RAMBU-RAMBU RENCANA PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH PEMENUHAN 8 SNP
(Bagian Materi Pada Diklat Penguatan Kepala Sekolah)
A. Judul Pengembangan Sekolah:
memuat salah satu aspek kinerja sekolah (salah satu dari 8 SNP) yang akan ditingkatkan dan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja sekolah yang masih lemah atau kurang (berupa metode, teknik atau yang sejenisnya) yang digunakan untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
B. Latar Belakang Pengembangan Sekolah
1. kondisi ideal sekolah dan kondisi nyata secara umum
2. kondisi sekolah yang pada aspek kurang baik dan yang mendapat skala prioritas pengembangan
3. kondisi yang diharapkan dari kegiatan pengembangan sekolah untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
C. Tujuan Pengembangan Sekolah
Pernyataan yang mengandung hal-hal apa saja yang menjadi tujuan, yang diharapkan akan terjadi oleh kepala sekolah bersama warga sekolah dan stakeholder pendidikan di lingkungan sekolah, dengan rencana pengembangan sekolah yang akan dilaksanakan pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
D. Indikator
Penanda keberhasilan pelaksanaan program kegiatan yang ditandai terjadinya perubahan situasi dan kondisi baru di sekolah yang dapat diukur. Syarat perumusan indikator antara lain:
1. dirumuskan dalam kalimat pernyataan
2. dirumuskan secara SMART
3. Diisi berdasarkan hasil analisis kondisi sekolah yang masih kurang atau masih perlu ditingkatkan/dikembangkan untuk pemenuhan 8 SNP.
E. Program Pengembangan Sekolah
Adalah nama program pengembangan sekolah untuk meningkatkan pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Satu program pengembangan sekolah dapat terdiri dari beberapa kegiatan yang terkait dengan SNP yang diduga terkait dengan kinerja sekolah yang yang masih lemah atau kurang.
F. Hasil Yang Diharapkan
Berisikan hasil-hasil dari pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolaha pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
G. Sumber Daya Yang Diperlukan
Berisikan berbagai sumber daya (manusia, materi, dana) yang dilibatkan atau digunakan dalam pelaksanaan program pengembangan sekolah. Sumber daya meliputi sumber daya manusia dan bukan manusia yang diberdayakan untuk mendukung tindakan pengembangan sekolah agar tujuan dapat dicapai.
H. Langkah-langkah Kegiatan
Merupakan langkah-langkah pelaksanaan program pengembangan sekolah yang menerapkan salah satu dari mantra tindak kepemimpinan perubahan. Misalnya: Persiapan, Pelaksanaan, Monitoring & Evaluasi dan Refleksi. Langkah-
langkah ini harus mencerminkan penerapan aspek-aspek untuk pemenuhan pada 8 SNP.
Persiapan: merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan sebelum melaksanakan program pengembangan sekolah, baik secara administrasi ataupun non administrasi.
Pelaksanaan: langkah-langkah yang akan dilakukan untuk melaksanakan program pengembangan sekolah (selama program berlangsung).
Monitoring dan evaluasi adalah pemantauan pelaksanaan kegiatan program pengembangan sekolah untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan pelaksanaan program dari waktu ke waktu; dan untuk mengidentifikasi apakah kegiatan yang dijalankan sesuai dengan perencanaan atau tidak. Jika terjadi pelaksanaan yang tidak sesuai dengan perencanaan agar bisa segera diatasi supaya tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan.
Monitoring dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan secara mandiri oleh kepala sekolah. Monitoring dilakukan di sepanjang pelaksanaan program pengembangan sekolah; yakni sebelum pelaksanaan program, pada saat proses pelaksanaan program sedang berjalan, dan pada akhir pelaksanaan program.
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengukur hasil-hasil pelaksanaan kegiatan program pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 SNP dengan menggunakan alat ukur atau instrumen yang telah disiapkan secara mandiri oleh kepala sekolah.
Refleksi: merupakan kegiatan merenungi, mencermati, mendiskusikan dan menganalisis hasil-hasil monitoring dan evaluasi yang sudah dilakukan pada setiap tahapan pelaksanaan program pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan, misalnya:
1. mencermati hasil monitoring dari kepala sekolah atau guru senior terhadap pelaksanaan program pengembangan sekolah yang telah dilakukan untuk menemukan hal-hal
yang masih kurang dan perlu tindakan segera dan ide baru untuk mengatasinya,
2. menganalisis hasil yang telah dan belum dicapai dengan proses tindakan pada program pengembangan sekolah yang telah dilakukan untuk menemukan hala hala yang masih lemah dan perlu tindakan segera dan ide baru untuk meningkatkannya,
3. berdiskusi dengan guru dan tim yang terlibat dalam kegiatan pengembangan sekolah untuk mendapatkan masukan berupa ide, cara atau strategi baru bagi upaya perbaikian, peningkatan selanjutnya
4. memikirkan dan lalu memutuskan langkah-langkah baru yang akan dilakukan untuk peningkatan dan pengembangan 8 SNP sebagai tindak lanjut untuk program pengembangan sekolah selanjutnya.
