torototheong

Media Berbagi Semoga ada Manfaatnya ...

Breaking

Wednesday 27 September 2023

SEKILAS KERAJAAN MAJAPAHIT

SEKILAS KERAJAAN MAJAPAHIT


Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan besar di Indonesia pada abad ke-14 dan ke-15. Kerajaan ini didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 dan berpusat di Jawa Timur. Kerajaan Majapahit mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk (1350-1389) dan dipimpin oleh seorang raja yang disebut sebagai Bhre Mataram.




Selama masa kejayaannya, Kerajaan Majapahit memiliki wilayah kekuasaan yang luas, meliputi sebagian besar wilayah Indonesia saat ini, termasuk Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan sebagian dari Malaysia dan Filipina. Kerajaan ini juga memiliki hubungan perdagangan yang kuat dengan negara-negara Asia Tenggara, Tiongkok, India, dan Arab.


Kerajaan Majapahit dikenal sebagai pusat kebudayaan dan peradaban yang maju. Mereka memiliki sistem pemerintahan yang terorganisir dengan baik, hukum yang ketat, dan administrasi yang efisien. Selain itu, kerajaan ini juga mengembangkan seni dan sastra yang kaya, seperti seni ukir, seni patung, seni tari, dan sastra kakawin.


Kerajaan Majapahit didirikan oleh Raden Wijaya pada tahun 1293 dan mencapai puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Hayam Wuruk. Kerajaan ini memiliki wilayah kekuasaan yang luas, meliputi sebagian besar wilayah Indonesia saat ini dan memiliki hubungan perdagangan yang kuat dengan negara-negara Asia Tenggara, Tiongkok, India, dan Arab.


Kerajaan Majapahit dikenal sebagai pusat kebudayaan dan peradaban yang maju. Mereka memiliki sistem pemerintahan yang terorganisir dengan baik, hukum yang ketat, dan administrasi yang efisien. Selain itu, kerajaan ini juga mengembangkan seni dan sastra yang kaya.


Namun, pada akhir abad ke-15, Kerajaan Majapahit mengalami kemunduran akibat perang saudara dan serangan dari luar. Pada tahun 1478, kerajaan ini jatuh ke tangan Kerajaan Demak dan berakhir secara resmi pada tahun 1527.


Meskipun sudah tidak ada lagi, warisan dan pengaruh Kerajaan Majapahit masih terasa hingga saat ini. Banyak peninggalan sejarah, seperti candi-candi dan arca-arca, yang menjadi bukti kejayaan peradaban Majapahit. Selain itu, budaya dan tradisi Jawa juga masih dipengaruhi oleh nilai-nilai dan tradisi dari zaman Majapahit.


Youtube torototheong channel (Uju Gunawan) Klik DISINI


Toko Online : https://lummoshop.com/torototheong1250

informasi pendidikan dan hiburan https://ujugunawan.blogspot.com/

Melayani pula : Konsultasi Laporan PTK, PTS Konsultasi dan pemesanan Administrasi Pembelajaran Klik chat WA Pembayaran melalui transfer Bank dan DANA

No comments:

Tetap Jaga Protokol Kesehatan