torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Friday 12 July 2019

Teknik-Teknik Supervisi


            Teknik-Teknik Supervisi
            Uju Gunawan, S.Pd. M.Pd.

Teknik supervisi guru dan tendik ( Tenaga Kependidikan) terdiri dari teknik supervisi individual dan teknik supervisi kelompok.
             
            a. Teknik Supervisi Individual
             
Teknik supervisi individual adalah pelaksanaan supervisi perorangan terhadap guru atau tendik yang mempunyai masalah khusus. Kepala sekolah sebagai Supervisor di sini hanya berhadapan dengan seorang guru atau tendik sehingga dari hasil supervisi ini akan diketahui kualitas pembelajarannya. Teknik ini dapat diterapkan dengan cara: kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kunjungan antar kelas, dan menilai diri sendiri.

                        b. Teknik Supervisi kelompok
                         
Teknik supervisi kelompok adalah satu cara melaksanakan program supervisi yang ditujukan pada dua orang atau lebih. Guru-guru yang diduga, sesuai dengan analisis kebutuhan, memiliki masalah atau kebutuhan atau kelemahan-kelemahan yang sama dikelompokkan atau dikumpulkan menjadi satu atau bersama-sama. Kemudian kepada mereka diberikan layanan supervisi sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan yang mereka hadapi.
Tidak satupun diantara teknik-teknik supervisi individual atau kelompok di atas yang cocok atau bisa diterapkan untuk semua pembinaan guru atau tendik di sekolah. Oleh sebab itu, seorang kepala sekolah harus mampu menetapkan teknik-teknik mana yang sekiranya mampu membina keterampilan seorang guru atau tendik. Untuk menetapkan teknik-teknik supervisi yang tepat tidaklah mudah. Seorang kepala sekolah, selain harus mengetahui aspek atau bidang keterampilan yang akan dibina, juga harus mengetahui karakteristik setiap teknik di atas dan sifat atau kepribadian guru dan tendik sehingga teknik yang digunakan sesuai dengan guru dan tendik yang sedang dibina melalui supervisi.

Untuk membaca modul Supervisi dan PK Guru KLIK DI SINI


Untuk membaca CARPON KATIL Klik di SINI

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan