Teknik-Teknik Supervisi
Uju Gunawan, S.Pd. M.Pd.
Teknik
supervisi guru dan tendik ( Tenaga Kependidikan) terdiri dari teknik supervisi individual dan teknik
supervisi kelompok.
a. Teknik Supervisi Individual
Teknik
supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi perorangan terhadap guru atau
tendik yang mempunyai masalah khusus. Kepala sekolah sebagai Supervisor di sini
hanya berhadapan dengan seorang guru atau tendik sehingga dari hasil supervisi
ini akan diketahui kualitas pembelajarannya. Teknik ini dapat diterapkan dengan
cara: kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar
kelas, dan menilai diri sendiri.
b. Teknik Supervisi kelompok
Teknik supervisi
kelompok adalah satu cara melaksanakan program supervisi yang ditujukan pada
dua orang atau lebih. Guru-guru yang diduga, sesuai dengan analisis kebutuhan,
memiliki masalah atau kebutuhan atau kelemahan-kelemahan yang sama
dikelompokkan atau dikumpulkan menjadi satu atau bersama-sama. Kemudian kepada
mereka diberikan layanan supervisi sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan
yang mereka hadapi.
Tidak satupun diantara teknik-teknik supervisi individual atau
kelompok di atas yang cocok atau bisa diterapkan untuk semua pembinaan guru
atau tendik di sekolah. Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah harus mampu
menetapkan teknik-teknik mana yang sekiranya mampu membina keterampilan seorang
guru atau tendik. Untuk menetapkan teknik-teknik supervisi yang tepat tidaklah
mudah. Seorang kepala sekolah, selain harus mengetahui aspek atau bidang
keterampilan yang akan dibina, juga harus mengetahui karakteristik setiap
teknik di atas dan sifat atau kepribadian guru dan tendik sehingga teknik yang
digunakan sesuai dengan guru dan tendik yang sedang dibina melalui supervisi.
No comments:
Post a Comment