I. Penutup
Merupakan simpulan dari kegiatan program pengembangan sekolah yang telah direncanakan untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
(Bagian Materi Pada Diklat Penguatan Kepala Sekolah)
A. Judul Pengembangan Sekolah:
memuat salah satu aspek kinerja sekolah (salah satu dari 8 SNP) yang akan ditingkatkan dan tindakan yang akan dilakukan untuk meningkatkan kinerja sekolah yang masih lemah atau kurang (berupa metode, teknik atau yang sejenisnya) yang digunakan untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
B. Latar Belakang Pengembangan Sekolah
1. kondisi ideal sekolah dan kondisi nyata secara umum
2. kondisi sekolah yang pada aspek kurang baik dan yang mendapat skala prioritas pengembangan
3. kondisi yang diharapkan dari kegiatan pengembangan sekolah untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
C. Tujuan Pengembangan Sekolah
Pernyataan yang mengandung hal-hal apa saja yang menjadi tujuan, yang diharapkan akan terjadi oleh kepala sekolah bersama warga sekolah dan stakeholder pendidikan di lingkungan sekolah, dengan rencana pengembangan sekolah yang akan dilaksanakan pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP)
D. Indikator
Penanda keberhasilan pelaksanaan program kegiatan yang ditandai terjadinya perubahan situasi dan kondisi baru di sekolah yang dapat diukur. Syarat perumusan indikator antara lain:
1. dirumuskan dalam kalimat pernyataan
2. dirumuskan secara SMART
3. Diisi berdasarkan hasil analisis kondisi sekolah yang masih kurang atau masih perlu ditingkatkan/dikembangkan untuk pemenuhan 8 SNP.
E. Program Pengembangan Sekolah
Adalah nama program pengembangan sekolah untuk meningkatkan pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP). Satu program pengembangan sekolah dapat terdiri dari beberapa kegiatan yang terkait dengan SNP yang diduga terkait dengan kinerja sekolah yang yang masih lemah atau kurang.
F. Hasil Yang Diharapkan
Berisikan hasil-hasil dari pelaksanaan kegiatan pengembangan sekolah yang dilakukan oleh kepala sekolaha pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
G. Sumber Daya Yang Diperlukan
Berisikan berbagai sumber daya (manusia, materi, dana) yang dilibatkan atau digunakan dalam pelaksanaan program pengembangan sekolah. Sumber daya meliputi sumber daya manusia dan bukan manusia yang diberdayakan untuk mendukung tindakan pengembangan sekolah agar tujuan dapat dicapai.
H. Langkah-langkah Kegiatan
Merupakan langkah-langkah pelaksanaan program pengembangan sekolah yang menerapkan salah satu dari mantra tindak kepemimpinan perubahan. Misalnya: Persiapan, Pelaksanaan, Monitoring & Evaluasi dan Refleksi. Langkah-
langkah ini harus mencerminkan penerapan aspek-aspek untuk pemenuhan pada 8 SNP.
Persiapan: merupakan langkah-langkah yang akan dilakukan sebelum melaksanakan program pengembangan sekolah, baik secara administrasi ataupun non administrasi.
Pelaksanaan: langkah-langkah yang akan dilakukan untuk melaksanakan program pengembangan sekolah (selama program berlangsung).
Monitoring dan evaluasi adalah pemantauan pelaksanaan kegiatan program pengembangan sekolah untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan pelaksanaan program dari waktu ke waktu; dan untuk mengidentifikasi apakah kegiatan yang dijalankan sesuai dengan perencanaan atau tidak. Jika terjadi pelaksanaan yang tidak sesuai dengan perencanaan agar bisa segera diatasi supaya tidak terjadi kesalahan yang berkelanjutan.
Monitoring dilakukan dengan menggunakan instrumen yang telah disiapkan secara mandiri oleh kepala sekolah. Monitoring dilakukan di sepanjang pelaksanaan program pengembangan sekolah; yakni sebelum pelaksanaan program, pada saat proses pelaksanaan program sedang berjalan, dan pada akhir pelaksanaan program.
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengukur hasil-hasil pelaksanaan kegiatan program pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 SNP dengan menggunakan alat ukur atau instrumen yang telah disiapkan secara mandiri oleh kepala sekolah.
Refleksi: merupakan kegiatan merenungi, mencermati, mendiskusikan dan menganalisis hasil-hasil monitoring dan evaluasi yang sudah dilakukan pada setiap tahapan pelaksanaan program pengembangan sekolah pada pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan, misalnya:
1. mencermati hasil monitoring dari kepala sekolah atau guru senior terhadap pelaksanaan program pengembangan sekolah yang telah dilakukan untuk menemukan hal-hal
yang masih kurang dan perlu tindakan segera dan ide baru untuk mengatasinya,
2. menganalisis hasil yang telah dan belum dicapai dengan proses tindakan pada program pengembangan sekolah yang telah dilakukan untuk menemukan hala hala yang masih lemah dan perlu tindakan segera dan ide baru untuk meningkatkannya,
3. berdiskusi dengan guru dan tim yang terlibat dalam kegiatan pengembangan sekolah untuk mendapatkan masukan berupa ide, cara atau strategi baru bagi upaya perbaikian, peningkatan selanjutnya
4. memikirkan dan lalu memutuskan langkah-langkah baru yang akan dilakukan untuk peningkatan dan pengembangan 8 SNP sebagai tindak lanjut untuk program pengembangan sekolah selanjutnya.
I. Penutup
Merupakan simpulan dari kegiatan program pengembangan sekolah yang telah direncanakan untuk pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP).
No comments:
Post a Comment