torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 12 June 2019

Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Kegiatan Kolektif Guru KKG Gugus 1 Cijeungjing

Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Kegiatan Kolektif Guru  KKG Gugus 1 Cijeungjing




Guru merupakan tombak kemajuan manusia yang melahirkan suatu peradaban di jamannya. Sejatinya guru penentu kemajuan pendidikan yang membentuk akhlak manusia berkarakter yang diharapkan eksis menghadapi kemajuan teknologi secara global. Menurut Undang-undang guru dan dosen no. 20 tahun 2005 bahwa tugas guru yaitu membimbing mendidik mengevaluasi dalam pembelajaran interaksi dengan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran dan menghasilkan peserta didik yang cerdas dan berkarakter. 





Guru juga harus dapat mempersiapkan peserta didik agar dapat mengembangkan diri ketika hidup pada jamannya dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih di era revolusi industri saat ini. Guru merupakan salah satu komponen terpenting dalam pendidikan, dimana guru memegang peranan yang sangat vital dalam penyelengaraan pendidikan formal pada khususnya. Demi terselenggaranya pendidikan yang baik, guru sebagai bagian didalamnya dituntut untuk memiliki kualifikasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan pemerintah serta menguasai kompetensi pedagogik, profesionalisme, kepribadian dan sosial seperti yang diatur dalam Permendiknas No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Selain tuntutan tersebut, lebih jauh guru berkewajiban untuk menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pelaksana pendidikan tersebut. Berdasarkan ide, gagasan dan pemikiran bahwa kemajuan teknologi yang tidak bisa dihindari pada saat ini dan berdasarkan pada tuntutan guru maka kami KKG Gugus 1 Cijeungjing membuat program kegiatan gugus yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan kolektif guru.


Adapun program kegiatan KKG Gugus 1 Cijeungjing bertujuan memberikan pengetahuan tentang peranan guru dalam era revolusi industri dan mempersiapkan guru anti mainstream. Program kegiatan yang direncanakan selama kurun 1 tahun diantaranya sharing dan evaluasi pembelajaran di kelas masing-masing, membuat perangkat perencanaan dan evaluasi pembelajaran, sosialisasi inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0, mempersiapkan berbagai lomba siswa dan guru, dan mensosialisasikan giat literasi.


Diantara salah satu kegiatan Gugus 1 Cijeungjing yang telah dilaksanakan pada tanggal 25 April 2019 kegiatan pengukuhan kepengurusan KKG Gugus 1 Cijeungjing yang dihadiri oleh guru-guru gugus 1, kepala sekolah dan pengawas bina gugus 1. Gugus 1 Cijeungjing mempunyai anggota sebanyak 50 orang guru. Wilayah Gugus 1 terdiri dari 7 sekolah yaitu SDN 1,2,3 Dewasari dan SDN 1,2,3,4 Pamalayan. Adapun program kegiatan Gugus ini dibiayai dari iuran guru setiap bulan. Kegiatan gugus ini dilaksanakan setiap 1 bulan sekali di PKG (Pusat Kegiatan Guru) SDN 1 Pamalayan Kecamatan Cijeungjing.
Kegiatan ini diharapkan menjadi ajang pertemuan antar guru untuk sharing dan berdiskusi tentang inovasi pembelajaran atau permasalahan yang dihadapi dengan peserta didik.
(Yanti Hartini)


No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan