Struktur Kurikulum SD Pada Kurikulum Prototipe
Struktur Kurikulum SD
adalah sebagai berikut.
Tabel 1. Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas I
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu)
Mata Pelajaran |
Alokasi per tahun (minggu) |
Alokasi Projek per tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
144
(4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216
(6) |
72 |
288 |
Mata Pelajaran |
Alokasi per tahun (minggu) |
Alokasi Projek per tahun |
Total JP Per Tahun |
Matematika |
144
(4) |
36 |
180 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
108
(3) |
36 |
144 |
Memilih paling sedikit 1 (satu) mata
pelajaran seni dan budaya: ·
Seni Musik ·
Seni Rupa ·
Seni Teater ·
Seni Tari |
108
(3) |
36 |
144 |
Bahasa
Inggris |
72 (2) ** |
- |
72** |
Muatan
Lokal |
72 (2) ** |
- |
72** |
Total***: |
828 (23) |
252 |
1080 |
Keterangan:
* Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
** Paling
banyak 2 (dua) JP per-minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per-tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
*** Total JP tidak termasuk mata pelajaran pilihan.
Tabel 2. Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas II
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu)
Mata Pelajaran |
Alokasi
per tahun (minggu) |
Alokasi Projek per tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Mata Pelajaran |
Alokasi
per tahun (minggu) |
Alokasi Projek per tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
144
(4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
252
(7) |
72 |
324 |
Matematika |
180
(5) |
36 |
216 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
108
(3) |
36 |
144 |
Memilih paling sedikit 1 (satu) mata
pelajaran seni dan budaya: ·
Seni Musik ·
Seni Rupa ·
Seni Teater ·
Seni Tari |
108
(3) |
36 |
144 |
Bahasa
Inggris |
72 (2) ** |
- |
72** |
Muatan
Lokal |
72 (2) ** |
- |
72** |
Total***: |
900 (25) |
252 |
1152 |
Keterangan:
* Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
** Paling
banyak 72 (tujuh puluh dua) JP per-tahun atau 2 (dua) JP per-minggu sebagai
mata pelajaran pilihan.
*** Total JP tidak termasuk mata
pelajaran pilihan.
Tabel 3. Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas III-V
(Asumsi 1 Tahun = 36 minggu)
Mata Pelajaran |
Alokasi
Per Tahun
(minggu) |
Alokasi
Projek Per
Tahun |
Total
JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Budi Pekerti* |
108
(3) |
36 |
144 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
144
(4) |
36 |
180 |
Bahasa Indonesia |
216
(6) |
36 |
252 |
Matematika |
180
(5) |
36 |
216 |
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
180
(5) |
36 |
216 |
Mata Pelajaran |
Alokasi Per Tahun (minggu) |
Alokasi Projek Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
108
(3) |
36 |
144 |
Memilih paling sedikit 1 (satu) mata
pelajaran seni dan
budaya: ·
Seni Musik ·
Seni Rupa ·
Seni Teater ·
Seni Tari |
108
(3) |
36 |
144 |
Bahasa
Inggris |
72 (2) ** |
- |
72** |
Muatan
Lokal |
72 (2) ** |
- |
72** |
Total***: |
1044
(29) |
252 |
1296 |
Keterangan:
* Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
** Paling
banyak 2 (dua) JP per-minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per-tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
*** Total JP tidak termasuk mata
pelajaran pilihan.
Tabel 4. Alokasi waktu mata pelajaran SD Kelas VI
(Asumsi 1 Tahun = 32 minggu)
Mata Pelajaran |
Alokasi per tahun (minggu) |
Alokasi Projek Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Mata Pelajaran |
Alokasi per tahun (minggu) |
Alokasi Projek Per Tahun |
Total JP Per Tahun |
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha
Esa dan Budi Pekerti* |
96 (3) |
32 |
128 |
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
128
(4) |
32 |
160 |
Bahasa Indonesia |
192
(6) |
32 |
224 |
Matematika |
160
(5) |
32 |
192 |
Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
160
(5) |
32 |
192 |
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
96 (3) |
32 |
128 |
Memilih paling sedikit 1 (satu) mata
pelajaran seni dan budaya: ·
Seni Musik ·
Seni Rupa ·
Seni Teater ·
Seni Tari |
96 (3) |
32 |
128 |
Bahasa
Inggris |
64 (2) ** |
- |
64** |
Muatan
Lokal |
64 (2) ** |
- |
64** |
Total***: |
928
(29) |
224 |
1152 |
Keterangan:
* Diikuti
oleh peserta didik sesuai dengan agama/kepercayaan masing-masing.
** Paling
banyak 2 (dua) JP per-minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per-tahun sebagai
mata pelajaran pilihan.
*** Total JP tidak termasuk mata
pelajaran pilihan.
1 (satu) JP beban belajar di SD
adalah 35 (tiga puluh lima) menit.
=======================================
No comments:
Post a Comment