torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Friday 13 November 2020

Tutorial Membuat Kuiz Kahoot

Tutorial Membuat Kuiz Kahoot




Kuiz kahoot cukup menyenangkan dan menggairahkan, untuk itu tidak ada salahnya kita mencoba menyajikannya dalam proses pembelajaran atau kegiatan-kegiatan lain yang membutuhkan apersepsi atau semacam pre test. Selain bisa berlangsung secara tatap muka bisa pula lewat virtual zoom misalnya.

Bagaimana cara persiapan kahoot?

Untuk membuat kita masuk ke: Kahoot.com seperti di bawah ini :



 berikutnya muncul tampilan sebagai berikut, untuk pertama kita klik Sign Up di sudut kanan atas


lalu muncul tampilan berikut, sebagai guru kita klik "teacher"




lalu muncul tampilan berikut, kita bisa daftar melalui tiga cara yang disediakan, disarankan daftar memakai email saja (kalau pun mau cara yang lain tentu saja boleh) klik yang paling bawah warna hijau


muncul tampilan isian berikut, silahkan isi dengan benar, isian bisa asal yang paling utama di bagian email dan password (jangan sampai lupa)


setelah terisi klik join kahoot


muncul tampilan berikut, kita pilihn yang free (tidak berbayar) kalau yang mau berbayar tentu lebih baik, namun dengan yang tidak berbayar juga fiturnya sudah cukup.


silahkan tulis nama sesuai keinginan


klik create kahoot


klik quiz


tulislah nama kahoot kita dibagian title kemudian isi pula deskripsi (bisa asal saja silahkan coba-coba isi termasuk penerapan gambar) tapi walaupun tidak ga apa-apa. 


ini seumpama pilih gambar, tampilan misal jadi seperti ini, klik Ok Go


selanjutnya silahkan buat soal (pertanyaan atau pernyataan). Tentukan waktu yang disediakan misal 20 detik, kemudian tuliskan pilihan jawabannya jangan lupa klik di bagian jawaban benar (kuncinya). lalu klik Next



manambah banyak soal klik warna biru, silahkan klik saja coba-coba untuk mengetahu berbagai fungsi dan variasinya. Jika banyak soal sudah dirasa cukup klik Save di sudut kanan atas.


muncul tampilan berikut, paling kiri jika mau edit, preview jika mau melihat tampilan (pratinjau) silahkan boleh dicoba, play it jika mau langsung main dan paling kanan bila mau share ...
jika sudah merasa puas klik i'm done



klik klasik (ini tampilan pra tinjau =preview) silahkan bisa simulasi dicoba


muncul PIN yang dimasukan ke android responden (dalam simulasi ini pada gambar android di sebelah kanan) jika sudah ada yang masuk (kita harus mencoba masuk biarpun seorang diri) klik Star


muncul soal, silahkan jawab di android



katakanlah soal habis tampilan akhirnya demikian


jika sudah dicoba dan berfungsi maka kita sudah punya kuis kahoot tinggal masuk (log in) di kahoot.com dengan email dan password kita muncul tampilan seperti ini selanjutnya tinggal klik "Play" (jika tidak pernah keluar dari leptop kita tinggal klik gabung)
Para peserta masuk ke kahoot.it nanti siap bermain dengan memasukan PIN yang tampil dari kahoot kita setelah klik Play, kemudian mereka juga harus memasukan Nama dan datanya masuk di permainan Kahoot kita. 


Pengaturan-pengaturan lainnya dapat ditemukan sambil jalan, tentu saja banyak variasi yang lebih menarik.
Selamat mencoba semoga lancar.



Jika kebetulan mengalami kendala boleh tulis dikomentar ...

Sejauh ini untuk membuat Kahoot di android sudah ada aflikasi tinggal unduh langsung jalan. Hanya karena perangkat masih belum mendukung (android langsung ke infokus/layar) maka kita (sebagai pemain) harus membuka di leptop untuk ditampilkan di layar sebab soal hanya bisa dilihat di perangkat pembuat, responden di hp hanya ada pilihan jawaban yang harus dipilih. 


Untuk mencoba permainan Kahoot (buka dileptop sambungkan ke layar - dibuka di HP juga bisa cuma responden harus melihat HP kita) silahkan klik link berikut :  di SINI    silahkan klik bermain   sedangkan responden masuk melalui google chroom tulis Kahoot.it dan masukan PIN.

Mau menyaksikan sulap KOIN BERPUTAR ............................. silahkan KLIK DI SINI 

Mau menyaksikan sulap TALI GANDA TEMBUS LEHER ..... silahkan KLIK DI SINI

Mau menyaksikan sulap TALI PUTUS NYAMBUNG KEMBALI  ......... KLIK DI SINI  

=======================================

Kita diperintahkan shalat dengan tata cara yang telah diajarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau bersabda:
“Shalatlah kamu sebagaimana kamu melihatku shalat.” [HR. Bukhari]


Apabila ada yang salah "Mohon Maaf" mudah-mudahan berkenan mengoreksinya ...


Baca Juga  artikel menarik berikut -----











1 comment:

Nunung Nurjanah CGP 4 Kab. Ciamis said...

Saya pernah bikin kuis melalui kahoot. Menyenangkan... Tp kl untuk evaluasi, ga ada rekapan nilainya ya pa??... Hanya berupa podium saja. Ataukah ada cara lain...

Tetap Jaga Protokol Kesehatan