torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Sunday 10 July 2011

HATI-HATI KELELAWAR BERSARANG

HATI-HATI KELELAWAR BERSARANG Kelelawar adalah jenis binatang berkelompok, walaupun tidak terlalu jelas kepemimpinannya, namun demikian mereka senang bergerombol dan tinggal bersama-sama dalam suatu tempat yang dianggap nyaman. Ketika mereka tinggal tidak terlalu dekat dengan manusia tidak menimbulkan persoalan, bahkan ketika mereka bersarang di atap rumah juga dalam jumlah dibawah 20 ekor tanpa perhatian serius hampir tdak diketahui keberadaanya. 









Kebiasaan mereka terbang dan datang tanpa kegaduhan hanya saja dalam waktu lama kotoran mereka mulai menimbulkan bencana. Aroma kelelawar sangat menyengat dan beracun ini merupakan masalah serius. Belum lagi mereka beranak pinak bahkan kebiasaan membawa teman baru adalah keadaan yang sangat mempercepat keadaan mereka menjadi beratus-ratus. Ketika sudah seperti ini penghuni rumah mulai sangat terganggu dengan bau yang menyengat serta kegaduhan suara-suara mereka siang malam. Jika ada yang anggap enteng ya usir saja misalnya. Justru cara pengusiran inilah yang relatif sangat sulit. Jika sudah banyak mereka tak takut apapun bahkan cenderung nyaman dengan segalan keadaan. Disemprot, dipasang frekuensi pengusir, diasap bahkan diobrak abrik hanya akan menghalau mereka barang sejenak saja. Biasanya apabila mereka masih bisa mencium bau kotoran dan kencing mereka maka akan kembali dengan segera dan tinggal dengan nyaman kembali. Beberapa bangunan besar ada yang sampai harus dibongkar atapnya hanya karena ingin mengusir ribuan kelelawar yang bersarang. Ada pula yang kotoranya tiap hari jatuh jika dikumpulkan berkarung-karung ... Keadaan seperti ini sering terjadi pada bangunan-bangunan tidak berpenghuni tetap, sebab biasanya dengan sesulit apapun jika di bangunan berpenghuni selalu diusir dan diusir. Hal ini menimbulkan kelelawar tidak terlalu betah dan kalaupun memaksakan tinggal tidak terlalu banyak. Tapi ketika dibangunan tidak berpenghuni tetap seperti GOR, pabrik, kantor bahkan sekolah ini berpotensi kelelawar bersarang banyak apalagi bila tidak terlalu diperhatikan oleh orang-orang yang beraktifitas di sana. Masalah pula kelelawar keluar menjelang magrib dan masuk selepas subuh jadi tentu saja saat siang hari seperti tidak ada aktifitas apa-apa. Ini mengakibatkan tidak ada penanganan apapun dilakukan. Ketika sudah diatas ratusan biasanya siang hari pun menimbulkan kegaduhan tapi tanpa perhatian serius hal ini pun sering terabaikan. Tau-tau atap eternit basah dan jebol aroma kelelawar menyeruak kotoran pun berhamburan. Jika hal ini terjadi di bangunan sekolah tentu saja sangat mengganggu kesehatan para siswa. Untuk itu disarankan setiap sekolah mengecek keadaan bangunan termasuk dipakai sarang atau tidak oleh kelelawar. Jika ada tanda tanda kelelawar bersarang secepatnya nyatakan perang lakukan pengusiran dan pengusiran sebelum ribuan kelelawar bergerombol datang dan pergi mengganggu kesehatan kita semua.

Fakta :

Kelelawar tidak senang di tempat yang terang: 
  • Kelelawar adalah hewan nokturnal yang aktif di malam hari dan sensitif terhadap cahaya. 
  • Kelelawar lebih suka hinggap di area gelap dan jauh dari akses manusia, seperti loteng atau gudang. 
  • Kelelawar akan merasa tidak nyaman jika ada cahaya terang di sekitar mereka. 
  • Untuk mengusir kelelawar, Anda bisa memasang lampu terang di area yang sering didatangi kelelawar. 
  • Anda juga bisa memasang cermin atau benda-benda mengkilap di area yang sering didatangi kelelawar. 
  • Cahaya yang dipantulkan dari cermin atau benda mengkilap akan membuat kelelawar tidak betah. 

=======================================

Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel menarik berikut -----





No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan