torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Friday 26 July 2019

Ragam Jenis dan Type Baterai Handy Talky

Ragam Jenis dan Type Baterai Handy Talky

Umur baterai HT relatif beragam berkisar antara 350 hingga 500 kali charge serta discharge. Agar baterai Handy Talky awet, kenali karakteristik baterai yang digunakan, berikut beberapa type dan karakteristik baterai :

NiCD
Baterai NiCD merupakan baterai generasi pertama, jenis ini mempunyai kapasitas besar. Sesuai dengan ukuran serta kapasitasnya, proses pengisian ulang baterai NiCD mesti selalu dilakukan sewaktu daya baterai tersebut benar-benar habis. Sebab baterai jenis NiCD memiliki memori effect yang kapasitasnya semakin lama akan semakin menurun apabila pengisian dilakukan apabila daya baterai belum benar-benar habis.



NiMh
Baterai NiMh sama seperti baterai NiCD yang mempunyai memori effect namun sifatnya hanya sementara. Jadi, apabila baterai ini hanya diisi sebesar 70%, maka baterai tidak akan mendeteksi adanya ruang 30% yang belum terisi. Baterai akan mendeteksi bahwa 70% merupakan 100% dalam artisan baterai sudah terisi penuh.

========================================================
Ada Toko Radio dan Perlengkapan Rumah Tangga 
========================================================

Li-Ion atau Lithium Ion
Baterai Li-Ion tak seperti baterai NiCD serta NiMh, baterai jenis ini tak mempunyai memory effect. Jadi Anda dapat mengisi ulang baterai tanpa harus menunggu baterai benar-benar habis terlebih dahulu. Akan tetapi baterai Li-Ion mempunyai kelemahan yaitu dari segi ” life cycle ” yang lebih pendek. Bahkan jika baterai di charge secara berlebihan maka kemampuannya akan menurun.

Li-Po atau Lithium Polymer
Baterai Li-Po lebih unggul dari baterai Li-Ion. Baterai ini mempunyai sifat liquid. Sifat liquid ini berguna apabila terjadi tekanan yang cukup keras maka baterai dapat berubah bentuk yaitu menjadi menggelembung.


Beberapa cara sederhana agar baterai tetap awet.

  1. Persingkat Waktu Pengecasan. Cara yang paling efektif melakukan pengecasan yakni apabila HT dalam kondisi mati dan yang terpenting gunakan voltase dan ampere yang standar. Dengan memacu menaikan voltase membuat baterai itu sendiri akan cepat panas, sehingga mengakibatkan baterai ht akan cepat rusak.
  2. Jangan biarkan baterai habis.

  3. Untuk tipe baterai Lithium Ion dan Polymer waktu pengecasan baterai sebaiknya tidak menunggu baterai benar-benar habis. Jadi begitu ada peringatan baterai lemah, silahkan langsung di charge.
  4. Jaga pada suhu normal.
    Panas juga menganggu kemampuan baterai. Menghadapi temperature terlalu panas akan memperburuk daya tahan baterai itu sendiri. Disarankan tidak melewati batasi 15 derajat dari suhu ruang. Tidak heran bila di negara tropis, baterai memiliki daya tahan lebih rendah. Apakah suhu panas membuat masalah, ternyata suhu terlalu dingin membuat masalah lain bagi baterai Li-ion.
  5. Lepas bila tidak digunakan.
    Teknik jitu, bila baterai tidak perlu digunakan. Sebaiknya dikeluarkan dari peralatan.
  6. Usahakan Running Low.
    Pada beberapa kasus HT memang diperuntukan untuk jinjing saja melainkan bukan base station, dan lebih baiknya difokuskan bukan untuk melakukan direct atau komunikasi langsung tanpa melalui reapeater. Jika memang kualitas audio tidak begitu kesulitan diterima lawan bicara sebaiknya kita pergunakan running Low dan mempergunakan High sesekali saja pada saat melakukan contex atau break saja.
  7. Matikan bila memang tidak begitu perlu.
    Mematikan atau memposisikan HT pada posisi OFF adalah cara yang paling sederhana dan masuk akal. Untuk itu, bila memang benar-benar tidak mengharuskan dalam posisi stanby and monitor, atau sebaliknya menyampaikan berita darurat, sebainya dimatikan saja. apalagi pada saat jauh dari charger dan tidak memungkinkan ada tempat untuk mengisi ulang, misalnya saat pendakian gunung atau ditengah hutan.
  8. Hindari HT dari benturan & percikan air
    Salah satu sebab baterai boros karena adanya hubungan singkat (korsleting). Korsleting ini bisa disebabkan karena terjatuh atau terkena cairan. Untuk mengurangi efek negatifnya, sebaiknya gunakan pelindung. 

Demikian sekilas 10.14 yang dapat di 10.5 kan ....selamat ber 25 sambil ngopi ....rogeeeeerrr hehe ...


Untuk membaca Cara Setting Duplek Baofeng UV-5R    silahkan Klik DI SINI

Untuk membaca Kode Etik, Panca Bhakti dan Cek 28 Callbook RAPI Klik DI SINI

Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI

========================================================
Ada Toko Radio dan Perlengkapan Rumah Tangga 
========================================================

=======================================

Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel menarik berikut -----



No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan