torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 19 March 2014

Guru Harus Mampu Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Guru Harus Mampu Membangkitkan Motivasi Belajar Peserta Didik Oleh : Uju Gunawan, S.Pd. M.Pd.*) Di samping kepala sekolah, guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap berhasil tidaknya peserta didik dalam belajar. Beberapa hal yang harus dipahami guru dari peserta didik adalah: kemampuan, potensi, minat, hobby, sikap, kepribadian, kebiasaan, catatan kesehatan, latar belakang keluarga, dan kegiatannya di sekolah. Agar pendidikan berhasil menurut Mulyasa (2005:186), harus memperhatikan perbedaan individual, maka guru perlu memperhatikan hal-hal berikut: (1) mengurangi metode ceramah, (2) memberikan tugas yang berbeda bagi setiap peserta didik, (3) Mengelompokkan peserta didik berdasarkan kemampuannya, serta disesuaikan dengan mata pelajaran, (4) harus dimodifikasi dan diperkaya, (5) jangan ragu untuk berhubungan dengan spesialis, bila ada peserta didik yang mempunyai kelainan, (6) gunakan prosedur yang bervariasi dalam membuat penilaian dan membuat pelaporan, (7) ingat bahwa peserta didik tidak berkembang dalam kecepatan yang sama, (8) usahakan mengembangkan situasi belajar yang memungkinkan setiap anak bekerja dengan kemampuannya masing-masing pada tiap pelajaran, (9) usahakan untuk melibatkan peserta didik dalam berbagai kegiatan. Guru yang berhasil mengajar berdasarkan perbedaan tersebut guru harus memahami mereka melalui kegiatan-kegiatan sebagai berikut. (1) mengobservasi peserta didik dalam berbagai situasi, baik di kelas maupun di luar kelas. (2) Menyediakan waktu untuk mengadakan pertemuan dengan peserta didiknya, sebelum, selama dan setelah sekolah. (3) Mencatat dan mengecek seluruh pekerjaan peserta didik, dan memberi komentar yang konstruktif. (4) Membuat tugas dan latihan untuk kelompok. (5) Memberikan kesempatan khusus bagi peserta didik yang memiliki kemampuan yang berbeda. Dalam kaitannya dengan motivasi, guru harus mampu membangkitkan motivasi belajar peserta didik, antara lain dengan memperhatikan prinsip-prinsip; peserta didik akan bekerja keras kalau ia punya minat dan perhatian terhadap pekerjaannya, memberikan tugas yang jelas dan dapat dimengerti, memberikan penghargaan terhadap hasil kerja dan prestasi peserta didik, menggunakan hadiah, dan hukuman secara efektif dan tepat guna (Mulyasa,2005:186). Agar guru dapat mengimplementasikan kegiatan belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya dalam peningkatan prestasi belajar siswa, guru perlu memiliki hal-hal berikut. (1) Menguasai dan memahami bahan dan hubungannnya dengan bahan lain dengan baik. (2) Menyukai apa yang diajarkannya dan menyukai mengajar sebagai suatu profesi. (3) Memahami peserta didik, pengalaman, kemampuan, dan prestasinya. (4) Menggunakan metoda yang bervariasi dalam mengajar. (5) Mampu mengeliminasi bahan-bahan yang kurang penting dan kurang berarti. (6) Selalu mengikuti perkembangan pengetahuan mutakhir. (7) Proses pembelajaran selalu dipersiapkan. (8) Mendorong peserta didiknya untuk memperoleh hasil yang lebih baik. (9) Menghubungkan pengalaman yang lalu dengan bahan yang akan diajarkan. Karakteristik guru yang sukses mengajar efektif dapat diidentifikasikan sebagai berikut. (1) Respek dan memahami dirinya, serta dapat mengontrol dirinya (emosinya stabil); (2) Antusias dan bergairah terhadap bahan, kelasnya, dan seluruh pengajarannya; (3) Berbicara dengan jelas dan komunikatif (dapat mengkomunikasikan idenya terhadap siswa; (4) Memperhatikan perbedaan individual siswa; (5) Memiliki banyak pengetahuan, inisiatif, kreatif dan banyak akal; (6) Menghindari sarkasme dan ejekan terhadap siswanya; (7) Tidak menonjolkan diri dan; (8) Menjadi teladan bagi siswanya. Sejauh ini tentu saja hal itu telah kita upayakan namun apabila masih mungkin barangkali ada celah yang masih belum kita dayagunakan secara maksimal. Barangkali ada peluang yang belum termanfaatkan atau justru ada kemampuan dan kekuatan yang selama ini tersembunyi diselimuti kemalasan kita sendiri. Yang pasti dari segenap keberagaman motivasi belajar serta dari perubahan-perubahan yang terjadi khususnya kurikulum dan perangkat-perangkat pembelajaran lainnya guru mestinya mampu dan pasti bisa senantiasa membangkitkan motivasi belajar peserta didik. ------------------------------------------------------------------------------------------------------- *) Kepala SD Negeri 4 Bojongmengger, Kecamatan Cijeungjing, Ciamis. 08122284481

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan