Tema Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Untuk tema atau materi proyek Kemendikbudristek telah memberikan judul tema yang bisa digunakan untuk jenjang SD, SMP dan SMA.
- Gaya Hidup Berkelanjutan (SD‒SMA/SMK)
- Kearifan lokal (SD, SMP, SMA/SMK)
- Bhinneka Tunggal Ika (SD, SMP, SMA/SMK)
- Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA/SMK)
- Suara Demokrasi (SMP‒SMA/SMK)
- Berekayasa dan Berteknologi untuk Membanguan NKRI (SD,SMP,SMA/SMK)
- Kewirausahaan (SD,SMP,SMA/SMK)
Tema – tema di atas ini bisa kita pilih sesuai dengan kubutuhan dan kemampuan guru, siswa, lingkungan serta tahapan / fase yang paling cocok untuk melaksanakaanya.
A. Gaya Hidup Berkelanjutan (SD, SMP, SMA)
Diharapkan dengan kegiatan proyek siswa mampu memahami dampak dari aktivitas manusia, baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan sekitarnya.
- Siswa mampu berfikir kritis tentang pengaruh aktivitas manusia dan perubahan iklim
- Siswa bisa membangun kesadaran ramah lingkungan dan mempromosikan gaya hidup yang lestari berkelanjutan dalam kesehariannya
- Siswa memahami potensi bencana di lingkungan sekitar akibat lingkungannya rusak
B. Kearifan Lokal (SD, SMP, SMA)
Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal masyarakat sekitar atau daerah tersebut, serta perkembangannya.
- Siswa mempelajari keterkaitan berkembangan budaya lokal dengan kemajuan dan perkembangan nasional dan iternasional
- Siswa mampu memahami nilai – nilai kesenian dan tradisi lokal serta mampu menerapkan di kehidupan mereka
- Siswa mampu mempromosikan salah satu hal yang menarik tentang budaya dan nilai-nilai luhur yang dipelajarinya.
C. Bhinneka Tunggal Ika (SD,SMP,SMA)
Siswa mempelajari perspektif berbagai agama dan kepercayaan tentang fenomena global.
- Siswa secara kritis dan reflektif menelaah hal – hal negatif yang biasanya dilekatkan pada suatu kelompok agama, dan dampaknya terhadap terjadinya konflik dan kekerasan.
- Melalui projek ini, Siswa mengenal dan mempromosikan budaya perdamaian dan antikekerasan.
D. Bangunlah Jiwa dan Raganya (SMP‒SMA)
Membangun kesadaran dan keterampilan untuk memelihara kesehatan fisik dan mental, baik untuk dirinya maupun orang sekitarnya.
- Siswa melakukan penelitian dan mendiskusikan masalah-masalah terkait kesejahteraan diri, perundungan (bullying), baik fisik maupun dunia maya, serta berupaya mencari jalan keluarnya.
- Siswa memahami masalah-masalah kesehatan dan kesejahteraan fisik dan mental, termasuk isu narkoba, pornografi, dan kesehatan reproduksi.
E. Suara Demokrasi (SMP‒SMA)
- Siswa merefleksikan makna demokrasi dan memahami implementasi demokrasi serta tantangannya.
- Menggunakan kemampuan berpikir sistem, Siswa menjelaskan keterkaitan antara peran individu terhadap kelangsungan demokrasi Pancasila.
F. Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI (SD, SMP,SMA)
Berkolaborasi dalam melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif, sekaligus kemampuan berempati untuk berekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan dirinya dan juga sekitarnya.
- Siswa mengasah berbagai keterampilan berpikir dalam mewujudkan produk berteknologi.
- Siswa dapat mempelajari dan mempraktikkan proses rekayasa secara sederhana, mulai dari menentukan spesifikasi sampai dengan uji coba, untuk membangun model atau prototipe produk bidang rekayasa.
- Siswa juga dapat mengasah keterampilan coding untuk menciptakan karya digital, dan berkreasi di bidang robotika.
G. Kewirausahaan (SD, SMP,SMA)
Mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial, dan kesejahteraan masyarakat.
- Siswa kemudian merancang strategi untuk meningkatkan potensi ekonomi lokal dalam kerangka pembangunan berkelanjutan.
- Melalui kegiatan dalam projek ini seperti terlibat dalam kegiatan ekonomi rumah tangga, berkreasi untuk menghasilkan karya bernilai jual, dan kegiatan lainnya, yang kemudian diikuti dengan proses analisis dan refleksi hasil kegiatan mereka.
- Melalui kegiatan ini, kreatifitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan.
Dalam Penentuan Tema Proyek masing masing Kelas atau fase diberi pilhan
- Jenjang SD / Fase A sampai Fase C : Wajib Memilih dan Menentukan 2 Tema dalam 1 Tahun
- Jenjang SMP / Fase D : Wajib Memilih dan Menentukan 3 Tema dalam 1 Tahun
- Jenjang SMA / Fase E sampai Fase F : Wajib Memilih dan Menentukan 3 Tema dalam 1 Tahun
Jenis – Jenis Kegiatan Proyek Pancasila
1. Gaya Hidup Berkelanjuatan
SD | Fase A | Membuat sistem pembuangan dan pemilahan sampah sederhana di rumah dan di satuan pendidikan, misal piket, waktu rutin khusus untuk kebersihan Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam Mulai membangun tanggung jawab bersama terhadap kebersihan lingkungan sekitar |
Fase B | Infografik hasil survei kebiasaan membuang dan memilah sampah di rumah dan di satuan pendidikan beserta dampaknya, dilengkapi usulan solusi Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam Mengumpulkan dan mengolah data amatan dari lingkungan sekitar | |
Fase C | Kampanye sederhana untuk memecahkan isu lingkungan, misal cara pencegahan kebakaran hutan atau banjir Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan | |
SMP | Fase D | Membuat purwarupa sistem pengelolaan sampah di satuan pendidikan Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal |
SMA | Fase E/F | Mendesain sistem pengelolaan sampah untuk mengatasi permasalahan banjir di lingkungan sekitar satuan pendidikan Fokus: Pengembangan akhlak terhadap alam Menghasilkan karya dan tindakan yang orisinal Memperoleh dan memproses informasi dan gagasan |
2. Kearifan Lokal
SD | Fase A | Pekan Permainan Tradisional, membuat kegiatan bersama yang berkaitan dengan mengenalkan dan melakukan berbagai jenis permainan tradisional daerah sendiri atau daerah lain di Indonesia Fokus: Membiasakan mendengarkan pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya |
Fase B | Khazanah Dongeng, Legenda Tanah Air, membuat kumpulan cerita menarik dan bermakna dari berbagai daerah di Indonesia Fokus: Akhlak kepada manusia Mendengarkan dengan baik pendapat temannya, baik itu sama ataupun berbeda dengan pendapat yang dimilikinya Mengumpulkan berbagai warisan budaya (intangible heritage) yang membawa pesan-pesan moral yang masih relevan dengan masa sekarang | |
Fase C | Merancang Jalur Wisata Daerah yang berkaitan dengan peninggalan bersejarah tangibledan intangible Fokus: Akhlak kepada manusia Mulai mengenal berbagai kemungkinan interpretasi dan cara pandang ketika dihadapkan dengan dilema. Memperkenalkan kekayaan budaya lokal beserta kearifannya kepada lingkup masyarakat luas secara kreatif lewat pengalaman indrawi | |
SMP | Fase D | Mural Akulturasi yang bercerita tentang proses akulturasi dan dampaknya di masyarakat saat ini Fokus: Akhlak kepada manusia Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan. Mengenal sejarah perkembangan budaya yang berdampak pada cara hidup dan sudut pandang masyarakat dan menyajikan interpretasinya melalui penggambaran visual |
SMA | Fase E/F | Gelaran seni yang memadukan elemen teknologi dan tradisi Fokus: Akhlak kepada manusia Menghargai perbedaan identitas (ras, agama, dll.) dan menampilkan apresiasinya atas perbedaan dalam bentuk aktivitas. Menggali berbagai warisan budaya terkait seni dan menemukan cara mengenalkannya secara luas dengan memanfaatkan teknologi |
3. Bhenika Tunggal Ika
SD | Fase A | Buku kumpulan doa dan puisi bertema rasa syukur Fokus: Akhlak kepada manusia Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya. Terbiasa mengucapkan kata-kata yang bersifat apresiatif di lingkungan satuan pendidikan dan masyarakat (seperti “terima kasih”, “bagus sekali”, dll.) |
Fase B | Membuat buku kumpulan cerita pendek yang membawa pesan tentang perbedaan individu memperkaya relasi sosial dalam masyarakat dan mengampanyekannya dalam keseharian di satuan pendidikan. Fokus: Akhlak kepada manusia Mengidentifikasi emosi orang-orang terdekat (teman, pendidik, orang tua, dll.), mengatakannya dalam pertanyaan, dan mulai membiasakan berbuat baik kepada orang lain di lingkungan sekitarnya. | |
Fase C | Merancang maket prototipe tata kota yang memenuhi kebutuhan warganya secara adil dan merata, dilengkapi dengan ruang publik yang digunakan sebagai fasilitas kesehatan, pendidikan, keagamaan, dan lain-lain. Fokus: Akhlak kepada manusia Mengidentifikasi kesamaan dengan orang lain sebagai perekat hubungan sosial dan mewujudkannya dalam aktivitas kelompok | |
SMP | Fase D | Menciptakan lagu-lagu bertema keberagaman Fokus: Akhlak kepada manusia Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan |
SMA | Fase E/F | Merencanakan dan melaksanakan bakti sosial di lingkungan sekitar satuan pendidikan, merespons isu kemanusiaan yang terjadi di masyarakat terdekat Fokus: Akhlak kepada manusia Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaiannya. |
4. Bangunlah Jiwa Raganya
SD | Fase A | Untuk tema ini, penerapan di SD bukan berbentuk projek tapi lebih berfokus pada ekosistem satuan pendidikan yang mendukung kesejahteraan (wellbeing) anak |
Fase B | ||
Fase C | ||
SMP | Fase D Membuat kegiatan-kegiatan dan menyusun kesepakatan antarpeserta didik berbasis OSIS untuk kesejahteraan (wellbeing) jiwa raga (olahraga, seni, kemanusiaan, agama, dll.) Fokus: Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan | |
SMA | Fase E/F Koordinasi kegiatan OSIS antarsatuan pendidikan dalam bentuk kepanitiaan untuk kampanye dan aksi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental remaja di lingkungan satuan pendidikan. Fokus: Mengidentifikasi hal yang menjadi permasalahan bersama, menawarkan titik temu kolaborasi dan mengidentifikasi pihak terkait untuk penyelesaiannya. |
5. Suara Demokrasi
SD | Fase A | Untuk tema ini, penerapan di SD bukan berbentuk projek tapi lebih berfokus pada ekosistem satuan pendidikan yang memberi ruang sebesar-besarnya pada anak untuk berpendapat atau memiliki hak suaranya |
Fase B | ||
Fase C | ||
SMP | Fase D Menyusun kepenpendidiksan kelas beserta lingkup tugas, jangka waktu bertugas, dan tata cara pemilihannya (ketua kelas, wakil, bendahara), kemudian menentukan aturan-aturan yang diberlakukan di kelas berkaitan dengan kepentingan bersama dalam kelancaran proses belajar mengajar dan relasi antarpeserta didik Fokus: Akhlak kepada manusia Mengutamakan persamaan sebagai alat pemersatu dalam keadaan konflik atau perdebatan |
SMA | Fase E/F Merancang alur pemilihan pengurus OSIS satuan pendidikan, membuat rencana kerja tahunan yang bisa melibatkan peserta didik dari berbagai jenjang, merencanakan program pengayaan untuk para pengurus dan kaderisasinya, dengan bantuan dewan penasihat OSIS satuan pendidikan Fokus: Akhlak kepada manusia Menunjukkan karakter toleransi pada orang dan kelompok lain serta berupaya mengutamakan kemanusiaan di atas perbedaan (agama, ras, suku, warna kulit, dll.) dan membantu orang lain. Mengapresiasi dan memberikan kritik yang konstruktif demi kemajuan orang lain dan lingkungan sekitarnya |
6. Berkarya dan Berteknologi Untuk Membangun NKRI
SD | Fase A Menciptakan berbagai mainan yang menggunakan prinsip-prinsip fisika Fokus: Akhlak bernegara Mengenali hak dan tanggung jawabnya di rumah, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar |
Fase B Merancang model dan maket gedung yang menerapkan prinsip hemat energi dan ramah lingkungan Fokus: Akhlak bernegara Mengidentifikasi hak dan tanggung jawabnya di rumah, satuan pendidikan, dan lingkungan sekitar | |
Fase C Menciptakan alur upcycling barang bekas menjadi benda- benda fungsional sebagai salah satu solusi penanganan sampah anorganik Fokus: Akhlak bernegara Mengidentifikasi dan memahami peran, hak, dan kewajiban dasar sebagai warga negara dan mulai mempraktikkannya dalam kehidupan sehari-hari | |
SMP | Fase D Menciptakan sistem untuk pemanenan air hujan di lingkungan satuan pendidikan untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari Fokus: Akhlak kepada alam Memahami konsep sebab-akibat di antara berbagai ciptaan Tuhan dan mengidentifikasi berbagai perbuatan yang mempunyai dampak langsung maupun tidak langsung terhadap alam semesta, baik positif maupun negatif |
SMA | Fase E/F Merancang projek kebun organik yang berkelanjutan dilengkapi dengan alur kewirausahaannya Fokus: Akhlak kepada alam Mengidentifikasi masalah lingkungan hidup di tempat dia tinggal dan melakukan langkah-langkah konkret yang bisa dilakukan untuk menghindari kerusakan dan menjaga keharmonisan ekosistem yang ada di lingkungannya. |
7. Kewirausahaan
SD | Fase APasar Kreasi, mengadakan pasar yang jual beli berbagai kreasi mandiri berupa benda fungsional sederhana dari barang bekas Fokus: Akhlak pribadi Membiasakan bersikap jujur kepada diri sendiri dan orang lain |
Fase B Membuat pementasan seni sederhana untuk menggalang dana kemanusiaan Fokus: Akhlak pribadi Memahami bahwa setiap tindakan memiliki konsekuensi | |
Fase C Merancang panduan pembuatan catatan pengelolaan uang pribadi (uang jajan) dan kolektif (kas kelas) Fokus: Akhlak pribadi Melakukan tindakan sesuai norma-norma agama dan sosial (seperti jujur, adil, rendah hati, dll.) serta memahami konsekuensinya, dan introspeksi diri dengan bimbingan | |
SMP | Fase D Menciptakan produk yang menjawab kebutuhan tertentu dalam lingkup terdekat/produk yang berciri khas daerah Fokus: Akhlak pribadi Menginternalisasi norma-norma sosial dan agama yang ada sehingga menjadi nilai personal |
SMA | Fase E/F Merintis koperasi sederhana di lingkup satuan pendidikan Fokus: Akhlak pribadi Merumuskan nilai-nilai moralnya sendiri, menyadari kekuatan dan keterbatasan dari nilai-nilai tersebut, sehingga bisa menerapkannya secara bijak dan kontekstual |
No comments:
Post a Comment