torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Thursday, 10 February 2022

EVALUASI PROGRAM PENGAWAS SEKOLAH DASAR

 

EVALUASI PROGRAM PENGAWAS SEKOLAH DASAR

 TAHUN 2020

 

 

A.   MATRIKS EVALUASI PROGRAM PEMBINAAN GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

NO

PEMBINAAN

ASPEK/ MATERI

KEGIATAN

SASARAN

TARGET

METODE

HAMBATAN

KETERCAPAIAN

KESIMPULAN

TINDAK LANJUT

1

GURU

PKP melalui PKB

Memberikan pembimbi ngan pada kemampuan profesional guru

Seluruh guru di wilayah binaan

Seluruh Dewan gurudi wilayah binaan

Workshop

Diskusi kelompok

Penugasan

Tidak memiliki gedung untuk pertemuan guru

PKB tidak terlaksana untuk seluruh guru sesuai program

PKB terlaksana untuk guru kelas 1,2dan 3 ,Kelas 4,5dan 6 dan guru mata pelajaran tidak terlaksana

PKB yang terlaksana berhail meningkatkan kemampuan guru dalam penyusunan RPP sesuai Standar Proses

.

Pelaporam PKB

Penilaian Sumatif Guru

Penilaian kinerja tahunan guru

Guru

Seluruh guru di wilayah binaan

Observasi

Studi dokumen

Wawancara

Pemahaman intrumen oleh kepala sekolah

Seluruh guru daptat dilakukan penilaian kinerja oleh kepala sekolah masing-masing

Penilaian kinerja melahirkan nilai kinerja guru tahuan

Pelaporan

Penentuan nilai kinerja

2

KEPALA SEKOLAH

PKB

Telaah instrumen

Kepala sekolah wilayah binaan

Terlaksana program PKB kepala sekolah

Kunjungan

Bimbingan personal

Diskusi personal

Kepala sekolah berlum terbiasa melaksanakan penilaian kinerja

Seluruh kepala sekolah wilayah binaan memahami penilaian kinerja

Intrumen penilaian kinerja dapat dipahami

Laporan nilai kinerja

Penilaian sumatif

Telaah instrumen

Kepala sekolah wilayah binaan

Terdapat nilai sumatif kepala sekolah

Telaah dokumen

Wawancara

Studi dokumen

Pemahaman instrumen belum sempurna

Kepala sekolah dapat mempersiapkan penilaian kinerjanya

Terdapat nilai kinerja kepala sekolah tahunan

Pelaporam

B.   MATRIKS EVALUASI PEMANTAUAN 8 SNP

 

No

Aspek

Kegiatan

Sasaran

Target

Metode

Hambatan

Keter-

capaian

Kesimpulan

Tindak Lanjut

1

Standar Kompetensi Lulusan

 

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Kompetensi Lulusan

 

10 Sekolah Binaan

8  KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

75%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar SKL sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

2

Standar Isi

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Isi

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

75%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Isi sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

3

Standar Proses

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Proses

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

75%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Proses sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

4

Standar Penilaian

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Penilaian

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

80%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Penilaian sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

5

Standar Pendidik Tenaga Kependidikan

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

75%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Pendidik Tenaga Kependidikan sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

6

Standar Sarpras

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Sarana Prasarana

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

85%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Sarana dan Prasarana sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

7

Standar Pengelolaan

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar Pengelolaan

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jwab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

75%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Pengelolaansesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

8

Sandar Pembiayaan

Memantau keterlaksanaan Porgram sekolah pada Standar  Pembiayaan

 

10 Sekolah Binaan

8 KS

Studi dokumenter

Tanya Jawab

Pelaksanaan Pemantauan sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

80%

Berdasarkan hasil pemantauan belum semua sekolah melaksanakan Standar Pembiayaan sesuai dengan program

Pendampingan khusus kepada sekolah yang belum optimal melaksanakan program

 

 

C.   MATRIKS EVALUASI PENILAIAN KINERJA GURU DAN KEPALA SEKOLAH

 

No

Aspek

Kegiatan

Sasaran

Target

Metode

Hambatan

Keter-

capaian

Kesimpulan

Tindak Lanjut

1

Penilaian Kinerja Kepala Sekolah

 

 

 

10 Kepala Sekolah Binaan

8  KS

Pengamatan dan studi dokumenter

Pelaksanaan Penilaian sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

80%

Berdasarkan hasil penilaian kinerja Kepala sekolah masih ada diantaranya Kepala Sekolah yang belum paham cara menyusun RKJM

 

Workshop pada kegiatan KKKS

2

Penilaian Kinerja Guru

1.    Menyusun Perencanaan Pembelajaran (RPP)

 

 

 

 

 

 

 

2.    Melaksanakan observasi pelaksanaa pembelajaran

 

3.    Penilaian dan tindak lanjut

48  guru PNS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

48  guru PNS

 

 

 

48  guru PNS

 

 

 

 

48 guru PNS

 

 

 

 

 

 

 

 

 

48 guru PNS

 

 

 

48  guru PNS

 

 

 

Studi dokumenter

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Observasi

 

 

 

 

Studi dokumenter dan obsevasi

Pelaksanaan Penilaian sering tidak sesuai jadwal karena berbenturan dengan berbagai kegiatan

80%

Pada penyusunan perencanaan pembelajaran sebagian besar guru belum merancang tujuan pembelajaran yang  mencakup ranah Sikap,pengetahuan dan keterampilan

 

Sebagian besar guru tidak melaksanakan releksi dan tidak menyimpulkan hasil pembelajaran

Sebagian besar guru tidak melaksanakan tindaklanjut hasil penilaian

Workshop dalam KKG

 

 

 


     

 


No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan