimana ketentuan

Pembinaa kepala sekolah  tentang Kompetensi Kerpibadian dan sosial baru mencapai 80%

Pembimbi-ngan personal  sesuai kebutuhan

 

2

Kepemimpinan Pembelajaran

Pembinaan KS tentang kepemimpinan pembelajaran

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

Baru 75% Kepala sekolah yang faham dan melaksanakan kepemimpinan KS secara tepat

Pembinaan baru mencapai 75%

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

3

Pengembangan Sekolah 

 

Pembinaan Kepala sekolah tentang pengembanagan sekolah

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

Baru 75% Kepala sekolah yang faham dan melaksanakan kepemimpinan kepala sekolah secara tepat

Pembinaan baru mencapai 75%

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS)

Pembinaan Kepala sekolah tentang program sekolah

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Pembinaan tidak tepat jadwal terkendala kegiatan lain yang lebih penting

70% sekolah merencanakan program sesuai dengan ketentuan

Pembinaan baru mencapai

70%

 

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

Pembinaan Kepala sekolah tentang Sistem Informasi Manajemen (SIM)

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

65% sekolah mengelola sistem informasi manajemen sekolah dengan tepat

Pembinaan baru mencapai 65%

 

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi lalu Merefleksikan Hasil-Hasilnya dalam Upaya Penjaminan

Pembinaan KS tentang  EDS dan Akreditasi lalu merefleksikan Hasil-hasilnya dalam Upaya Penjaminan

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

60%  melaksanakan EDS berdasarkan fakta hasil angket siswa,guru,kepala sekolah dan komite

Pembinaan baru mencapai 60%

 

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

4

Manajemen sumber daya

Pembinaan Kepala sekolah tentang manajemen sumber daya

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

75% sekolah  mengelola manajemen sumber daya manusia secara utuh

Pembinaan baru mencapai 75%

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP),

Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP),

 

 

 

 

 

 

 

 

pengelolaan Penilaian Kinerja guru dan tenaga kependidikan

Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan Penilaian Kinerja guru dan tenaga kependidikan

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Sebagian besar kepala sekolah belum bisa mengoperasikan komputer sehingga penilaian kinerja guru harus manual

75% sekoah

mengelola Penilaian Kinerja guru dan tenaga kependidikan dengan benar

Pembinaan baru mencapai

75%

Pelatihan pada kegiatan KKKS

 

pengelolaan PKB

Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan PKB

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kepala sekolah kurang respon terhadap pelaksanaan PKB mandiri

80%  Kepala sekolah belum melaksanakan PKB KS Karena menunggu prorram pemerintah

Pembinaan baru mencapai 20%

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

Pengelolaan kurikulum;

Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan kurikulum

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

10 % sekolah belum mengelola kurikulum secara maksimal

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

5

Kewirausahaan;

Pembinaan Kepala sekolah tentang kewirausahaan;

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan lain

Hanya 30 % sekolah yang melaksanakan kewiruasahaan secara nampak yang lainnya belum begitu namapak

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

6

Supervisi pembelajaran.

Pembinaan Kepala sekolah tentang supervisi pembelajaran

7 Kepala Sekolah

100%

Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter

70% kepala sekolah belum sepenuhnya faham prosedur supervisi pembelajaran secara runut

70 %  dari kepala sekolah belum menindaklanjuti hasil supervisi

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

2.      PEMANTAUAN PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (SNP)

 

1

Standar kompetensi lulusan;        

Memantau pelaksanaan Standar kompetensi Lulusan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,studi dokumenter,tanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan 8 standar dilaksanakan satu hari untuk tiap sekolah

 

Terdapat 3 sekolah yang nilai SKL nya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

2

Standar isi 

Memantau pelaksanaan Standar kompetensi Lulusan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,studi dokumenter,tanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama

 

Terdapat

4 sekolah yang nilai Standar Isinya nya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

3

Standar proses;

