torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Thursday 18 July 2019

Keunggulan Multimedia dalam Proses Pembelajaran

Keunggulan Multimedia dalam Proses Pembelajaran

Pembelajaran adalah suatu proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Belajar dalam pengertian umum adalah aktivitas peserta didik dalam berinteraksi dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Kita bersyukur dengan adanya TIK, sehingga kita dapat melakukan pembelajaran berbasis multimedia, yaitu pembelajaran menggunakan media untuk membantu pencapaian perubahan perilaku yang lebih baik dengan lebih cepat dan bermakna.

Pembelajaran berbasis multimedia dilakukan dengan mengintegrasikan antar komponen yang ada dalam multimedia (misalnya teks, foto, gambar, audio, video, dan animasi) yang dioperasikan dengan menggunakan komputer.


Berikut ini merupakan keunggulan penerapan pembelajaran yang menggunakan multimedia (Ariasdi, 2008).
a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron.
b. Memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gunung, laut, gajah, dan lain-lain.
c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, berkembangnya bunga, dan lain-lain.
d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh seperti bulan, bintang, matahari,salju, dan lain-lain.
e. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi.
f. Meningkatkan daya tarik siswa.

Berkat keefektifannya dalam menyajikan pesan, dewasa ini presentasi multimedia banyak diaplikasikan untuk keperluan pendidikan dan pembelajaran. Tentu saja ini bukan berarti bahwa presentasi multimedia merupakan media yang paling cocok untuk semua materi dan topik pembelajaran.



Untuk membaca Cerpen yang menceritakan Breaker Misterius   .... Klik di SINI

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan