Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SD Setiap Fase
1)
Fase A (Umumnya untuk kelas I dan II SD)
Peserta didik memiliki kemampuan berbahasa
untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan kepada teman sebaya dan
orang dewasa tentang diri dan lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami
dan menyampaikan pesan; mengekspresikan perasaan dan gagasan; berpartisipasi
dalam percakapan dan diskusi secara santun. Peserta didik mampu meningkatkan
penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa dan bersastra
dengan topik yang beragam.
Fase A Berdasarkan Elemen.
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Menyimak |
Peserta didik mampu bersikap menjadi
penyimak yang baik. Peserta didik mampu memahami pesan lisan dan informasi
dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar), dan
instruksi lisan yang berkaitan dengan tujuan berkomunikasi. |
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik mampu bersikap menjadi pembaca
dan pemirsa yang baik. Peserta didik mampu memahami informasi dari bacaan dan
tayangan yang dipirsa tentang diri dan lingkungan, narasi imajinatif, dan
puisi anak. Peserta didik mampu menambah kosakata baru dari teks yang dibaca
atau tayangan yang dipirsa dengan bantuan ilustrasi. |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik mampu melafalkan teks dengan
tepat, berbicara dengan santun, menggunakan volume dan intonasi yang tepat
sesuai konteks. Peserta didik mampu bertanya tentang sesuatu, menjawab, dan menanggapi
komentar orang lain (teman, guru, dan orang dewasa) dengan baik dan santun
dalam suatu percakapan. Peserta didik mampu mengungkapkan gagasan secara lisan
dengan bantuan gambar dan/atau ilustrasi. Peserta didik mampu menceritakan
kembali suatu informasi yang dibaca atau didengar; dan menceritakan kembali
teks narasi yang dibacakan atau dibaca dengan topik diri dan lingkungan. |
Menulis |
Peserta didik mampu bersikap dalam menulis
di atas kertas dan/atau melalui media digital. Peserta didik mampu menulis
deskripsi dengan beberapa kalimat tunggal, menulis rekon tentang pengalaman
diri, menulis kembali narasi berdasarkan fiksi yang dibaca atau didengar,
menulis prosedur tentang kehidupan sehari-hari, dan menulis eksposisi tentang
kehidupan seharihari. Peserta didik mengembangkan tulisan tangan yang semakin
baik. |
2)
Fase B (Umumnya untuk kelas III dan IV SD)
2)Peserta
didik memiliki kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai
dengan tujuan kepada teman sebaya dan orang dewasa tentang hal-hal menarik di
lingkungan sekitarnya. Peserta didik mampu memahami dan menyampaikan gagasan
dari teks informasional, memahami penokohan dan pesan dari teks narasi. Peserta
didik mampu mengungkapkan gagasan dalam kerja kelompok dan diskusi. Peserta
didik mampu meningkatkan penguasaan kosakata baru melalui berbagai kegiatan berbahasa
dan bersastra dengan topik yang beragam. Peserta didik mampu membaca dengan
fasih.
Fase B Berdasarkan Elemen
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Menyimak |
Peserta didik mampu memahami ide pokok
(gagasan) suatu pesan lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks
yang dibacakan dan/atau didengar), dan instruksi lisan yang berkaitan dengan
tujuan berkomunikasi. Peserta didik mampu memahami dan memaknai teks narasi
yang dibacakan atau dari media audio. |
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik mampu memahami pesan dan
informasi tentang kehidupan sehari-hari, teks narasi, dan puisi anak dalam
bentuk cetak atau elektronik. Peserta didik mampu memahami ide pokok dan ide
pendukung pada teks informasional dan mampu menjelaskan permasalahan yang
dihadapi oleh tokoh cerita pada teks narasi. Peserta didik mampu menambah
kosakata baru dari teks yang dibaca atau tayangan yang dipirsa sesuai dengan
topik. |
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik mampu berbicara dengan
pilihan kata dan sikap tubuh/gestur yang santun, menggunakan volume dan
intonasi yang tepat sesuai konteks; mengajukan dan menanggapi pertanyaan dalam
suatu percakapan dan diskusi dengan lebih aktif. Peserta didik mampu
mengungkapkan gagasan dalam suatu percakapan dan diskusi dengan menerapkan
tata caranya. Peserta didik mampu menceritakan kembali suatu informasi yang dibaca
atau didengar dari teks narasi dengan topik yang beragam. |
Menulis |
Peserta didik mampu menulis teks narasi,
deskripsi, rekon, prosedur, dan eksposisi dengan rangkaian kalimat yang beragam,
informasi yang lebih rinci dan akurat dengan topik yang beragam. Peserta
didik semakin terampil menulis tegak bersambung. |
3)
Fase C (Umumnya untuk kelas V dan VI SD)
Pada akhir fase C, peserta didik memiliki
kemampuan berbahasa untuk berkomunikasi dan bernalar sesuai dengan tujuan dan konteks
sosial. Peserta didik mampu memahami, mengolah, dan menginterpretasi informasi
dan pesan dari paparan lisan dan tulis tentang topik yang dikenali dalam teks
narasi dan informasional. Peserta didik mampu menanggapi dan mempresentasikan
informasi yang dipaparkan; berpartisipasi aktif dalam diskusi; menuliskan
tanggapannya terhadap bacaan menggunakan pengalaman dan pengetahuannya; menulis
teks untuk menyampaikan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur.
Peserta didik memiliki kebiasaan membaca untuk hiburan, menambah pengetahuan,
dan keterampilan.
Fase C Berdasarkan Elemen
Capaian
Pembelajaran |
|
Menyimak |
Peserta
didik mampu menganalisis informasi berupa fakta, prosedur dengan
mengidentifikasikan ciri objek dan urutan proses kejadian dan nilai-nilai
dari berbagai jenis teks informasional dan fiksi yang disajikan dalam bentuk
lisan, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar) dan audio. |
Membaca
dan Memirsa |
Peserta
didik mampu membaca dengan lancar dan indah serta memahami informasi dan
kosakata baru yang memiliki makna denotatif, literal, konotatif, dan kiasan
untuk mengidentifikasi objek, fenomena, dan karakter. Peserta didik mampu
mengidentifikasi ide pokok dari teks deskripsi, narasi dan eksposisi, serta
nilai-nilai yang terkandung dalam teks sastra (prosa dan pantun, puisi) dari
teks dan/atau audiovisual |
Berbicara
dan Mempresentasikan |
Peserta
didik mampu menyampaikan informasi secara lisan untuk tujuan menghibur dan
meyakinkan mitra tutur sesuai kaidah dan konteks. Menggunakan kosakata baru
yang memiliki makna denotatif, konotatif, dan kiasan; pilihan kata yang tepat
sesuai dengan norma budaya; menyampaikan informasi dengan fasih dan santun.
Peserta didik menyampaikan perasaan berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri
sendiri dan orang lain) secara indah dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi
dengan penggunaan kosakata secara kreatif. Peserta didik mempresentasikan gagasan,
hasil pengamatan, dan pengalaman dengan logis, sistematis, efektif, kreatif,
dan kritis; mempresentasikan imajinasi secara kreatif. |
Menulis |
Peserta
didik mampu menulis teks eksplanasi, laporan, dan eksposisi persuasif dari
gagasan, hasil pengamatan, pengalaman, dan imajinasi; menjelaskan hubungan
kausalitas, menuangkan hasil pengamatan, meyakinkan pembaca. Peserta didik
mampu menggunakan kaidah kebahasaan dan kesastraan untuk menulis teks sesuai
dengan konteks dan norma budaya; menggunakan kosakata baru yang memiliki
makna denotatif, konotatif, dan kiasan. Peserta didik menyampaikan perasaan
berdasarkan fakta, imajinasi (dari diri sendiri dan orang lain) secara indah
dan menarik dalam bentuk prosa dan puisi dengan penggunaan kosakata secara
kreatif. |
=======================================
No comments:
Post a Comment