Memantau pelaksanaan Standar proses

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,studi dokumenter, wawancara,curah pendapat

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama

 

Terdapat

6 sekolah yang nilai Standar

prosesnya nya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

4

Standar penilaian pendidikan

Memantau pelaksanaan Standar penilaian pendidikan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,

studi dokumentertanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama

Terdapat

 6 Sekolah yang nil Standar penilaiam pendidikannya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembimbingan pada kegiatan KKKS

 

5

Standar pendidik dan tenaga kependidikan

Memantau pelaksanaan Standar pendidik tenaga kependidikan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,

studi dokumentertanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama

Terdapat

 8 sekolah yang nilai Standar Pendidik dan tenaga kependidikannnya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

6

Standar sarana dan prasarana

Memantau pelaksanaan Standar saran dan prasarana

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,

studi dokumentertanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama

Terdapat

 8 sekolah yang nilai Standar sarprasnya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

 

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

7

Standar pembiayaan           

Memantau pelaksanaan Standar pembiayaan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,

studi dokumentertanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama

Terdapat

 4 sekolah yang nilai Standar Pembiayaannya kurang dari 80

Pembimbingan terprogram

Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS

 

8

Standar pengelolaan pendidikan

Memantau pelaksanaan Standar pengelolaan pendidikan

9 Sekolah Binaan

100%

Observasi,

studi dokumentettanya jawab

Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama

Terdapat

 4 sekolah yang nilai Standar Pengelolaan pendidikannya kurang dari 80

Pembim-bingan terprogram

Pembim-bingan terprogram

 

3.        PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

100%

3.1

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

Melakukan penilaian terhadap Kinerja Kepala sekolah

100%

100%

Observasi,

studi dokumenter,tanya jawab

Pelaksanaan sering tidak seseuai jadwal karena bersamaan dengan kegiatan lain

 

Ada 30 % kepala sekolah dalam PKKS hanya mencapai nilan akhir C ( cukup)

Pembimbingan

Klinis terprogram

Pembinaan khusus

 

3.2

Penilaian Kinerja Guru

Melakukan penilaian terhadap Kinerja guru

100%

100%

Observasi,

studi dokumentertanya jawab

Pelaksanaan sering tidak seseuai jadwal karena bersamaan dengan kegiatan lain

 

Ada 20 % kepala sekolah dalam PKG hanya mencapai nilan akhir C

  (cukup)

Pembim-bingan terprogram

Pembim-bingan pada KKG

 

4.      PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU

 

1

Kompetensi kepribadian dan sosial

           

         

 

Pembimbingan dan Pelatihan Guru dalam meningkatkan Keprofesian

 

100%

75%

Tanya jawab,pembinaan tentang kompetensi yang harus dimiliki oleh guru

Kehadiran tidak 100%

Karena terkendala berbagai halangan

25% guru belum mendapat pembimbingan

Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus

Pembim-bingan pada KKG

 

 

Pelaksanaan Pembelajar an

Pembimbingan pelaksanaan pembelajaran

100%

75%

Tanya jawab, dan pembimbingan tentang pelalaksanaan pembelajar-an

Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena keterbatasan waktu

25% guru belum dapat mengikuti pembimingan

Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus

Pembim-bingan pada KKG

 

 

Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran

Pembimbingan

Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran

100%

80%

Tanya jawab,  membimbing guru tentang pelaksanaan penilaian berdasarkan permendikbud no 23 tahun 2016

Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena keterbatasan waktu

20% guru belum dapat mengikuti pmbimingan

Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus

Pembim-bingan pada KKG

 

 

Pelaksanaan Pembimbingan dan Pelatihan Guru dengan Tugas

Tambahan

Membimbing kepala sekolah

Dalam pelaksanaan tugas tambahan

100%

100%

Tanya jawab,  membimbing kepala sekolah  dalam pelak-sanaan tupoksi sesuia buku kerja kepala sekolah

Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena keterbatasan waktu

Belum semua faham tentang buku kerja baru kepala sekolah

Diadakan penjadwalan kembali untuk pembahasan buku kerja kepala sekolah

Pembim-bingan pada KKG

 

 

Pembimbingan Pembuatan KTI

Membimbing guru dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah

100%

70%

Tanya jawab,  pembimbingan penulisan karya tulis ilmiah

Guru kurang berminat dalam penulisan karya tulis ilmiah

Hanya 30% guru yang mempu mengoprasikan IT

Diadakan penjadwalan kembali untuk pembahasan penulisan karya tulis ilmiah

Pembim-bingan pada KKG

 

 

Pembimbingan Pengawas Sekolah Muda

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada pengawas muda

 

 

PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL KEPALA SEKOLAH

 

1

Menyusun Program Kerja Sekolah

Membibing Kepala sekolah dalam penyusunan program kerja sekolah

100%

80%

Tanya jawab,  pembimbingan penyusunan program kerja sekolah

 

70% kepala   sekolah mampu menyusun Program kepala kerja kepala sekolah

Pembinaan baru mencapai 70%

Pembim-bingan pada KKKS

 

2

Pelaksanaan Program Kerja Sekolah

Membibing Kepala sekolah hubungannya dengan Pelaksanaan Program sekolah

100%

80%

Tanya jawab,  pembimbingan penulisan penyusunan program kerja sekolah

 

60% kepala   sekolah mampu melaksanakan Program kerja sekolah

Pembinaan baru mencapai 70%

Pembim-bingan pada KKKS

 

3

Program Pengawasan dan Evaluasi

Membibing Kepala sekolah hubungannya dengan pelaksanaan Program Pengawasan dan Evaluasi

100%

80%

Tanya jawab,  studi dokumenter.pembimbingan Program Pengawasan dan Evaluasi

 

70% kepala   sekolah mampu melaksanakam pengawasan dan evaluasi

Pembinaan baru mencapai 70%

 

 

4

Kepemimpinan Sekolah

Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan pelaksanaan Kepemimpinan sekolah

100%

80%

Tanya jawab,  studi dokumenter.pembimbingan tentang kepemimpinan sekolah

 

70% kepala   sekolah mampu melaksanakan kepemimpinan sekolah sesuai ketentuan

Pembinaan baru mencapai 70%

Pembim-bingan pada KKKS

 

5

Sistem Informasi Manajemen

Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan pelaksanaan dan penatakelolaan sistem Informasi dan manajemen

100%

80%

Tanya jawab,  pembimbingan tentang siste informasi manajemen

 

65% kepala   sekolah mampu mengelola sistem informasi manajemen

Pembinaan baru mencapai 65%

Pembim-bingan pada KKKS

 

6

 

Pembimbingan PTS

Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan pelaksanaan Penelitian tindakan sekolah

100%

80%

pembimbingan penulisan Karya tulis ilmiah untuk kepala sekolah

Kepala sekolah kurang berminat dalam penulisan karya tulis ilmiah

50% kepala   sekolah mengerti cara menyusun KTI berupa PTS

Pembinaan baru mencapai 70%

Pembim-bingan pada KKKS

 

8

Akreditasi Sekolah

Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan persiapan dan pelaksanaan akreditasi Sekolah

100%

80%

Pembimbingan persiapan akreditasi sekolah

 

80% kepala   sekolah  mampu menyiapkan pelaksanaan akreditasi sekolah

Pembinaan baru mencapai 80%

Pembim-bingan pada KKKS

 

 

 

C.   TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN SEBAGAI ACUAN DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PENGAWASAN

 

Berdasarkan identifikasi dan analisis hasil pengawasan tahun lalu, maka disusunlah program pengawasan yang mengacu pada hasil identifikasi dan analisis hasil pengawasan tersebut. Untuk lebih jelasnya dipaparkan pada Bab III program ini.


Bersambung ke BAB III


=======================================

Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:

“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel menarik berikut -----

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan