PROGRAM KEPENGAWASAN (BAB II)
BAB II
EVALUASI HASIL PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN PENGAWASAN TAHUN SEBELUMNYA
A.
IDENTIFIKASI
HASIL PENGAWASAN TAHUN 2021
NO |
Program |
Kegiatan |
Target |
Hasil |
Kesenjangan |
Alternatif Pemecahan Masalah |
Keterangan |
|
|
1. PEMBINAAN GURU DAN
KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||
1 |
Pembinaan Guru |
Perencanaan Pembelajaran Model Kurikulum 2013 |
100% |
37,5% |
62,5% guru terutama yang belum disertakan
dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK,
Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam penyusunan RPP |
Penguatan kemampuan guru dalam menyusun RPP baik melalui visitasi meupun
melalui Bimtek Tingkat Kecamatan |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Pelaksanaan Pembelajaran Model Kurikulum 2013 |
100% |
37,5% |
62,5% guru terutama yang belum disertakan
dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK,
Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam pelaksanaan pembelajaran |
Pembinaan melalui Bimtek di Tingkat
Kecamatan dengan fokus materi peer teaching dan pengamatan
pembelajaran model Kurikulum 2013 |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Penilaian Hasil Pembelajaran
mencakup aspek K-1, K-2, K-3, dan K-4 . |
100% |
28,5% |
71,5% guru terutama yang belum disertakan
dalam pendampingan Kurikulum 2013 belum optimal dalam mengintegrasikan PPK,
Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam pelaksanaan pembelajaran |
Pembinaan melalui Bimtek di Tingkat
Kecamatan dengan fokus materi : o
Instrumen penilaian K-1, K-2, K-3, dan K-4 o
Cara penilaian dan pengolahan nilai K-1, K-2, K-3, dan K-4 o
Model e-Rapor Kurilum 2013 |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2. |
Pembinaan Kepala Sekolah |
Kompetensi Kepribadian dan Sosial |
100% |
89% |
Hanya 11% Kepala Sekolah masih lemah di
kompetensi kepribadian dan sosialnya |
Pembinaan melalui kegiatan
supervisi klinis terhadap yang bersangkutan secara langsung |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Kepemimpinan Pembelajaran |
100% |
72% |
28% Kepala Sekolah belum maksimal
dalam menyusun perencanaan, pelaksanaan, dan
pelaporan hasil supervisi akademik terutama dalam menindaklanjutinya |
Pembinaan berkelanjutan dan terprogram
melalui KKKS. |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Pengembangan Sekolah
|
100% |
70% |
30% Kepala sekolah belum optimal
dalam mengembangkan sekolah sesuai ketentuan |
Pembimbingan melalui KKKS |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS) |
100% |
80% |
20% Kepala Sekolah belum merevisi RKAS sesuai kebutuhan tahun pelajaran
berjalan |
Pendampingan revisi RKAS sesuai tahun
pelajaran berjalan |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Sistem Informasi Manajemen (SIM) |
100% |
65% |
35% sekolah belum menyelenggarakan sistem Informasi majajemae secara
lengkap. |
Pembimbingan terprogram pada kegiatan KKKS |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi kemudian
merefleksikan hasil-hasilnya dalam upaya penjaminan mutu pendidikan |
100% |
50% |
50% sekolah belum optimal dalam melaksanakan EDS yang didukung fakta
berdasarkan angket yang diisi oleh siswa, guru, kepala sekolah, dan komite |
Pembibingan penyusunan EDS secara tepat
berdasarkan fakta hasil dari pengisian instrumen siswa, guru, kepala sekolah, dan komite |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Manajemen sumber daya |
100% |
60% |
40% sekolah belum mengelola sumber daya secara tepat terutama dalam SDM
masih banyak guru yang mengajar tidak sesuai dengan pendidikan yang diampu dan
dalam penyusunan administrasi msih lebih banyak manual dibanding penggunaan
IT |
Pelatihan khusus pengelolaan manajemen
sekolah berbasis IT |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP), |
100% |
100% |
100% sekolah tidak mengelola program induksi guru pemula karena di
setiap sekolah tidak ada pengangkatan guru baru |
|
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
|
|
Pengelolaan PK guru dan tenaga kependidikan |
100% |
100% |
Tidak ada kesenjangan dalan pelaksanaan PKG, tetapi masih banyak yang
harus dibenahi agar nilai PKB lebih baik lagi bagi semua guru |
Pembinaan untuk meningkatkan kinerja baik
rencana, pelaksanaan maupun peningkatan kompetensi yang harus dimiliki guru |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2.
PEMANTAUAN
PELAKSANAAN 8 SNP |
|
pengelolaan PKB |
|||||||
1. |
Pemantauan
8 SNP |
Standar Isi |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai 72 Predikat C |
Sekolah belum melengkapi perangkat
Kurikulum 2013 yang sesuai dengan ketentuan |
Pendampingan
terhadap sekolah binaan dengan materi
: o Penyusunan KTSP berbasis
Kurikulum 2013 o Prota dan prosem o Silabus dan RPP |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2 |
|
Standar Proses |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai
70 Predikat C |
o Guru belum optimal dalam
mengaplikasikan PPK, Literasi, HOTS, dan kemampuan abad 21 dalam proses pembelajaran
o Kepala sekolah belum maksimal
dalam melaksanakan supervisi pembelajaran |
o Pembinaan terhadap guru tentang
skenario/langkah-langkah pembelajaran model Kurikulum 2013 o Pembinaan terhadap kepala
sekolah tentang program supervisi dan tindak lanjut hasil kegiatan supervisi |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
3 |
|
Standar Kompetensi Lulusan |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai 70 Predikat C |
Siswa belum optimal dalam memperoleh pengalaman
pembelajaran yang mencerminkan
sikap spritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan |
Pembinaan untuk
meningkatkan kemampuan guru dalam menanamkan sikap spritual, sosial,
pengetahuan, dan keterampilan terhadap siswa dalam proses pembelajaran |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
4 |
|
Standar PTK |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai
60 Predikat D |
o Sebagian besar sekolah tidak
memiliki guru PABP, guru OR, tenaga administrasi, dan tenaga perpustakan yang
sesuai latar belakang pendidikannya o Kepala sekolah dalam
kewirausahaan dan supervisi belum maksimal |
o
Pembinaan dan pemberdayaan guru yang ada untuk menjalankan tugas
sebagai guru PABP, OR, tenaga administrasi, dan pustakawan dengan SK Kepala
Sekolah o
Penguatan terhadap kepala sekolah tentang kewirausahaan dan supervisi
pembelajaran |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
5 |
|
Standar Sapras |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai 70 Predikat C |
Rata sekolah binaan tidak memiliki sarana ruang kepala/guru khusus,
sarana ibadah, sarana bermain, WC yang sesuai ketentuan |
Dianjurkan kepada kepala sekolah untuk berusaha melengkapi sarana yang
belum ada, baik melalui pemerintah atau masyarakat |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
6 |
|
Standar Pengelolaan |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai 81 Predikat B |
Pada dasarnya bukti fisik program sekolah ada, namun perlu dilengkapi
dan diperbaiki |
Pendampingan
terhadap kepala sekolah tentang : o
Penyusunan visi, misi sekolah o
EDS o
RKJM, RKT, RKA/RKAS |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
7 |
|
Standar Pembiayaan |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai 82 Predikat B |
Tidak terdapat kesenjangan yang signipikan. Hanya dalam pelaporan masih
ada sekolah yang tidak tepat waktu |
Menyampaikan intruksi agar pelaporan tepat waktu disampaikan pada
sekolah yang bersangkutan |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
8 |
|
Standar Penilaian |
Nilai 100 Predikat A |
Nilai
69 Predikat C |
o Guru belum menetapkan KBM/KKM
sesuai ketentuan o Pemahaman guru tentang
penilaian Kurikulum 2013 masih kurang |
Pendampingan
terhadap guru mengenai : Pembinaan
dan pendampingan terhadap guru dengan materi : o
cara penyusunan KBM/KKM model Kurikulum 2013 o
cara menilai dan pengolahan nilai sikap, pengetahuan, dan keterampilan o
cara menggunakan instrumen penilaian o
mobel e-rapor Kurikulum 2013 |
1.
SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
3. PENILAIAN
KINERJA GURU DAN
KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||
1 |
Penilaian Kinerja Guru |
Standar Kompetensi Guru |
100% |
60% |
40% guru belum memahami secara baik
kompetensi guru dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya. |
Penilaian berkelanjutan dan terprogram. |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2 |
Penilian Kinerja kepala sekolah |
Standar Kompetensi Kepala Sekolah |
100%. |
70%. |
30% kepala sekolah belum memahami secara
baik kompetensi kepala sekolah dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsinya |
Penilaian berkelanjutan dan terprogram. |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
4.
PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU DAN KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||
1 |
Pembim-bingan dan Pelatihan Guru |
Pengembangan Keprofesian Guru |
100%. |
30% |
70% guru belum melaksanakan
PKB |
Pembimbingan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan secara berkala melui KKG |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
|
2 |
Pembimbingan dan Pelatihan Kepala
Sekolah |
Pengembangan Keprofesian Kepala Sekolah |
100% |
40% |
60% kepala sekolah belum mampu mengembangkan
manajemen sekolah secara baik. |
Pembimbingan Pengembangan
Keprofesian Berkelanjutan secara berkala melui KKKS |
1. SDN 1 Pamalayan 2. SDN 2 Pamalayan 3. SDN 3 Pamalayan 4. SDN 4 Pamalayan 5. SDN 1 Dewasari 6. SDN 2 Dewasari 7. SDN 3 Dewasari 8. SDN 1 Margajaya 9. SDN 2 Margajaya 10.SDN 3 Margajaya |
|
B.
ANALISIS HASIL PENGAWASAN TAHUN 2021
No |
Aspek/Materi |
Kegiatan |
Sasaran |
Target |
Metode |
Hambatan |
Ketercapaian |
Kesimpulan |
Tindak Lanjut |
|
|
1.
PEMBINAAN
GURU DAN KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||||
PEMBINAAN GURU |
|
||||||||||
1.1 |
Penyusunan Perencanaan Pembelajaran |
Pembinaa Guru dalam Penyusunan Perencanaan |
63 Guru Binaan |
100% |
Tanya jawab, diskusi, kajian reverensi, dan penugasan |
Kemampuan guru dalam menyerap informasi beragam |
Melalui hasil nilai penugasan 80% guru dapat menyerap
informasi dengan baik |
Pembinaa guru dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran
baru mencapai 80% |
Pembimbingan pada kegiatan KKG |
|
|
1.2 |
Pelaksanaan Pembelajaran |
Pembinaan guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran |
63 Guru Binaan |
100% |
Pengamatan diskusi, dan tanya jawab |
Kemampuan guru dalam veer teaching belum maksimal |
Melalui pengamatan veer teaching kemampuan guru baru
tercapai 75% |
Pembinaan guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran baru
tercapai 75% |
Pembimbingan klasikal di 9 sekolah binaan |
|
|
1.3 |
Penilaian hasil belajar |
Pembinaan guru dalam
pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampiln |
63 Guru Binaan |
100% |
Tanya jawab, diskusi, penugasan |
35% guru belum maksimal dalam memahami penilaian sikap
dan mendeskrip-sikan hasil penilaian pada rapor |
Melalui penugasan ketercapaian pembinaan baru mencapai
65% |
Pembinaan guru dalam Pelaksanaan penilaian Pembelajaran mencapai 65% |
Pembimbingan klasikal di 9 sekolah binaan |
|
|
PEMBINAAN KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||||
1 |
Kompetensi kepribadian dan sosial |
Pembinaan Kepala sekolah tentang kompetensi Kepribadian
dan sossial |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
20 Kepala sekolah belum memenuhi Kompetensi kepribadian
sebagaimana ketentuan |
Pembinaa kepala sekolah
tentang Kompetensi Kerpibadian dan sosial baru mencapai 80% |
Pembimbi-ngan personal
sesuai kebutuhan |
|
|
2 |
Kepemimpinan Pembelajaran |
Pembinaan KS tentang kepemimpinan pembelajaran |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
Baru 75% Kepala sekolah yang faham dan melaksanakan
kepemimpinan KS secara tepat |
Pembinaan baru mencapai 75% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
3 |
Pengembangan Sekolah
|
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengembanagan sekolah |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
Baru 75% Kepala sekolah yang faham dan melaksanakan
kepemimpinan kepala sekolah secara tepat |
Pembinaan baru mencapai 75% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
Perencanaan Program (RKS/RKJM, RKT, dan RKAS) |
Pembinaan Kepala sekolah tentang program sekolah |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Pembinaan tidak tepat jadwal terkendala kegiatan lain
yang lebih penting |
70% sekolah merencanakan program sesuai dengan
ketentuan |
Pembinaan baru mencapai 70% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
||
Sistem Informasi Manajemen (SIM) |
Pembinaan Kepala sekolah tentang Sistem Informasi
Manajemen (SIM) |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
65% sekolah mengelola sistem informasi manajemen
sekolah dengan tepat |
Pembinaan baru mencapai 65% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
||
Evaluasi Diri Sekolah (EDS) dan Akreditasi lalu
Merefleksikan Hasil-Hasilnya dalam Upaya Penjaminan |
Pembinaan KS tentang
EDS dan Akreditasi lalu merefleksikan Hasil-hasilnya dalam Upaya
Penjaminan |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
60% melaksanakan
EDS berdasarkan fakta hasil angket siswa,guru,kepala sekolah dan komite |
Pembinaan baru mencapai 60% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
||
4 |
Manajemen sumber daya |
Pembinaan Kepala sekolah tentang manajemen sumber daya |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
75% sekolah
mengelola manajemen sumber daya manusia secara utuh |
Pembinaan baru mencapai 75% |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
pengelolaan program induksi guru pemula (PIGP), |
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan program
induksi guru pemula (PIGP), |
|
|
|
|
|
|
|
|
||
pengelolaan Penilaian Kinerja guru dan tenaga
kependidikan |
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan Penilaian
Kinerja guru dan tenaga kependidikan |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Sebagian besar kepala sekolah belum bisa mengoperasikan
komputer sehingga penilaian kinerja guru harus manual |
75% sekoah mengelola Penilaian Kinerja guru dan tenaga
kependidikan dengan benar |
Pembinaan baru mencapai 75% |
Pelatihan pada kegiatan KKKS |
|
||
pengelolaan PKB |
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan PKB |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kepala sekolah kurang respon terhadap pelaksanaan PKB
mandiri |
80% Kepala
sekolah belum melaksanakan PKB KS Karena menunggu prorram pemerintah |
Pembinaan baru mencapai 20% |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
||
Pengelolaan kurikulum; |
Pembinaan Kepala sekolah tentang pengelolaan kurikulum |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
10 % sekolah belum mengelola kurikulum secara maksimal |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
||
5 |
Kewirausahaan; |
Pembinaan Kepala sekolah tentang kewirausahaan; |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
Kehadiran kepala sekolah belum 100% karena ada kegiatan
lain |
Hanya 30 % sekolah yang melaksanakan kewiruasahaan
secara nampak yang lainnya belum begitu namapak |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
6 |
Supervisi pembelajaran. |
Pembinaan Kepala sekolah tentang supervisi pembelajaran |
7 Kepala Sekolah |
100% |
Tanya jawab,diskusi,studi dokumenter |
70% kepala sekolah belum sepenuhnya faham prosedur
supervisi pembelajaran secara runut |
70 % dari kepala
sekolah belum menindaklanjuti hasil supervisi |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
2.
PEMANTAUAN PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN
(SNP) |
|
||||||||||
1 |
Standar kompetensi lulusan; |
Memantau pelaksanaan Standar kompetensi Lulusan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi,studi dokumenter,tanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan 8
standar dilaksanakan satu hari untuk tiap sekolah |
Terdapat 3 sekolah yang nilai SKL nya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
2 |
Standar isi |
Memantau pelaksanaan Standar kompetensi Lulusan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi,studi dokumenter,tanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama |
Terdapat 4 sekolah yang nilai Standar Isinya nya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
3 |
Standar proses; |
Memantau pelaksanaan Standar proses |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi,studi dokumenter, wawancara,curah pendapat |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama |
Terdapat 6 sekolah yang nilai Standar prosesnya nya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
4 |
Standar penilaian pendidikan |
Memantau pelaksanaan Standar penilaian pendidikan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi, studi dokumentertanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama |
Terdapat 6 Sekolah yang nil Standar
penilaiam pendidikannya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbingan pada kegiatan KKKS |
|
|
5 |
Standar pendidik dan tenaga kependidikan |
Memantau pelaksanaan Standar pendidik tenaga
kependidikan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi, studi dokumentertanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pada waktu yang sama |
Terdapat 8 sekolah yang nilai Standar
Pendidik dan tenaga kependidikannnya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
6 |
Standar sarana dan prasarana |
Memantau pelaksanaan Standar saran dan prasarana |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi, studi dokumentertanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama |
Terdapat 8 sekolah yang nilai Standar
sarprasnya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
7 |
Standar pembiayaan
|
Memantau pelaksanaan Standar pembiayaan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi, studi dokumentertanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama |
Terdapat 4 sekolah yang nilai Standar
Pembiayaannya kurang dari 80 |
Pembimbingan terprogram |
Pembimbi-ngan pada kegiatan KKKS |
|
|
8 |
Standar pengelolaan pendidikan |
Memantau pelaksanaan Standar pengelolaan pendidikan |
9 Sekolah Binaan |
100% |
Observasi, studi dokumentettanya jawab |
Karena keterbatasan waktu pelaksanaan pemantauan
beberapa standar dilaksanakan pda waktu yang sama |
Terdapat 4 sekolah yang nilai Standar
Pengelolaan pendidikannya kurang dari 80 |
Pembim-bingan terprogram |
Pembim-bingan terprogram |
|
|
3.
PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH |
|
100% |
|||||||||
3.1 |
Penilaian Kinerja Kepala Sekolah |
Melakukan penilaian terhadap Kinerja Kepala sekolah |
100% |
100% |
Observasi, studi dokumenter,tanya jawab |
Pelaksanaan sering tidak seseuai jadwal karena
bersamaan dengan kegiatan lain |
Ada 30 % kepala sekolah dalam PKKS hanya mencapai nilan
akhir C ( cukup) |
Pembimbingan Klinis terprogram |
Pembinaan khusus |
|
|
3.2 |
Penilaian Kinerja Guru |
Melakukan penilaian terhadap Kinerja guru |
100% |
100% |
Observasi, studi dokumentertanya jawab |
Pelaksanaan sering tidak seseuai jadwal karena
bersamaan dengan kegiatan lain |
Ada 20 % kepala sekolah dalam PKG hanya mencapai nilan akhir
C (cukup) |
Pembim-bingan terprogram |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
4.
PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU DAN KEPALA
SEKOLAH |
|
||||||||||
PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL GURU |
|
||||||||||
1 |
Kompetensi
kepribadian dan sosial |
Pembimbingan dan Pelatihan Guru dalam meningkatkan
Keprofesian |
100% |
75% |
Tanya jawab,pembinaan tentang kompetensi yang harus
dimiliki oleh guru |
Kehadiran tidak 100% Karena terkendala berbagai halangan |
25% guru belum mendapat pembimbingan |
Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
|
Pelaksanaan Pembelajar an |
Pembimbingan pelaksanaan pembelajaran |
100% |
75% |
Tanya jawab, dan pembimbingan tentang pelalaksanaan
pembelajar-an |
Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena
keterbatasan waktu |
25% guru belum dapat mengikuti pembimingan |
Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
|
Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran |
Pembimbingan Pelaksanaan Penilaian Hasil Pembelajaran |
100% |
80% |
Tanya jawab,
membimbing guru tentang pelaksanaan penilaian berdasarkan permendikbud
no 23 tahun 2016 |
Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena
keterbatasan waktu |
20% guru belum dapat mengikuti pmbimingan |
Diadakan jadwal ulang untuk pembimbing-an khusus |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
|
Pelaksanaan Pembimbingan dan Pelatihan Guru dengan
Tugas Tambahan |
Membimbing kepala sekolah Dalam pelaksanaan tugas tambahan |
100% |
100% |
Tanya jawab,
membimbing kepala sekolah dalam
pelak-sanaan tupoksi sesuia buku kerja kepala sekolah |
Pelaksanaan pembimbing-an dipusatkan pada KKG karena
keterbatasan waktu |
Belum semua faham tentang buku kerja baru kepala
sekolah |
Diadakan penjadwalan kembali untuk pembahasan buku
kerja kepala sekolah |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
|
Pembimbingan Pembuatan KTI |
Membimbing guru dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiah |
100% |
70% |
Tanya jawab,
pembimbingan penulisan karya tulis ilmiah |
Guru kurang berminat dalam penulisan karya tulis ilmiah |
Hanya 30% guru yang mempu mengoprasikan IT |
Diadakan penjadwalan kembali untuk pembahasan penulisan
karya tulis ilmiah |
Pembim-bingan pada KKG |
|
|
|
Pembimbingan Pengawas Sekolah Muda |
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada pengawas muda |
|
|
PEMBIMBINGAN DAN PELATIHAN PROFESIONAL KEPALA SEKOLAH |
|
||||||||||
1 |
Menyusun
Program Kerja Sekolah |
Membibing Kepala sekolah dalam penyusunan program kerja
sekolah |
100% |
80% |
Tanya jawab,
pembimbingan penyusunan program kerja sekolah |
|
70% kepala
sekolah mampu menyusun Program kepala kerja kepala sekolah |
Pembinaan baru mencapai 70% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
|
2 |
Pelaksanaan
Program Kerja Sekolah |
Membibing Kepala sekolah hubungannya dengan Pelaksanaan
Program sekolah |
100% |
80% |
Tanya jawab,
pembimbingan penulisan penyusunan program kerja sekolah |
|
60% kepala
sekolah mampu melaksanakan Program kerja sekolah |
Pembinaan baru mencapai 70% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
|
3 |
Program
Pengawasan dan Evaluasi |
Membibing Kepala sekolah hubungannya dengan pelaksanaan
Program Pengawasan dan Evaluasi |
100% |
80% |
Tanya jawab,
studi dokumenter.pembimbingan Program Pengawasan dan
Evaluasi |
|
70% kepala
sekolah mampu melaksanakam pengawasan dan evaluasi |
Pembinaan baru mencapai 70% |
|
|
|
4 |
Kepemimpinan
Sekolah |
Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan
pelaksanaan Kepemimpinan sekolah |
100% |
80% |
Tanya jawab,
studi dokumenter.pembimbingan tentang kepemimpinan sekolah |
|
70% kepala
sekolah mampu melaksanakan kepemimpinan sekolah sesuai ketentuan |
Pembinaan baru mencapai 70% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
|
5 |
Sistem
Informasi Manajemen |
Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan
pelaksanaan dan penatakelolaan sistem Informasi dan manajemen |
100% |
80% |
Tanya jawab,
pembimbingan tentang siste informasi manajemen |
|
65% kepala
sekolah mampu mengelola sistem informasi manajemen |
Pembinaan baru mencapai 65% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
|
6 |
Pembimbingan
PTS |
Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan
pelaksanaan Penelitian tindakan sekolah |
100% |
80% |
pembimbingan penulisan Karya tulis ilmiah untuk kepala
sekolah |
Kepala sekolah kurang berminat dalam penulisan karya
tulis ilmiah |
50% kepala
sekolah mengerti cara menyusun KTI berupa PTS |
Pembinaan baru mencapai 70% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
|
8 |
Akreditasi
Sekolah |
Membimbing Kepala sekolah hubungannya dengan persiapan
dan pelaksanaan akreditasi Sekolah |
100% |
80% |
Pembimbingan persiapan akreditasi sekolah |
|
80% kepala
sekolah mampu menyiapkan
pelaksanaan akreditasi sekolah |
Pembinaan baru mencapai 80% |
Pembim-bingan pada KKKS |
|
C.
TINDAK LANJUT HASIL PENGAWASAN
SEBAGAI ACUAN DALAM PENYUSUNAN PROGRAM PENGAWASAN
Berdasarkan identifikasi dan analisis hasil pengawasan
tahun lalu, maka disusunlah program pengawasan yang mengacu pada hasil
identifikasi dan analisis hasil pengawasan tersebut. Untuk lebih jelasnya
dipaparkan pada Bab III program ini.
Bersambung ke BAB III
=======================================
No comments:
Post a Comment