Modul "Teknis Analisis Manajemen" Kajian Pada Diklat Penguatan Kepala Sekolah
Modul ini membekali peserta agar dapat menyusun teknik analisis manajemen (TAM) dengan fokus pada analisis SWOT. Selanjutnya membekali peserta agar dapat membangun SPMI dengan fokus pada siklus pemetaan mutu, dimana kegiatannya adalah melakukan EDS, menganalisis rapor mutu, membuat rencana pemenuhan mutu, melaksanakan pemenuhan mutu, evaluasi/audit pemenuhan mutu dan penetapan standar mutu. Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada bahan ajar ini adalah kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip), integritas (sub nilai tanggungjawab), dan gotong royong (sub nilai kerjasama).
Target Kompetensi
Setelah memelajari modul Teknik Analisis Manejemen (TAM) ini Kepala Sekolah diharapkan mampu Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kondisi sekolah dianalisis menggunaan teknik SWOT.
2. Raport mutu dianalisis melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
Pengorganisasian Pembelajaran
Melalui modul ini Kepala Sekolah akan melakukan kegiatan-kegiatan secara berkelompok.
Secara umum modul ini terdiri dari 4 bagian yakni:
a. Pendahuluan,
b. Kegiatan pembelajaran 1. Teknik Analisis Manajemen,
c. Kegiatan Pembelajaran 2. Sistem penjaminan Mutu Internal
d. penutup .
3. Setiap kegiatan pembelajaran menyajikan informasi tentang:
a) tujuan pembelajaran;
b) indikator pencapai tujuan;
c) aktivitas pembelajaran;
d) materi pembelajaran dan sumber belajar;
e) penguatan;
f) rangkuman;
g) refleksi dan tindak lanjut.
4. Waktu untuk mempelajari modul TAM adalah 3 jam pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit. (135 Menit).
Sebagai gambaran, daftar isi dari modul tersebut sebagai berikut :
DAFTAR ISI
SAMBUTAN
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Target Kompetensi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E. Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
TEKNIK ANALISIS MANAJEMEN (TAM)
A. Tujuan Pembelajaran
B. Indikator Pencapaian Tujuan
C. Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D. Aktivitas Pembelajaran
E. Penguatan
F. Rangkuman
G. Refleksi dan Tindak Lanjut
H. Evaluasi
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)
A. Tujuan Pembelajaran
B. Indikator Pencapaian Tujuan
C. Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D. Aktivitas Pembelajaran
E. Penguatan
F. Rangkuman
G. Refleksi dan Tindak Lanjut
H. Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR BACAAN
LAMPIRAN
Rapor Mutu Sekolah
a. Sekolah Dasar (SD)
b. Sekolah Menengah Pertama (SMP)
c. Sekolah Menengah Atas (SMA)
d. Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21 yakni literasi, PPK , 4C (critical thingking, creative, collaboration, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Demikian sekilas tentang modul “Teknis Analisis Manajemen”
untuk membaca silahkan ---Klik di SINI---
Apabila berkenan silahkan anda seantiasa berkunjung ke blog/web ini ketika ada waktu luang untuk mengikuti ulasan singkat modul-modul bahan Penguatan Kepala Sekolah lainnya.
Modul ini membekali peserta agar dapat menyusun teknik analisis manajemen (TAM) dengan fokus pada analisis SWOT. Selanjutnya membekali peserta agar dapat membangun SPMI dengan fokus pada siklus pemetaan mutu, dimana kegiatannya adalah melakukan EDS, menganalisis rapor mutu, membuat rencana pemenuhan mutu, melaksanakan pemenuhan mutu, evaluasi/audit pemenuhan mutu dan penetapan standar mutu. Nilai-nilai karakter yang diintegrasikan pada bahan ajar ini adalah kemandirian (sub nilai kreatif dan teguh prinsip), integritas (sub nilai tanggungjawab), dan gotong royong (sub nilai kerjasama).
Target Kompetensi
Setelah memelajari modul Teknik Analisis Manejemen (TAM) ini Kepala Sekolah diharapkan mampu Menyusun perencanaan sekolah untuk berbagai tingkatan perencanaan.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1. Kondisi sekolah dianalisis menggunaan teknik SWOT.
2. Raport mutu dianalisis melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS).
Pengorganisasian Pembelajaran
Melalui modul ini Kepala Sekolah akan melakukan kegiatan-kegiatan secara berkelompok.
Secara umum modul ini terdiri dari 4 bagian yakni:
a. Pendahuluan,
b. Kegiatan pembelajaran 1. Teknik Analisis Manajemen,
c. Kegiatan Pembelajaran 2. Sistem penjaminan Mutu Internal
d. penutup .
3. Setiap kegiatan pembelajaran menyajikan informasi tentang:
a) tujuan pembelajaran;
b) indikator pencapai tujuan;
c) aktivitas pembelajaran;
d) materi pembelajaran dan sumber belajar;
e) penguatan;
f) rangkuman;
g) refleksi dan tindak lanjut.
4. Waktu untuk mempelajari modul TAM adalah 3 jam pelajaran, satu jam pelajaran setara dengan 45 menit. (135 Menit).
Sebagai gambaran, daftar isi dari modul tersebut sebagai berikut :
DAFTAR ISI
SAMBUTAN
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Target Kompetensi
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
D. Ruang Lingkup dan Pengorganisasian Pembelajaran
E. Cara Penggunaan Modul
KEGIATAN PEMBELAJARAN 1
TEKNIK ANALISIS MANAJEMEN (TAM)
A. Tujuan Pembelajaran
B. Indikator Pencapaian Tujuan
C. Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D. Aktivitas Pembelajaran
E. Penguatan
F. Rangkuman
G. Refleksi dan Tindak Lanjut
H. Evaluasi
KEGIATAN PEMBELAJARAN 2
SISTEM PENJAMINAN MUTU INTERNAL (SPMI)
A. Tujuan Pembelajaran
B. Indikator Pencapaian Tujuan
C. Materi Pembelajaran dan Sumber Belajar
D. Aktivitas Pembelajaran
E. Penguatan
F. Rangkuman
G. Refleksi dan Tindak Lanjut
H. Evaluasi
PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
DAFTAR BACAAN
LAMPIRAN
Rapor Mutu Sekolah
a. Sekolah Dasar (SD)
b. Sekolah Menengah Pertama (SMP)
c. Sekolah Menengah Atas (SMA)
d. Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Modul ini disusun dengan mengintegrasikan kecakapan abad 21 yakni literasi, PPK , 4C (critical thingking, creative, collaboration, and communication) dan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)
Demikian sekilas tentang modul “Teknis Analisis Manajemen”
untuk membaca silahkan ---Klik di SINI---
Apabila berkenan silahkan anda seantiasa berkunjung ke blog/web ini ketika ada waktu luang untuk mengikuti ulasan singkat modul-modul bahan Penguatan Kepala Sekolah lainnya.
No comments:
Post a Comment