Alur Perkembangan Kompetensi 8 Dimensi Profil Lulusan
BSKAP 058 merujuk pada Keputusan Kepala Badan Standar,
Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 058/H/KR/2025) tentang Alur
Perkembangan Kompetensi. Keputusan ini diterbitkan untuk melaksanakan ketentuan
Pasal 17 ayat (2) Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada
Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan
Menengah.
Alur Perkembangan Kompetensi ini mencakup 8 dimensi profil
lulusan, yaitu ¹ ²:
- 1. Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
- Fokus pada pengembangan nilai-nilai spiritual, moral, dan
etika
- 2. Kewargaan
- Fokus pada pembentukan rasa cinta tanah air dan tanggung
jawab sosial
- 3. Penalaran Kritis
- Fokus pada kemampuan berpikir logis, analitis, dan
reflektif
- 4. Kreativitas
- Fokus pada kemampuan berpikir inovatif, fleksibel, dan
orisinal dengan subdimensi:
- Gagasan baru
- Fleksibilitas berpikir
- Karya
- 5. Kolaborasi
- Fokus pada kemampuan bekerja sama secara efektif dalam tim
dengan subdimensi:
- Peduli
- Berbagi
- Bekerja sama
- 6. Kemandirian
- Fokus pada tanggung jawab atas proses dan hasil belajar
dengan subdimensi:
- Bertanggung jawab
- Kepemimpinan
- Pengembangan Diri
- 7. Kesehatan
- Fokus pada kesejahteraan fisik dan mental dengan
subdimensi:
- Hidup bersih dan sehat
- Kebugaran, kesehatan fisik dan kesehatan mental
- Kesehatan Lingkungan
- 8. Komunikasi
- Fokus pada kemampuan menyampaikan ide dan berinteraksi
secara efektif dengan subdimensi:
- Menyimak
- Berbicara
- Membaca
- Menulis
Keputusan Kepala BSKAP Nomor 058/H/KR/2025 tentang Alur
Perkembangan Kompetensi diuraikan dalam bentuk rumusan kompetensi berdasarkan
dimensi, jenjang, subdimensi, serta 3 tahapan perkembangan, yaitu berkembang,
cakap, dan mahir.
No comments:
Post a Comment