EVALUASI PROGRAM PENGAWAS SEKOLAH DASAR
TAHUN 2020
A.
MATRIKS EVALUASI
PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH
NO |
PEMBINAAN |
ASPEK/
MATERI |
KEGIATAN |
SASARAN |
TARGET |
METODE |
HAMBATAN |
KETERCAPAIAN |
KESIMPULAN |
TINDAK
LANJUT |
1 |
GURU |
PKP melalui PKB |
Memberikan
pembimbi ngan pada kemampuan profesional guru |
Seluruh
guru di wilayah binaan |
Seluruh
Dewan gurudi wilayah binaan |
Workshop Diskusi kelompok Penugasan |
Tidak memiliki gedung
untuk pertemuan guru PKB
tidak terlaksana untuk seluruh guru sesuai program |
PKB
terlaksana untuk guru kelas 1,2dan 3 ,Kelas 4,5dan 6 dan guru mata pelajaran
tidak terlaksana |
PKB
yang terlaksana berhail meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP
sesuai Standar Proses . |
Pelaporam
PKB |
Penilaian
Sumatif Guru |
Penilaian
kinerja tahunan guru |
Guru |
Seluruh
guru di wilayah binaan |
Observasi Studi dokumen Wawancara |
Pemahaman
intrumen oleh kepala sekolah |
Seluruh
guru daptat dilakukan penilaian kinerja oleh kepala sekolah masing-masing |
Penilaian
kinerja melahirkan nilai kinerja guru tahuan |
Pelaporan Penentuan
nilai kinerja |
||
2 |
KEPALA
SEKOLAH |
PKB |
Telaah
instrumen |
Kepala
sekolah wilayah binaan |
Terlaksana
program PKB kepala sekolah |
Kunjungan Bimbingan personal Diskusi
personal |
Kepala
sekolah berlum terbiasa melaksanakan penilaian kinerja |
Seluruh
kepala sekolah wilayah binaan memahami penilaian kinerja |
Intrumen
penilaian kinerja dapat dipahami |
Laporan
nilai kinerja |
Penilaian sumatif |
Telaah instrumen |
Kepala sekolah
wilayah binaan |
Terdapat nilai
sumatif kepala sekolah |
Telaah dokumen Wawancara Studi dokumen |
Pemahaman instrumen
belum sempurna |
Kepala sekolah
dapat mempersiapkan penilaian kinerjanya |
Terdapat nilai
kinerja kepala sekolah tahunan |
Pelaporam |
B.
MATRIKS EVALUASI
PEMANTAUAN 8 SNP
No |
Aspek |
Kegiatan |
Sasaran |
Target |
Metode |
Hambatan |
Keter- capaian |
Kesimpulan |
Tindak
Lanjut |
1 |
Standar Kompetensi Lulusan |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Kompetensi Lulusan |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
75% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar SKL sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
2 |
Standar Isi |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Isi |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
75% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Isi sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
3 |
Standar Proses |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Proses |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
75% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Proses sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
4 |
Standar Penilaian |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Penilaian |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
80% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Penilaian sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
5 |
Standar Pendidik Tenaga Kependidikan |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
75% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Pendidik Tenaga Kependidikan sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
6 |
Standar Sarpras |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Sarana Prasarana |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
85% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Sarana dan Prasarana sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
7 |
Standar Pengelolaan |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Pengelolaan |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jwab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
75% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Pengelolaansesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
8 |
Sandar Pembiayaan |
Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada
Standar Pembiayaan |
10 Sekolah Binaan |
8 KS |
Studi dokumenter Tanya Jawab |
Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai
jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
80% |
Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah
melaksanakan Standar Pembiayaan sesuai dengan program |
Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum
optimal melaksanakan program |
C.
MATRIKS EVALUASI
PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH
No |
Aspek |
Kegiatan |
Sasaran |
Target |
Metode |
Hambatan |
Keter- capaian |
Kesimpulan |
Tindak
Lanjut |
1 |
Penilaian
Kinerja Kepala Sekolah |
|
10 Kepala Sekolah
Binaan |
8 KS |
Pengamatan dan studi dokumenter |
Pelaksanaan Penilaian sering tidak sesuai jadwal
karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
80% |
Berdasarkan hasil penilaian kinerja Kepala
sekolah masih ada diantaranya Kepala Sekolah yang belum paham cara menyusun
RKJM |
Workshop pada kegiatan KKKS |
2 |
Penilaian Kinerja Guru |
1.
Menyusun Perencanaan
Pembelajaran (RPP) 2.
Melaksanakan
observasi pelaksanaa pembelajaran 3.
Penilaian dan
tindak lanjut |
48 guru
PNS 48 guru
PNS 48 guru
PNS |
48 guru PNS 48 guru PNS 48 guru
PNS |
Studi dokumenter Observasi Studi dokumenter dan obsevasi |
Pelaksanaan Penilaian sering tidak sesuai jadwal
karena berbenturan dengan berbagai kegiatan |
80% |
Pada penyusunan perencanaan pembelajaran
sebagian besar guru belum merancang tujuan pembelajaran yang mencakup ranah Sikap,pengetahuan dan
keterampilan Sebagian besar guru tidak melaksanakan releksi
dan tidak menyimpulkan hasil pembelajaran Sebagian besar guru tidak melaksanakan
tindaklanjut hasil penilaian |
Workshop dalam KKG |
|
|
No comments:
Post a Comment